Sukses

Mengenal Zhang Ziyu, Pebasket Putri China Setinggi 2 Meter Lebih yang Tumbangkan Indonesia

Pebasket putri asal China, Zhang Ziyu jadi sorotan publik baru-baru ini. Pasalnya atlet muda tersebut mempunyai tinggi badan 220 cm dan berhasil berpartisipasi menumbangkan timnas Indonesia dalam laga FIBA U-18 Women’s Asia Cup 2024.

Liputan6.com, Bandung - Pebasket muda asal China, Zhang Ziyu belakangan ini jadi sorotan publik usai berhasil berpartisipasi membawa negaranya menang mengalahkan tim U-18 putri Indonesia dalam laga perdana FIBA U-18 Women’s Asia Cup 2024 pada senin (24/6/2024) di Shenzhen.

Sosoknya jadi sorotan tidak hanya karena berhasil meraih skor tetapi juga karena tubuhnya yang mempunyai tinggi yang terlihat begitu signifikan dari para pemain lain. Terutama di antara para pemain tim U-18 putri Indonesia.

Melansir dari beberapa sumber diketahui Zhang Ziyu mempunyai tinggi badan sekitar 220 cm atau sekitar 2,2 meter. Selain itu perempuan berusia 17 tahun ini mempunyai tinggi yang hampir setara dengan legenda basket China di NBA, Yao Ming (229 cm).

Di usianya yang masih muda Zhang Ziyu bahkan mempunyai tinggi yang hampir sama dan berbeda empat sentimeter dengan pemain tertinggi draft NBA 2023, Victor Wembanyama (224 cm).

Para warganet tentunya menyoroti sosok Zhang Ziyu terutama melihat sejumlah rekaman pertandingannya saat melawan Indonesia. Tubuhnya yang bongsor membuatnya mudah untuk merebut bola dan memperoleh skor.

Sebagai informasi pertandingan Zhang Ziyu bersama tim China dalam laga melawan Indonesia menjadi debut laga internasionalnya. Tentunya kehadirannya diduga akan menarik minat klub-klub WNBA di negara lain terutama di negara Amerika Serikat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadi sorotan Usai Laga Melawan Indonesia

Seperti diketahui Zhang Ziyu memulai debutnya bertanding dalam laga internasional dengan melawan Indonesia pada FIBA U-18 Women’s Asia Cup 2024. Pertandingan tersebut membuat sosoknya jadi sorotan publik.

Terlihat perbedaan postur tinggi badannya yang membuat pemain-pemain Indonesia muda kewalahan terutama di babak kedua ketika Zhang Ziyu ikut bermain. Melalui keterangan Perbasi pada babak pertama Timnas Indonesia masih memberi perlawanan yang sulit dan meraih skor.

Namun di babak kedua para pemain mendapatkan tekanan usai munculnya Zhang Ziyu yang mempunyai postur tubuh unggul dengan tinggi 220 cm. Diketahui Zhang dengan mudah meraih 19 poin karena postur tubuhnya.

Rekaman pertandingan ini juga menjadi viral di media sosial karena menampilkan perbedaan tinggi yang signifikan. Sejumlah warganet baik Indonesia dan negara lain mulai tertarik dengan sosok Zhang Ziyu dan potensi keunggulannya.

3 dari 4 halaman

Profil Singkat Zhang Ziyu

Zhang Ziyu merupakan seorang atlet basket muda kelahiran 1 Mei 2007 dari pasangan orang tua yang juga merupakan pemain basket di China. Diketahui kedua orang tua Zhang juga memiliki tinggi yang sama luar biasanya dengannya.

Ayah Zhang Ziyu mempunyai tinggi sekitar 2,13 meter sementara Ibunya mempunyai tinggi 1,98 meter. Lahir dari keluarga yang juga pebasket Zhang Ziyu telah berlatih basket sejak usia lima tahun bersama orang tuanya.

Dalam karier internasionalnya Zhang memulai debutnya sebagai atlet basket pada laga melawan Indonesia dalam FIBA U-18 Women’s Asia Cup 2024. Ia juga telah tampil melawan Selandia Baru sehari setelah melawan Indonesia.

Melalui pertandingan tersebut China menang atas Selandia Baru dengan skor 90-68 dan Zhang Ziyu berhasil mencetak 36 poin atau 80 persen dari lepasan tembakan ke ring, 13 rebound, hingga 4 blok.

4 dari 4 halaman

Berpotensi Jadi Incaran WNBA

Mempunyai tinggi yang unggul membuat Zhang Ziyu berpotensi jadi incaran untuk WNBA. Kemungkinan Zhang juga akan menjadi incaran sejumlah tim-tim basket Amerika Serikat karena keunggulannya tersebut.

Berdasarkan Sporting News Zhang Ziyu juga bisa memenuhi persyaratan untuk Draft WNBA kemungkinan di tahun 2027. Pasalnya aturan dari Draft WNBA menyatakan pemain internasional yang memenuhi syarat untuk direkrut pada tahun kalendar saat mereka berusia 20 tahun.

Sementara saat ini Zhang Ziyu sendiri baru menginjak usia 17 tahun sejak 1 Mei lalu dan akan resmi berusia 20 tahun pada tanggal 1 Mei 2027 mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.