Sukses

Tak Hanya Sate Lilit, Simak Deretan Kuliner Bali yang Wajib Dicoba

Bukan itu saja, Bali juga menyimpan aneka racikan yang menghasilkan masakan dengan cita rasa menggoda.

Liputan6.com, Denpasar - Pantai dan budaya Pulau Bali memang menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan. Namun, yang tak kalah penting adalah sajian khas cita rasa nusantara yang hadir di setiap menu kulinernya.

Salah satu sajian yang cukup populer adalah sate lilit. Bukan itu saja, Bali juga menyimpan aneka racikan yang menghasilkan masakan dengan cita rasa menggoda.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut deretan kuliner Bali selain sate lilit:

1. Bubur Injin

Bubur injin menjadi salah satu sajian makanan penutup khas Bali yang cukup populer. Sajian ini merupakan puding yang dibuat dari campuran beras hitam dan beras ketan.

Untuk mendapatkan konsistensi dan tekstur yang lembut, bubur injin disajikan bersama gula aren dan siraman saus kelapa. Rasanya yang unik sangat cocok menjadi hidangan penutup yang ringan dan nikmat.

2. Jaje Laklak

Sajian yang satu ini dibuat dari olahan tepung beras. Adalah jaje laklak yang kerap menjadi teman minum kopi saat pagi maupun sore hari.

Jaje laklak berwarna hijau muda atau putih dengan permukaan berongga. Sajian ini juga dihiasi kelapa parut di bagian atasnya serta siraman saus gula merah.

Beberapa orang ada yang mengganti saus gula merah dengan susu atau perasa lainnya. Jaje laklak biasanya juga disajikan bersama ketan hitam.


 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lawar

3. Lawar

Lawar merupakan hidangan yang terbuat dari campuran sayuran, kelapa, dan daging cincang. Bahan-bahan tersebut dicampur dengan bumbu dan rempah-rempah yang kaya rasa.

Sajian ini bisa dengan mudah ditemukan, baik di restoran maupun warung makan biasa. Uniknya lagi, lawar kerap dicampur dengan daging cincang ataupun darah, sehingga tergolong sebagai makanan ekstrem.

4. Nasi Tepeng

Nasi tepeng merupakan kuliner tradisional khas Gianyar, Bali. Sajian ini dimasak dengan campuran bumbu yang kaya rasa dengan cita rasa pedas yang berasal dari lada. Nasi Tepeng disajikan bersama aneka lauk pauk, seperti kacang panjang, kacang merah, nangka segar, terong, daun kelor, dan kelapa parut.

5. Rujak Bulung

Rujak bulung merupakan hidangan yang terbuat dari rumput laut jenis bulung boni. Rujak ini memiliki rasa pedas, manis, dan gurih yang khas.

Rujak bulung biasanya disajikan sebagai camilan atau hidangan pembuka. Sajian yang menjadi favorit wisatawan ini bisa dengan mudah ditemukan di berbagai sudut Bali.

6. Tipat Cantok

Tipat cantok merupakan makanan tradisional khas Bali yang bisa ditemukan di mana saja. Sajian ini menghadirkan ketupat dan aneka sayur yang dikukus.

Sayuran dalam tipat cantok umumnya berupa bunga teratai, kacang panjang, hingga taoge. Campuran bahan tersebut kemudian disiram dengan saus kacang dan kecap.

7. Tum Ayam

Tum ayam merupakan salah satu hidangan populer khas Bali yang dimasak dengan metode ala pepes ikan. Dengan dibungkus daun pisang, tum ayam menawarkan hidangan ayam cincang yang dicampurkan dengan rempah-rempah aromatik dan santan.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini