Sukses

Komitmen Pj Gubernur Sulbar Sukseskan Pilkada Serentak usai Rakorwil di Makassar

Pemprov Sulbar komitmen untuk melaksanakan perintah pemerintah pusat dalam mensukseskan Pilkada serentak termasuk ketersediaan anggaran dan fasilitasi

Liputan6.com, Makassar - Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin bersama unsur Forkopimda di provinsi ke-33 itu menghadiri Rapat Koordinasi Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 Wilayah Kalimantan, Sulawesi dan Maluku di Makassar, Rabu (26/06/24).

Dua menteri hadir dan memimpin rapat koordinasi itu, yakni Menkopolhukam Hadi Tjahjanto dan Mendagri Tito Karnavian. Rapat koordinasi itu juga turut dihadiri Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dan seluruh unsur Forkopimda se Kalimantan, Sulawesi dan Maluku. 

Menkopolhukam Hadi Tjahjanto dalam rapat itu menekankan pentingnya agar seluruh jajaran Forkopimda dan pihak terkait menjaga dan stabilitas keamanan pilkada di daerah. Menurutnya, landscape stabilitas keamanan daerah dapat berdampak stabilitas keamanan nasional. 

"Di 2024 ini tahun rekor, bahwa jumlah penyelenggaraan pemilu terbanyak sepanjang sejarah. Ini berdampak meningkatnya ancaman," kata Hadi Tjahjanto.

Sedangkan, Mendagri Tito Karnavian mengatakan pemerintah harus membantu KPU dan Bawaslu di daerah termasuk menggunakan anggaran belanja tak terduga. Menurutnya, peran daerah selain anggaran, juga berperan dalam masalah sarana dan prasara (sarpras) dalam Pilkada serentak.

"Belajar pilpres kemarin, saya minta pemda bantu KPU dan Bawaslu yang enggak punya kantor, enggak punya gudang, sarpras untuk daerah terpencil, di Maluku, di Malut, di pulau-pulau kalau kesulitan semaksimal mungkin bantu, gunakan yang ada, reguler maupun belanja tak terduga (BTT), gunakan itu," kata Tito Karnavian.

Sementara itu, Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin menegaskan komitmen untuk melaksanakan perintah pemerintah pusat dalam mensukseskan Pilkada. Selain itu dia juga menyampaikan terkait ketersediaan anggaran dan fasilitasi sesuai yang diatur dalam perundang-undangan. 

"Semua harus bersinergi baik antara Pemda dan instansi vertikal di daerah. Khususnya TNI-Polri dalam mewujudkan pilkada yang aman dan lancar," ungkap Bahtiar.

Bahtiar juga menekankan pentingnya menjaga netralitas bagi setiap aparatur sipil negara dan juga berharap masyarakat turut serta mengawasi jalannya Pilkada. Pemprov Sulbar sendiri telah melaksanakan rapat koordinasi Forkopimda dengan tim desk Pilkada, KPU dan Bawaslu se-Sulbar, dirangkaikan deklarasi netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Hari ini kita bersama Korem, Polda, Kejaksaan, KPU, Bawaslu dan Pemkab membangun komitmen bersama menyukseskan Pilkada serentak 2024,” tutup Bahtiar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini