Sukses

Toreh Prestasi Internasional, Universitas Islam Riau Raih Bintang 3 dari Lembaga Rekognisi Inggris

Universitas Islam Riau menorehkan prestasi internasional dari lembaga rekognisi Inggris yaitu mendapatkan bintang 3 dari Rekognisi Internasional Quacquarelli Symond Stars.

Liputan6.com, Pekanbaru - Universitas Islam Riau menorehkan prestasi internasional dari lembaga rekognisi Inggris. Unversitas di Jalan Kaharuddin Nasution Pekanbaru itu mendapatkan bintang 3 dari Rekognisi Internasional Quacquarelli Symond (QS) Stars.

Torehan Universitas Islam Riau atau UIR mewakili puluhan perguruan tinggi swasta Indonesia yang masuk daftar QS Stars. Informasi ini tertuang dalam pada laman www.topuniversities.com.

Rektor UIR Prof Dr Syafrinaldi SH menjelaskan, capaian ini tidak lepas dari kerja keras dan kontribusi semua sivitas akademika.

"Alhamdulillah tahniah atas capaian UIR raih Bintang 3 oleh QS Stars, terima kasih kepada tim yang sudah bekerja keras, cerdas dan solid semoga berkah untuk institusi dan meningkatkan kepercayaan publik kepada kampus ini," ucap Syafrinaldi, Kamis siang, 27 Juni 2024.

Direktur Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UIR Dr Arbi Haza Nasution menerangkan, capaian ini merupakan hasil akumulasi dari berbagai instrumen penilaian terdiri dari social impact (5 bintang), good governance (5 bintang) dan facilities (4 bintang).

"Berikutnya global engagement (3 bintang), diversity equity and inclusion (3 bintang), programme strength (3 bintang), teaching (3 bintang), employability (2 bintang), dan academic development (2 bintang)," jelasnya.

Menurutnya, prestasi ini dapat dijadikan batu lompatan yang signifikan bagi universitas mewujudkan visi menjadi Universitas Islam berkelas di Dunia. Dia optimis dengan kerja keras bersama, universitas akan mencapai target peringkat 4 bintang di periode penilaian selanjutnya.

"Universitas akan memaksimalkan beberapa instrumen seperrti teaching, global engagement dan academic development," ujar Arbi Haza.

 

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berbagai Persiapan

Untuk kategori good governance, tambah Arbi Haza, Universitas Islam Riau menjadi satu dari dua kampus terbaik dunia yang berhasil meraih Bintang 5. Sedangkan untuk kategori social impact UIR menjadi satu dari 84 kampus terbaik dunia yang berhasil meraih Bintang 5.

"Pada skala nasional tentunya UIR menjadi satu di antara 20 Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia yang masuk dalam daftar QS Stars, di wilayah LLDIKTI X dan XVII UIR menjadi satu-satunya PT yang terekognisi QS Stars," jelasnya.

Arbi Haza mengatakan, penilaian dari Rekognisi Internasional QS Stars meliputi teaching, employability, research, internalization, facility, social responsibility, inclusiveness, engineering, civil dan structure.

Persiapan penilaian dimulai sejak November 2023, di mana pihak kampus hadir mengikuti program internasionalisasi QS Higher Education Summit selama 4 hari di Kuala Lumpur Malaysia.

"Untuk memenuhi indikator penialaian, pada kegiatan ini UIR memperluas jaringan kerjasama internasional melalui join research, matching grand, dan student mobility," katanya.

Universitas juga melakukan exhibition kepada E Way Chong selaku Regional Director, Southeast Asia Japan at Quacquarelli Symond. Berdasarkan hasil publikasi sebelumnya, UIR sudah masuk dalam kinerja QS Stars sehingga pada penilaian ini UIR berhasil meraih Bintang 3.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini