Sukses

Longsor di Kota Gorontalo, Rumah Warga Jebol Dihantam Batu Besar

Pemilik rumah mengaku, saat itu mereka tengah berada di rumah. Sementara hujan tengah mengguyur deras di wilayah Kota Gorontalo sejak subuh pagi.

Liputan6.com, Gorontalo - Curah hujan tinggi yang mengguyur wilayah Provinsi Gorontalo sejak kemarin, Rabu (26/06/2024) menyebabkan bencana banjir dan tanah longsor di beberapa lokasi berbeda.

Salah satunya di Kota Gorontalo, satu rumah di Kelurahan Tenda, Kecamatan Hulonthalangi tertimpa longsoran batu besar. Berdasarkan informasi yang diperoleh, peristiwa itu terjadi sekitar 15.30 Wita.

Pemilik rumah mengaku, saat itu mereka tengah berada di rumah. Sementara hujan tengah mengguyur deras  di wilayah Kota Gorontalo sejak subuh pagi.

Zuan Aditya pemilik rumah hampir tidak memiliki firasat jika ada longsor yang akan menimpa rumah mereka. Dirinya bersama keluarganya sedang beristirahat.

"Tiba-tiba, sayup terdengar seperti bangunan roboh dari kejauhan," kata Zuan Aditya.

Dirinya mengira bahwa suara itu hanya ditimbulkan dari suara hujan deras yang menghantam atap rumah. Sebab, kala itu hujan lagi deras-derasnya.

"Hanya beberapa detik setelah suara itu, langsung terdengar suara seperti ledakan dengan munculnya batu besar dari dapur saya," ujarnya.

Kala itu, dirinya bersama keluarga tidak bisa berbuat banyak. Pada saat kondisi darurat tersebut, Zuan hanya bisa berpikir bagaimana dirinya dan keluarga bisa selamat.

"Tidak ada lagi yang saya pikirkan. Bagaimana istri dan anak-anak bisa selamat dulu," ujarnya.

"Keluar langsung kami dari dalam rumah dan mencari tempat aman," imbuhnya.

Akibat peristiwa tersebut, rumah yang ditinggali oleh lima orang itu, harus mengalami kerusakan pada bagian dapur hingga ruang tamu. Tembok rumah tersebut jebol karena tidak dapat menahan material longsor.

Zuan mengaku, saat ini dirinya bersama keluarga sedang mengevakuasi diri dan barang perabotan rumahnya. Warga sekitar pun ikut membantu mereka sembari mengamati semua benar-benar aman.

"Semoga secepatnya lekas ada bantuan dari pemerintah setempat saja," harapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Gorontalo, Agus Taha mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan peninjauan lokasi longsor.

"Tadi kami sudah dapat laporan, dan tim kami sudah turun memantau lokasi yang terjadi longsor tersebut," ia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.