Sukses

7 Kandungan Skincare yang Aman untuk Mencerahkan Kulit Wajah

Saat ini, banyak skincare dengan kandungan bahan aktif yang aman digunakan dan berfungsi mencerahkan wajah.Berikut tujuh kandungan skincare aman untuk mencerahkan kulit wajah

Liputan6.com, Yogyakarta - Memiliki kulit wajah yang sehat dan cerah menjadi dambaan setiap orang. Perawatan dengan penggunaan skincare menjadi salah satu upaya yang bisa dicoba.

Saat ini, banyak skincare dengan kandungan bahan aktif yang aman digunakan dan berfungsi mencerahkan wajah. Mengutip dari berbagai sumber, berikut tujuh kandungan skincare aman untuk mencerahkan kulit wajah: 

1. Niacinamide

Niacinamide sudah menjadi kandungan skincare yang banyak digunakan. Kandungan ini memang dipercaya mampu mencerahkan kulit wajah.

Niacinamide merupakan vitamin B3 versi topikal atau oles dan vitamin larut air yang bekerja sama dengan zat alami di kulit. Selain mencerahkan, niacinamide juga mampu mengatasi hiperpigmentasi, mengobati jerawat, mengecilkan pori-pori wajah, mempertahankan kelembapan kulit, serta melindungi kulit dari polusi udara dan sinar ultraviolet.

2. Alpha Arbutin

Alpha arbutin adalah kandungan skincare yang mampu menghambat produksi melanin. Produksi melanin atau pigmen pemberi warna kulit merupakan aspek yang menentukan tingkat kecerahan kulit seseorang.

Jika melanin berproduksi terlalu banyak, maka warna kulit akan terlihat lebih gelap. Sebaliknya, semakin sedikit melanin yang dimiliki, maka warna kulit jadi semakin cerah. 

Alpha arbutin bekerja dengan cara menghambat produksi enzim yang bertugas untuk memproduksi melanin kulit. Kandungan aktif ini mampu mengatasi kulit kusam, hiperpigmentasi, dan bintik hitam.

3. Vitamin C

Combo vitamin C dan sunscreen menjadi andalan banyak orang untuk mencerahkan kulit. Selain mencerahkan, bahan aktif ini juga bermanfaat mencegah penuaan dini serta mencegah terjadinya reaksi negatif pada kulit akibat radikal bebas, polusi, dan paparan sinar matahari.

4. Kojic Acid

Kojic acid pertama kali diperkenalkan oleh Jepang. Bahan aktif ini menjadi rahasia kulit cerah wanita Asia.

Kojic acid bekerja dengan cara mencegah pembentukan tirosin, yakni asam amino yang dibutuhkan untuk memproduksi pigmen melanin. Tak hanya mencerahkan, kandungan ini juga dipercaya efektif memudarkan noda hitam.

5. Marine Collagen

Jenis kolagen yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk kulit, salah satunya mencerahkan. Marine collagen yang berasal dari kulit ikan maupun sisik serta tumbuhan laut seperti algae ini juga bisa meningkatkan elastisitas kulit. Dengan demikian, marine collagen dapat mencerahkan, mengenyalkan, dan berfungsi menghambat penuaan dini.

6. Retinol

Kandungan aktif retinol menjadi harta karun di dunia kecantikan. Pasalnya, turunan Vitamin A ini dipercaya memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Selain mencerahkan, retinol juga berfungsi merangsang regenerasi sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Dengan demikian, retinol juga mampu menutrisi kulit agar tampak lebih sehat, elastis, mengecilkan pori-pori, dan mengatasi jerawat.

7. SymWhite 377

Kandungan SymWhite 377 mungkin masih terdengar asing jika dibandingkan kandungan bahan aktif lainnya. SymWhite 377 merupakan sebutan untuk Phenylethyl resorcinol yang dipercaya dapat mencerahkan kulit. Saat ini, beberapa produk telah mengadopsi SymWhite 377 sebagai kandungan skincare yang aman untuk mencerahkan kulit wajah.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini