Sukses

3 Jurus BULOG Memenuhi Kebutuhan Pangan di Bebagai Sektor Pasar

Perum BULOG menyediakan berbagai varian produk beras yang menjawab kebutuhan berbagai segmen di masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Di era digital ini penting bagi sebuah perusahaan atau merek untuk memanfaatkan saluran omni (omnichannel) dan menyediakan varian produk yang dapat memenuhi kebutuhan berbagai segmen pasar.

Oleh sebab itu guna menjawab kebutuhan pasar akan produk yang berkualitas, tempat penjualan yang memudahkan konsumen untuk mengakses produk dan harga produk, maka Perum BULOG menerapkan 3 strategi sebagai berikut:

1. Produk 

Perum BULOG menyediakan berbagai varian produk beras yang menjawab kebutuhan berbagai segmen di masyarakat. Termasuk berbagai produk beras merek nasional, merek lokal dan merek dari Unit Bisnis Industri Perum BULOG sendiri.

Pada produk beras merek nasional, merek SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan) menjadi merek beras yang banyak dicari oleh kalangan kelas menengah.

Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi menjelaskan bedanya beras medium dengan beras premium adalah berapa besaran pecahnya.

"Kalau beras medium itu 20% pecahnya, jadi 20% dari 1 Kilogram itu ada yang tidak utuh berasnya"jeaslnya.

Sedangkan di pasar beras internasional hanya dikenal pecah 5%, beras tersebut yang di Indonesia dinamakan sebagai beras premium. Sekarang ini, baik beras Bantuan Pangan, SPHP, kemudian BULOG Siaga, semuanya adalah beras premium.Jadi kualitas berasnya bagus”.

Beberapa jenis beras Perum BULOG khusus yang diproduksi dan merupakan beras merek nasional, di antaranya Beras Fortivit, merupakan produk unggulan dengan tambahan fortifikan berupa multi vitamin dan mineral sehingga memiliki keunggulan nilai gizi lebih baik.

Beras Befood, yang merupakan beras pilihan dan diproduksi di fasilitas infrastruktur Sentra Penggilingan Padi (SPP) dan Sentra Pengolahan Beras (SPB) Perum BULOG.

2. Tempat 

Untuk memasarkan berbagai produk beras dari Perum BULOG, selain dari jalur distribusi pasar tradisional, saat ini Perum BULOG telah masuk ke ritel modern maupun ke e-marketplace, termasuk dengan mendirikan Rumah Pangan Kita (RPK) yang merupakan outlet penjualan pangan pokok milik masyarakat yang dibina oleh Perum BULOG.

Direktur Bisnis Perum BULOG Febby Novita, menyatakan Rumah Pangan Kita merupakan inisiatif yang sangat penting dalam memperkuat distribusi pangan di Indonesia. Program ini tidak hanya mempermudah akses masyarakat terhadap bahan pangan berkualitas, tetapi juga mempermudah dan memberdayakan masyarakat untuk memiliki usaha dengan modal rendah untuk menjadi RPK.

"Program Rumah Pangan Kita oleh Perum BULOG yang diluncurkan pada tahun 2016, sampai saat ini terdapat 18.646 individu atau rumah tamgga yang menjadi RPK dengan+/- 2.071 SKU uang terdistribusi ke RPK baik pelayanan melalui Bossfood, Kanwil/Kancap, jelasnya.

Melalui RPK, Perum BULOG telah berhasil menjangkau berbagai daerah yang memiliki keterbatasan akses pangan dan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat dengan menciptakan peluang usaha baru, tambah Feby.

3. Harga Produk 

Dengan berbagai varian produk beras yang ada, Perum BULOG menjawab kebutuhan berbagai segmen pasar dengan beragam tingkat harga. Mulai dari beras medium, sampai dengan kualitas beras premium bertekstur pulen, aromatik serta memiliki warna putih alami.

Seluruh beras yang diproduksi BULOG dijual dengan harga yang kompetitif agar tidak melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET) saat sampai ditangan masyarakat.

Lidwina Purwanti (45 thn) seorang ibu rumah tangga yang rutin membeli produk beras Perum BULOG dari salah satu RPK mengatakan, "Saya merasa sangat terbantu dengan mudahnya membeli beras dari Perum BULOG, di RPK dekat rumah.

Dengan beragamnya varian produk beras maupun saluran distribusi untuk mendapatkan produk Perum BULOG, maka masyarakat mendapatkan jawaban atas kebutuhannya akan beras premium berkualitas baik yang sesuai dengan anggaran belanjanya serta sesuai dengan preferensi kebutuhan pembeliannya baik secara luring maupun daring.

"Perubahan fungsi Perum BULOG dari masa ke masa, tidak merubah komitmen kami untuk tetap menjadi pemimpin rantai pasok pangan yang terpercaya," tutup Sonya Mamoriska, Direktur Transformasi& Hubungan Antar Lembaga Perum BULOG.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini