Sukses

Catat, Destinasi Wisata Edukasi di Sukabumi untuk Libur Sekolah

Sukabumi tidak hanya dikenal dengan wisata alamnya tetapi juga mempunyai wisata edukasi yang cocok dikunjungi saat libur sekolah.

Liputan6.com, Bandung - Libur sekolah merupakan momen yang cukup dinantikan anak-anak dan keluarga setelah melalui masa-masa belajar yang padat. Pada waktu libur anak-anak memiliki kesempatan untuk melepaskan penat dan bersenang-senang.

Momen liburan juga menjadi kesempatan untuk mempererat hubungan bersama keluarga. Tentunya bisa dilakukan dengan banyak cara mulai dari quality time bersama di rumah atau menikmati liburan ke luar kota.

Liburan tidak harus selalu diisi dengan kegiatan bermain semata tetapi juga bisa bermain sambil belajar. Untuk mendapatkan pengalaman tersebut para keluarga bisa mengajak anaknya berlibur ke tempat wisata edukasi.

Sebagai informasi wisata edukatif merupakan destinasi yang tidak hanya memberikan anak pengalaman menyenangkan tetapi juga mendidik. Wisata edukatif juga mempunyai banyak manfaat salah satunya menggabungkan waktu belajar dan bermain bersamaan.

Anak-anak yang mengunjungi tempat wisata edukatif bisa menerima sejumlah pengetahuan baru sambil bermain. Misalnya ke museum interaktif atau taman sains yang berisi banyak pengetahuan yang disajikan dengan menarik.

Kemudian manfaat lainnya tentunya memperluas wawasan dan pengetahuan kepada anak. Wisata edukatif juga bisa membangkitkan minat hingga rasa ingin tahu anak-anak pada berbagai bidang.

Pengalaman berwisata bersama keluarga ke tempat edukatif tentunya memberikan kesempatan orangtua dan anak semakin erat. Karena orangtua juga turut berperan aktif menjelaskan kepada anak terhadap pengetahuan yang dilihatnya.

Saat ini ada banyak tempat wisata edukatif di Indonesia yang bisa dikunjungi bahkan hampir di setiap daerah memiliki tempat wisata edukatif. Salah satunya di daerah Sukabumi yang telah dirangkum dalam artikel ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Destinasi Wisata Edukasi di Sukabumi

1. Museum Megalodon

Museum Megalodon merupakan tempat wisata edukasi di Sukabumi yang bisa dikunjungi bersama keluarga. Museum ini memberikan banyak pengetahuan terkait hewan laut terutama megalodon, puas, dan lain-lain.

Di tempat ini anak-anak juga bisa melihat fosil gigi Megalodon yang menjadi bukti pernah adanya hiu raksasa tersebut. Melansir dari ulasan Google tempat ini meraih rating 4.7 dari total 66 pengguna.

Museumnya berlokasi di Jl. Cisaat, Gn. Sungging, Kec. Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB kecuali di akhir pekan tutup pukul 21.00 WIB.

2. Desa Wisata Cisande

Desa Wisata Cisande merupakan destinasi wisata edukatif yang cukup populer di Sukabumi. Pasalnya para pengunjung bisa melakukan kegiatan pemanfaatan alam yang menarik yang bisa menambah wawasan baru kepada anak terkait alam.

Melansir dari media sosial resminya desa wisata ini juga menawarkan banyak kegiatan mulai dari agrowisata, outbound, berkemah, homestay, dan kuliner nikmat yang bisa disantap oleh para pengunjung.

Desa Wisata Cisande berlokasi di Jl. Kradenan Kulon, Kp. Pondokleungsir Wetan RT.024/07 AgroWisata, Jl. Pd. Leungsir, Cisande, Kec. Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

3 dari 4 halaman

Berikutnya

3. Museum Kipahare

Museum Kipahare merupakan tempat wisata edukasi yang juga dikenal sebagai perpustakaan umum. Tempat ini menyimpan sejarah Sukabumi pada masa lampau dan menyimpan benda-benda yang berkaitan dengan Sukabumi.

Diketahui para wisatawan bisa melihat sejumlah koleksi yang beragam dan melihat perjalanan perkembangan kota Sukabumi. Lokasi tempatnya juga mudah dijangkau dengan kendaraan baik motor atau mobil.

Museum Kipahare berlokasi di Komplek Terminal Tipe A K.H. Ahmad Sanusi, Sudajaya Hilir, Kec. Baros, Kota Sukabumi, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB kecuali di hari Minggu tutup pukul 12.00 WIB.

4. Bodogol Edu Farm

Seperti namanya Bodogol Edu Farm merupakan tempat wisata yang terkenal sebagai wisata edukasi menarik. Pasalnya para pengunjung bisa belajar tentang dunia peternakan secara bebas.

Melansir dari situs resminya tempat wisata ini memiliki peternakan domba modern yang terintegrasi dengan konsep wisata edukasi terkait peternakan. Saat ini ulasan Googlenya meraih rating 5.0 dari total 19 pengguna.

Lokasi Bodogol Edu Farm ada di Purwasari, Kec. Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dan cocok dikunjungi bersama keluarga besar atau kelompok sekolah anak-anak.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

5. Museum Prabu Siliwangi

Museum Prabu Siliwangi merupakan tempat wisata edukasi yang cukup populer di Sukabumi. Para pengunjung bisa mendapatkan banyak pengetahuan mulai dari pengetahuan agama Islam, sejarah Prabu Siliwangi, hingga Sejarah Kemerdekaan Indonesia.

Tempat ini juga dipenuhi dengan koleksi benda yang bersejarah mulai dari naskah kuno, seni rupa, hingga pusaka-pusaka peninggalan masa Prabu Siliwangi. Berdasarkan ulasan Google tempatnya meraih rating 4.7 dari total 281 pengguna.

Lokasi Museum Prabu Siliwangi berada di Ponpes Dzikir Al Fath, Jl. Merbabu Perum Gading Kencana Asri, Komplek, Kelurahan Karangtengah, Kec. Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 09.00 hingga 17.00 kecuali di akhir pekan buka pukul 08.00 dan di hari Minggu tutup pukul 20.00 WIB.

6. Desa Wisata Pasirbaru

Desa Wisata Pasirbaru merupakan tempat wisata yang menampilkan pemandangan pantai yang indah dan mempesona. Melansir dari situs Jadesta desa wisata ini mengajak anak-anak mengenal tentang alam terutama melihat pesona alam sekitarnya.

Terdapat pemandangan sungai, bukit, goa, hingga pantai yang dilengkapi dengan pemandangan ombak yang memukau. Para masyarakat desa ini juga memiliki mata pencarian petani dan nelayan.

Lokasi Desa Wisata Pasibaru berada di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dan terletak di pesisir pantai dan perbukitan. Desa ini juga berlokasi di perbatasan Provinsi Jawa Barat dan Banten yang mempunyai lokasi strategis berjarak 20 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Sukabumi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.