Sukses

Sufmi Dasco Unggah Cagub Banten 2024, Sekadar Cek Ombak?

Bagaimanakah pandangan para pengamat mengenai pasangan yang digadang-gadang bakal maju di Pilgub Banten 2024?

Liputan6.com, Serang Sufmi Dasco, Ketua Harian DPP Gerindra, mengunggah gambar Andra Soni dan Dimyati Natakusumah sebagai Cagub dan Cawagub Banten. Postingan Instagram itu telah disukai lebih dari lima ribu dan mendapatkan lebih dari 500 komentar netizen. 

Dalam unggahannya, Sufmi Dasco menuliskan keterangan, "2024 Banten Maju bersama Andra Soni dan Dimyati Natakusumah."

Lalu, bagaimanakah menurut pandangan para pengamat mengenai pasangan yang digadang-gadang bakal maju di Pilgub Banten 2024 itu. 

Menurut Aditya Perdana, dosen Ilmu Politik sekaligus Direktur Pusat Kajian Politik (Puskapol) UI itu, Andra Soni dan Dimyati Natakusumah masih dalam proses penjajakan dan 'cek ombak.'

"Mungkin lagi test on the water kali ya," ujar Aditya, melalui pesan elektroniknya, Jumat, (28/06/2024).

Pria yang kini menjabat sebagai Direktur Eksekutif Algoritma Research and Consulting itu mengaku saat ini kondisi Pilgub Banten 2024 masih sangat cair, meskipun Sufmi Dasco telah memposting gambar Andra Soni dan Dimyati Natakusumah.

Jika melihat isu kekinian, Airin Rachmi Diany yang akan berpasangan dengan Ade Sumardi, maka mangan Walikota Tangsel itu lebih kuat. Karenanya, Airin harus lebih berhati-hati memilih Wagub, agar tidak kalah saing dengan Andra Soni dan Cagub lainnya.

"Mungkin Airin yang peluangnya lebih baik, tapi tentu harus juga hati-hati pilih wakil yang merepresentasikan kekuatan parpol dan juga daerah," terangnya.

Untuk saat ini, Andra Soni dan Dimyati Natakusumah diibaratkan baru bertunangan politik, sehingga tidak menutup kemungkinan bisa berubah ditengah jalan.

"Bisa, bisa saja (berubah), ini kan ibarat dalam sebuah hubungan baru bertunangan tapi belum menikah, menikahnya kalau sudah didaftarkan di KPU," ujar Harits Wicaksana, dosen Pasca Sarjana Ilmu Sosial dan Politik di Universitas Esa Unggul.

Harits menceritakan bahwa, wilayah Tangerang Raya yang meliputi Tangerang Selatan, Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang, merupakan basis massa dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sangat banyak. Sehingga Cagub Banten asal Tangerang Raya menjadi pilihan realistis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pasangan Unik

Sedangkan menurut Dekan FISIP Untirta, Leo Agustino, Andra Soni dan Dimyati Natakusumah merupakan pasangan unik. Karena biasanya yang menjadi Cagub seorang mantan kepala daerah.

Sedangkan yang diposting oleh Sufmi Dasco, Dimyati Natakusumah menjadi Cawagub Banten 2024. Dimana, dia merupakan mantan Bupati Pandeglang 2024. Sedangkan Andra Soni yang diposisikan sebagai Cagub Banten, saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Banten. 

"Pasangan unik, karena umumnya mantan kepala daerah lebih diusung menjadi kepala daerah, tapi pasangan ini menempatkan Pak Dim sebagai bakal calon wakil Pak Andra Soni. Tentu ada alasan politis mengenai komposisi ini yang bisa digali," ujar Leo Agustino, melalui pesan elektroniknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini