Sukses

Penuhi Hak Kesehatan Andikpas, Klinik Pratama LPKA Pangkalpinang Resmi Dibuka

Klinik tersebut menjadi komitmen Kemenkumham Babel dalam meningkatkan pemenuhan hak anak binaan dalam seluruh pelayanan, salah satunya kesehatan. Ia juga menegaskan bahwa prioritas pola hidup sehat, garda terdepannya adalah fasilitas kesehatan tingkat satu yakni Klinik Pratama.

Liputan6.com, Jakarta- Penjabat (Pj) Walikota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan didampingi Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bangka Belitung (Babel), Harun Sulianto meresmikan klinik Pratama di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Pangkalpinang. Peresmian dilakukan secara simbolis dengan pengguntingan pita.

Harun menjelaskan, Klinik itu sebagai upaya untuk memenuhi hak kesehatan setiap anak didik pemasyarakatan (andikpas), bahkan pihak keluarga dan petugas pun dapat berobat ke tempat tersebut. Proses pendiriannya, bukanlah sesuatu yang mudah karena harus memenuhi syarat-syarat dan standar yang telah ditentukan.

“Penyediaan klinik Pratama ini sangat penting dilakukan sebagai pemenuhan pelayanan kesehatan terhadap andikpas, keluarga anak binaan maupun petugas pemasyarakatan," ujar Harun sulianto, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (29/6/2024).

Menurut Harun, klinik tersebut menjadi komitmen Kemenkumham Babel dalam meningkatkan pemenuhan hak anak binaan dalam seluruh pelayanan, salah satunya kesehatan. Ia juga menegaskan bahwa prioritas pola hidup sehat, garda terdepannya adalah fasilitas kesehatan tingkat satu yakni Klinik Pratama.

"Saya berharap nantinya ada peningkatan sarana klinik yang dilakukan secara bertahap," tambah Harun.

Harun juga mengapresiasi, kinerja mantan Kepala LPKA Kelas II Pangkakpinang, Nana Herdiana yang berhasil merampungkan proses pendirian klinik sehari sebelum masa purna tugas. Dibutuhkan waktu 4 bulan pengurusan syarat administratif klinik yang meliputi tempat, tenaga kesehatan, peralatan medis dan obat obatan serta sarana penunjang lainnya.

"Diresmikannnya Klinik Pratama LPKA Pangkalpinang pada hari ini adalah salah satu prestasi yang tinggalkan Nana" kata Harun.

Harun juga berpesan kepada Plt Kepala LPKA Kelas II Pangkalpinang yang baru, Ridha Ansari untuk untuk dapat menerapkan 3 kunci sukses pemasyarakatan. Hal tersebut meliputi deteksi dini, pemberantasan peredaran narkoba, dan membangun sinergi dengan aparat penegak hukum lainnya.

"Semoga pimpinan LPKA Kelas II Pangkalpinang yang baru ini dapat membawa angin segar dan memberikan pelayanan yang terbaik," Harun mengakhiri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini