Sukses

Tingkatkan Kesehatan Masyarakat di Wilayah Operasional, Sambu Group dan YBDA Gelar Sunatan Massal

Kegiatan pada tahun ini mengangkat tema “Anak-Anak Bahagia, Komunitas Berdaya”.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, Sambu Group bersama dengan Yayasan Bahtera Dwipa Abadi (YBDA) mengadakan sunatan massal di tiga wilayah sekitar operasional perusahaan.

Kegiatan diawali pada 25-26 Juni di Kantor Camat Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan dan dilanjutkan di Klinik Pratama PT Pulau Sambu di Guntung dan Aula Kantor Kecamatan Teluk Belengkong pada 29-30 Juni 2024.

Sebagai penutupan, sunatan massal dilaksanakan pada 30 Juni 2024 di Kelurahan Sapat, Kecamatan Kuala Indragiri yang bertempat di UPT Puskesmas Kelurahan Sapat. 

Kegiatan pada tahun ini mengangkat tema “Anak-Anak Bahagia, Komunitas Berdaya”, yang bermakna pemberdayaan komunitas masyarakat di dearah operasional Sambu Group, dan memastikan anak-anak memiliki kesehatan yang baik. Karena sunat atau khitan merupakan salah satu langkah penting untuk masa depan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan reproduksi.

“Selain itu anak-anak juga mendapatkan dukungan emosional dalam proses penyembuhan, dari kegiatan yang dilakukan di sini,” kata Foundation Operational Manager YBDA, Tua H Hutabarat dalam keterangan tertulis.

Kegiatan khitanan massal yang merupakan bagian dari program bakti sosial YBDA dan Sambu Group ini bertujuan untuk memberikan layanan kesehatan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekitar, terlebih bagi yang kurang mampu. Turut hadir dalam kegiatan, Camat Kuala Kampar, Elrasydy Albi, S.Sos.

“Kami sangat mengapresiasi YBDA dan Sambu Group yang telah menyelenggarakan khitan massal di tiga lokasi. Khitanan masal ini tentu sangat bermanfaat bagi peserta yang telah turut serta. Terima kasih atas kepeduliannya terhadap sosial melalui kegiatan khitanan massal,” ujar Elrasydy.

“Anak-Anak yang sehat merupakan salah satu parameter yang dapat menunjukan suatu komunitas tersebut berdaya. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa anak-anak sehat dan komunitas berdaya merupakan tujuan penting guna mencapai masyarakat yang lebih baik,” timpal Tua Hutabarat.

“Saat anak-anak tumbuh dengan sehat, maka mereka memiliki peluang lebih besar untuk berkembang secara optimal, baik secara fisik, mental, maupun sosial,” tbah Tua.

Sunatan massal dihadiri oleh tenaga medis profesional dari tim klinik Sambu Group dan Puskesmas terkait. “Untuk wilayah Kabupaten Pelalawan, sebanyak 100 peserta mengikuti sunat massal. Sebanyak 83 peserta mengikuti sunat massal di Kantor Camat dan 17 anak di Desa Serapung,” kata Humas Sambu Group, A. Ginting.

“Dalam gelaran sunatan ini, kami juga menyiapkan arak-arakan Komplang serta tarian persembahan untuk menambah semarak kegiatan. Semoga kegiatan ini dapat diterima baik masyarakat Kabupaten Pelalawan dan membawa manfaat bagi masyarakat,” lanjut A. Ginting.

Di Klinik PT Pulau Sambu di Guntung, total sebanyak 142 anak mengikuti kegiatan sunatan massal. Sedangkan Kelurahan Sapat, Kecamatan Kuala Indragiri, kegiatan khitan massal diikuti oleh 93 peserta. Baik di kedua wilayah tersebut acara berjalan dengan lancar.

Khitan massal yang telah dilaksanakan YBDA dan Sambu Group secara rutin ini merupakan salah satu wujud konsistensi perusahaan untuk berkontribusi ke masyarakat sekitar. Dengan kegiatan ini, harapannya anak-anak kurang mampu bisa menunaikan Syariat Islam tanpa memikirkan biaya,  hidup  sehat dan komunitas menjadi kian berdaya. “Mari dukung komunitas yang berdaya sedari dini dengan menunjang kesehatan anak-anak kita!,” ucap A. Ginting.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.