Sukses

Intip, Daftar 6 Hewan yang Terlahir Buta

Mempunyai indra yang lengkap bagi sebagian hewan bisa membantu proses adaptasi bertahan hidupnya dengan lingkungan. Namun tahukah kamu ada beberapa hewan yang terlahir buta tetapi masih bisa bertahan hidup.

Liputan6.com, Bandung - Hewan merupakan salah satu makhluk hidup yang juga membutuhkan adaptasi terhadap lingkungan untuk bertahan hidup. Mereka juga memiliki sejumlah bagian tubuh yang dianggap sebagai alat utama bertahan hidup.

Namun faktanya, tidak semua spesies hewan mempunyai bagian tubuh yang lengkap salah satunya ada hewan yang tidak mempunyai kemampuan penglihatan sama sekali atau tanpa mata sama sekali.

Meskipun tidak bisa melihat, hewan-hewan tersebut ternyata masih mampu bertahan hidup dan beradaptasi karena memiliki cara uniknya tersendiri untuk menjalani kehidupan. Biasanya hewan tersebut mengandalkan indra lain dalam tubuhnya.

Seperti mengandalkan indra pendengaran, penciuman, peraba, dan lain-lain untuk bertahan hidup dan beradaptasi dengan lingkungannya. Kemudian hewan tersebut juga mempunyai cara tersendiri untuk berburu dan membaca situasi sekitar.

Sehingga, hewan-hewan tersebut mampu bertahan hidup meskipun adanya kekurangan pada satu indra. Mereka justru menunjukkan adanya kemajuan untuk mengandalkan indra lain yang dimilikinya.

Melansir dari beberapa sumber, berikut ini adalah enam contoh hewan yang terlahir buta, tetapi tetap bisa bertahan hidup dengan sempurna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftar 6 Hewan yang Terlahir Buta

1. Atretochoana

Atretochoana merupakan hewan yang mempunyai bentuk tubuh mirip ular, tetapi jenisnya lebih dekat dengan hewan salamander. Diketahui, hewan ini juga kerap disebut sebagai ular penis karena bentuknya.

Hewan ini juga dikenal sebagai predator pemangsa cacing, ikan kecil, hingga invertebrata air lainnya. Meskipun tidak bisa melihat ia memiliki penciuman yang kuat untuk menangkap mangsanya.

2. Brazilian Blind Characid

Brazilian Blind Characid merupakan hewan berjenis ikan yang mempunyai nama ilmiah “Stygichthys typhlops”. Hewan ini merupakan ikan dalam keluarga Characidae dan satu-satunya anggota genus Stygichthys.

Diketahui, ikannya tidak bisa melihat dan berasal dari gua-gua yang terletak di utara Minas Gerais, Brasil.

3 dari 4 halaman

Hewan Berikutnya

3. Blind Crayfish

Blind Crayfish atau udang karang ternyata termasuk hewan yang tidak bisa melihat karena tidak mempunyai mata. Namun dikenal sebagai hewan yang memiliki sentuhan dan indra penciuman yang sangat sensitif.

Udang karang dikenal sebagai hewan asli dari gua yang berada di Amerika Serikat bagian tenggara.

4. Olm

Olm merupakan hewan amfibi sejenis salamander yang hidup di dalam gua tanpa cahaya. Dua mata hewan ini tertutup di bawah lapisan kulit yang halus dan termasuk hewan yang tidak bisa melihat.

Meskipun tidak bisa melihat hewan ini mempunyai indera pendengaran dan penciuman yang membantunya untuk menemukan makanan seperti larva, serangga air, cacing, hingga siput. Olm diketahui berasal dari gua-gua bawah laut Kroasia, Slovenia, Italia, Herzegovina, hingga Bosnia.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

5. Star-Nosed Mole

Star-Nosed Mole dikenal sebagai golongan tikus tanah yang bisa ditemukan di Amerika Serikat dan Kanada. Hewan ini termasuk hewan yang benar-benar buta dan mengandalkan 22 tentakel di hidungnya untuk mendeteksi mangsa.

Diketahui hewan ini bertahan hidup dengan mencari mangsa seperti cacing, ikan, hingga serangga.

6. Kauai Cave Wolf Spider

Kauai cave wolf spider merupakan laba-laba buta yang bisa ditemukan di Pulau Kauai, Kepulauan Hawaii. Hewannya memiliki bentuk tubuh dengan panjang ukuran biasanya mencapai 0,75 inci.

Hewan ini ditemukan pada tahun 1971 dan termasuk hewan yang buta karena tidak mempunyai mata. Namun, dalam mencari mangsa, laba-laba ini mengandalkan penciumannya yang tajam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.