Sukses

Profil Zhang Zhi Jie, Atlet Bulutangkis China yang Meninggal Dunia Saat Bertanding

Atlet muda asal China, Zhang Zhi Jie dikabarkan meninggal dunia pada Minggu (30/6/2024) malam. Sang atlet dilaporkan sempat mengalami kejang saat bertanding.

Liputan6.com, Bandung - Atlet pebulutangkis asal China, Zhang Zhi Jie dikabarkan meninggal dunia setelah sempat pingsan di lapangan ketika bertanding dalam laga Asia Junior Championship (AJC) 2024 pada Minggu (30/6/2024) di GOR Amongrogo, Yogyakarta.

Kabar duka tersebut juga turut dibagikan oleh media sosial resmi Badminton Indonesia pada Senin (1/7/2024) siang. Diketahui sang atlet meninggal dunia pada usia 17 tahun ketika sedang bertanding.

"Kabar duka dari dunia bulu tangkis. Atlet China, Zhang Zhi Jie berpulang di usia 17 tahun pada Minggu (30/6/2024). PP PBSI menyampaikan turut berduka cita tas meninggalnya Zhang Zhi Jie ketika bertanding pada turnamen BNI Badminton Asia Junior Championship 2024," tulis @badminton.ina.

Melansir dari beberapa sumber diketahui, sang atlet tengah bertanding untuk pertandingan tunggal putra. Ia menjadi perwakilan negaranya yaitu China untuk bisa melawan atlet asal Jepang, Kazuma Kawano.

Namun, ketika mencapai skor 11-11 saat hendak menerima servis dari Kawano, Zhang Zhi Jie terjatuh hingga tengkurap di lapangan. Badannya sempat terlihat kejang dan pelatihnya sempat memasuki lapangan, tetapi tidak bisa berbuat apa-apa.

Berselang sekitar 40 detik kemudian tim medis datang dan langsung memberi bantuan kepada Zhang Zhi Jie. Atlet berusia 17 tahun itu kemudian diangkut menggunakan tandu ke luar lapangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengalami Kejang dan Dinyatakan Meninggal Waktu Malam

Seperti dijelaskan sebelumnya, Zhang Zhi Jie terjatuh hingga mengalami kejang di lapangan. Pelatihnya juga sempat menghampirinya namun tidak bisa berbuat apa-apa sampai sekitar 40 detik kemudian tim medis memasuki lapangan.

Tim medis juga terlihat memberi bantuan terhadap Zhang Zhi Jie dan membawanya menggunakan tandu ke luar lapangan. Melansir dari pernyataan Badminton Asia dan PBSI Zhang Zhi Jie langsung dilarikan ke rumah sakit.

Kemudian diketahui sang atlet dikabarkan meninggal dunia pada pukul 23.20 waktu setempat. Berdasarkan pernyataannya ketika pingsan dan dirawat oleh dokter turnamen dan tim medis, Zhang Zhi Jie dibawa dengan ambulans siaga dalam waktu kurang dari dua menit.

Zhi Jie sedang memainkan pertandingan penyisihan grup melawan Jepang ketika dia pingsan dan dirawat oleh dokter turnamen dan tim medis. Dia dibawa dengan ambulans siaga dalam waktu kurang dari dua menit untuk dilarikan ke rumah sakit,” mengutip dari @badmintonasia.official.

3 dari 4 halaman

Profil Zhang Zhi Jie

Melansir dari beberapa sumber Zhang Zhi Jie merupakan atlet bulu tangkis muda asal China dan tahun ini berusia 17 tahun. Zhang diketahui lahir pada tanggal 30 Januari 2007 di Jiaxing, China.

Meskipun usianya masih muda, sang atlet dikenal memiliki prestasi yang membanggakan. Zhang juga sudah bermain bulu tangkis sejak masih di taman kanak-kanak dan bergabung dengan tim provinsi di kelas tiga.

Zhang juga sempat memenangkan gelar tunggal putra pada ajang Kejuaraan Bulu Tangkis Seri U China untuk kelompok usia 15 tahun pada 2022 lalu. Kemudian setahun kemudian terpilih menjadi tim muda China karena bakatnya tersebut.

Namun, pada tanggal 30 Juni 2024 sang atlet dikabarkan meninggal dunia saat bertanding melawan atlet asal Jepang. Sebelum menerima servis, Zhang Zhi Jie terjatuh dan mengalami kejang-kejang dan dikabarkan meninggal dunia di usia 17 tahun.

4 dari 4 halaman

Meraih Banyak Prestasi

Zhang Zhi Jie juga meraih banyak prestasi dalam kariernya sebagai seorang atlet bulu tangkis. Sejak bergabung dengan tim nasional ia kerap mengikuti berbagai kejuaraan dan berhasil meraih banyak kemenangan.

Salah satunya dalam pertandingan di tahun ini tepatnya di bulan Februari lalu Zhang berhasil memenangkan pertandingan dalam ajang YONEX Dutch Junior International 2024. Bahkan di bulan Juni tahun ini Zhang juga memperoleh prestasi membanggakan

Diketahui ia  sukses memenangkan ajang YONEX German Junior 2024 dan melansir dari situs Badminton World Federation (BWF) Zhang berada di ranking ke-8 sebagai pemain tunggal putra kategori Junior.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.