Sukses

Cinta Tulus Seorang Mangaka, Film Anime Look Back Telah Dirilis

Film ini menggambarkan tentang kisah muda Tatsuki Fujimoto penulis Look Back yang lengkap.

Liputan6.com, Bandung - Film anime yang menayangkan tentang kisah seorang mangaka berjudul Look Back telah dirilis 28 Juni 2024.

Film ini menggambarkan tentang kisah muda Tatsuki Fujimoto penulis Look Back yang lengkap, dalam anime ini diceritakan bahwa kecintaan yang tulus pada manga yang menghubungkan dua karakter dalam anime ini.

Jika mendengar nama Tatsuki Fujimoto Sensei, familiar dengan karya representatifnya seperti 'Chainsaw Man' dan 'Fire Punch', dan juga telah memenangkan penghargaan seperti Shogakukan Manga Award.

Dilansir laman Pandai Kotoba, Fujino adalah siswa sekolah dasar tahun keempat yang membuat serial komik empat panel di koran sekolahnya.

Fujino mendapat sambutan hangat dari teman-teman sekelasnya dan sangat yakin dengan kemampuan menggambarnya.

Namun, suatu hari dia melihat komik empat panel tentang teman sekelasnya Kyomoto, yang menolak pergi ke sekolah, dan diterbitkan di koran sekolah untuk pertama kalinya. Dia terkejut melihat betapa kuatnya komik itu.

Sejak itu, Fujino terus menggambar manga tanpa terganggu, namun dia kewalahan dengan perbedaan kemampuan menggambar antara dia dan Kyomoto dan mulai menyerah dalam menggambar manga.

Namun, pada hari kelulusan sekolah dasar, Fujino pergi untuk menyerahkan ijazahnya kepada Kyomoto atas permintaan gurunya, dan di sana dia bertemu Kyomoto untuk pertama kalinya dan mengatakan kepadanya bahwa dia telah menjadi penggemarnya sejak lama.

Kyomoto, yang menyebabkan dia menyerah dalam menggambar manga, dan Fujino, yang dengannya dia mulai menggambar manga bersama.

Apa yang menghubungkan kedua gadis itu adalah kecintaan mereka pada manga. Namun suatu hari, terjadi sesuatu yang menghancurkan segalanya.

Film ini diproduksi oleh Studio Durian dan disutradarai oleh Kiyotaka Oshiyama. Lagu tema film tersebut adalah 'Light Song, disusun oleh Nakamura dan dibawakan oleh Urara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Karakter Look Back

Karakter didalam Film Look Back ini sungguh unik karena hanya terdapat dua orang saja. Diantaranya adalah:

1. Fujino

Karakter ini diisi suaranya oleh Yuumi Kawai. Fujino adalah seorang siswa kelas empat sekolah dasar yang membuat serial komik empat panel di koran sekolah. Dia sangat dipuji oleh teman-teman sekelasnya dan percaya pada manganya.

2. Kyomoto

Karakter ini diisi suaranya oleh Mizuki Yoshida. Diceritakan Kyomoto adalah seorang siswa yang sering membolos yang merupakan teman sekelas Fujino.

Dia diam-diam mengagumi Fujino yang membuat serial komik empat panel, namun sebenarnya dia memiliki bakat terpendam dalam menggambar.

Manga

Look Back ini merupakan manga web one-shot setebal 143 halaman yang ditulis dan diilustrasikan oleh Tatsuki Fujimoto. Manga ini diterbitkan di platform online Shonen Jump+ Shueisha pada 19 Juli 2021. Bab ini dikumpulkan oleh Shueisha dalam satu volume, dirilis pada 3 September 2021.

Ketika dirilis di 'Jump+' pada tahun 2021, manga ini menjadi topik hangat di kalangan banyak penggemar manga termasuk pencipta terkenal, dan bahkan memenangkan tempat pertama dalam This Manga is Amazing! 2022.

Setelah itu, bab-bab manga ini diterbitkan secara online dalam bahasa Inggris oleh Viz Media dan platform Manga Plus Shueisha.

Pada bulan Februari 2022, Viz Media mengumumkan bahwa mereka telah melisensikan manga tersebut dan volumenya diterbitkan pada tanggal 20 September 2022.

 

3 dari 3 halaman

Pengertian Manga

Manga merupakan suatu bentuk komik atau novel grafis yang berasal dari Jepang, memiliki sejarah yang panjang dan kompleks yang terkait dengan perkembangan seni Jepang pada akhir abad ke-19.

Menurut informasi dari Wikipedia dilansir kanal Citizen6, Liputan6, manga telah menjadi fenomena budaya yang meresap di semua lapisan masyarakat Jepang, dengan pembaca dari berbagai kelompok usia.

Genrenya sangat beragam mencakup laga, petualangan, bisnis, komedi, detektif, drama, sejarah, horor, misteri, romantis, fiksi ilmiah, fantasi, erotika, olahraga, dan permainan.

Sejak era 1950-an, manga telah menjadi elemen integral dalam industri penerbitan Jepang. Pada tahun 1995, nilai pasar manga di Jepang mencapai ¥586,4 miliar (setara dengan US$6–7 miliar) dengan penjualan tahunan sekitar 1,9 miliar untuk manga dan majalah manga.

Fenomena ini tidak hanya terjadi di Jepang, karena manga telah menyebar ke seluruh dunia. Bahkan, pada tahun 2008, pasar manga di Amerika Serikat dan Kanada mencapai nilai $175 juta, sementara di Prancis, manga menyumbang 38% dari pasar komik dengan nilai sekitar €460 juta pada tahun 2005.

Manga sering kali dihasilkan dalam format hitam-putih, meskipun ada juga yang sepenuhnya berwarna. Di Eropa dan Timur Tengah, pasar manga terus berkembang, mencapai nilai sekitar $250 juta pada tahun 2012.

Dengan daya tarik globalnya yang terus berkembang, sejarah manga menjadi cerita yang menarik bagi para penggemar komik di seluruh dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.