Sukses

Hasil Jajak Pendapat Sanrio, Karakter Hello Kitty Ternyata Kalah Pamor, Siapa Unggulannya?

Karakter Hello Kitty diciptakan pada 1974 oleh Sanrio, sebuah perusahaan Jepang. Kali pertama, ia muncul di produk dompet koin.

Liputan6.com, Bandung - Sanrio melakukan jajak pendapat dengan lebih dari 50 juta suara dan hasilnya, karakter Hello Kitty ternyata kalah pamor dari karakter yang lainnya.

Karakter kucing lucu berwarna putih ini sudah jadi ikon Sanrio yang sangat membekas di mata dunia, bahkan karakter buatan Yuko Shimizu ini pernah juga menjadi duta anak-anak Amerika Serikat untuk UNICEF sejak tahun 1983.

Diberitakan Sanrio Ranking dikutip dari Japanese Station, Minggu, 30 Juni 2024, berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan Sanrio, Hello Kitty menempati posisi kelima dengan 3.551.441 suara dari total 57.074.053 suara dari seluruh dunia.

Peringkat keempat dihuni oleh Pompompurin, si anjing Golden Retriever baik hati dengan 4.089.750 suara. Pompompurin juga menjadi karakter paling populer di Inggris.

Karakter Kuromi dari dunia My Melody berhasil menduduki peringkat ketiga dengan memperoleh 4.125.678 suara.

Sementara itu, peringkat kedua dipegang oleh Pochacco. Anjing putih lucu ini berhasil mendapatkan 4.591.020 suara dan jadi karakter Sanrio paling populer di Korea Selatan.

Karakter Sanrio yang menduduki peringkat pertama adalah Cinnamoroll. Karakter anjing yang dibuat oleh Miyuki Okumura tahun 2001 ini berhasil mengamankan 5.665.543 suara dari seluruh penggemarnya di dunia.

Cinnamoroll juga menjadi karakter terpopuler di Tiongkok, Hong Kong, Taiwan, Amerika Serikat, Brazil, Italia, Jerman, Perancis, Australia, Singapura, dan Spanyol.

Berikut adalah daftar 10 karakter Sanrio terpopuler tahun 2024:

1. Cinnamoroll - 5,665,543 suara

2. Pochacco - 4,591,020 suara

3. Kuromi - 4,125,678 suara

4. Pompompurin - 4,089,750 suara

5. Hello Kitty - 3,551,441 suara

6. My Melody - 2,723,108 suara

7. Kerokerokeroppi - 2,244,819 suara

8. Hangyodon - 2,118,662 suara

9. Tuxedosam - 1,925,732 suara

10. Little Twin Stars - 1,849,224 suara

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cek Fakta Hello Kitty

Dilansir kanal Cek Fakta Liputan6, karakter Hello Kitty diciptakan pada 1974 oleh Sanrio, sebuah perusahaan Jepang. Kali pertama, ia muncul di produk dompet koin.

Kesuksesan karakter Hello Kitty yang mendunia dapat dikaitkan dengan budaya kawaii Jepang yang menyenangi semua hal yang lucu, menyenangkan, dan menggemaskan.

Situs resmi Sanrio menyebut bahwa Hello Kitty tidak memiliki mulut karena ia "berbicara dari hatinya". Karakter itu menjadi duta besar Sanrio untuk dunia dan tak terikat pada bahasa tertentu.

"Tanpa mulut, itu berarti lebih mudah bagi orang memproyeksikan Hello Kitty sesuai perasaan mereka pada karakter tersebut. Ia bisa bergembira atau sedih bersama Hello Kitty."

Yo Kato, produser Kitty Exhibition di Tokyo, yang memperingati ulang tahun ke-30 Hello Kitty, pada 2004 mengungkapkan alasan mengapa karakter itu tak punya mulut, juga ekspresi.

"Ia tak memiliki mulut juga ekspresi, yang memungkinkan orang memiliki interpretasi masing-masing -- sebagai karakter yang lucu atau keren," kata dia.

 

3 dari 3 halaman

Hello Kitty Bukan Kucing

Dilansir Liputan6, Hello Kitty telah lama menjadi budaya pop Jepang yang sangat disukai anak-anak, karena karakternya yang sangat lucu dan imut.

Begitu mendengar nama Hello Kitty, tiap orang akan membayangkan seekor kucing berwarna putih, dengan pita di kepalanya. Namun fakta mengejutkan diutarakan oleh perusahaan pembuat karakter itu, Sanrio.

Seperti dilansir dari Daily Mail, Kamis (28/8/2014), perusahaan tersebut ingin meluruskan satu hal: Hello Kitty sama sekali bukan seekor kucing. Informasi mengejutkan itu disampaikan di tengah persiapan perjalanan ke luar angkasa untuk merayakan ulang tahun ke-40 Hello Kitty di Los Angeles, Amerika Serikat.

Menurut Sanrio, identitas Hello Kitty sejatinya mewakili seorang gadis cilik, manusia, yang tinggal di luar London. Ia memiliki saudara kembar. Seekor anjing laut tinggal di halaman belakang rumah. Ia selamanya akan duduk di kelas 3 SD.

Hello Kitty memiliki nama yang 50 persen ditujukan untuk istilah yang merujuk pada kucing, namun bukan berarti ia adalah seekor kucing.

"Dia tidak pernah digambarkan merangkak. Dia adalah gadis kecil, dia adalah seorang teman. Bukan kucing," kata Christine R. Yano, seorang antropolog Universitas Hawaii seperti dikutip Fox News, Kamis, 28 Agustus.

Yano yang juga menjadi seorang kurator retrospektif Hello Kitty di Museum Nasional Jepang Amerika, Los Angeles, menceritakan, ia mengetahui fakta itu ketika tengah menyiapkan deksripsi tertulis untuk pameran museum, ternyata ia membuat kesalahan dengan mendeskripsikan Hello Kitty sebagai kucing.

"Dengan tegas saya dikoreksi. Itu salah satu koreksi yang dilakukan Sanrio untuk tulisan saya sebelum pameran," ucap Yano.

Beberapa fakta lain tentang Hello Kitty, menurut Yano, di antaranya nama aslinya adalah Kitty White, ia berbintang Scorpio dan menyukai kue pai apel.

"Hello Kitty muncul pada tahun 1970-an, ketika wanita Jepang mulai masuk ke Inggris. Mereka menyukai negara itu. Ini menggambarkan masa kecil ideal yang klasik, hampir seperti pagar kayu putih. Jadi biografinya diciptakan persis untuk selera saat itu," beber Yano kepada Times.

"Ketika berbicara dengan wanita Jepang yang tumbuh pada tahun 1970-an, mereka mengatakan, 'tokoh Hello Kitty sangat berarti karena ia adalah milik kami', ceritanya. Ini sesuatu yang mereka lihat sebagai penanda identitas.".

Sebelumnya, Wikipedia mendeskripsikan Hello Kitty sebagai kucing asal Jepang yang memakai pita merah muda, meskipun tak menjelaskan dari mana ia berasal. Sedangkan di situs Sanrio.com disebut, karakter yang kini berusia 40 tahun itu diciptakan 'untuk menginspirasi kebahagiaan, persahabatan, dan saling berbagi bagi seluruh dunia.'

Menurut Yano, terlepas dari apakah Hello Kitty seorang gadis atau kucing, ia punya arti penting sebagai identitas budaya populer Jepang.

Fakta Hello Kitty:

- Bintangnya Scorpio, lahir 1 November

- Golongan darahnya A

- Nama aslinya Kitty White

- Punya saudara kembar bernama Mimmy White yang memakai pita kuning

- Tingginya setara tumpukan 5 buah apel

- Ia dan keluarganya tinggal di pinggiran kota London, ada anjing laut tinggal di halaman belakang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.