Sukses

Ini Penyebab Kekalahan Lawan Australia Menurut Pelatih

Kartu merah yang diterima Raihan diduga menjadi salah satu penyebab kekalahan Timnas U-16 dalam laga tersebut.

Liputan6.com, Solo Timnas Indonesia U-16 kalah menghadapi Australia denghan skor 3-5 di babak semifinal Piala AFF U-16 2024 di Stadion Manahan, Solo, Senn (1/7/2024) malam. Sang pelatih, Nova Arianto membeberkan kekalahan tersebut salah satunya disebabkan pemain Garuda Muda terkena kartu merah pada babak pertama. 

Nova Arianto tak lupa menyampaikan ucapan selamat kepada Australia yang telah menghentikan langkah Timnas Indonesia U-16 untuk masuk ke babak final Piala AFF U-16 2024 dengan skor 3-5.

“Yang pertama saya ucapkan selamat kepada Australia yang bermain sangat luar biasa ya pada malam ini,” katanya usai pertandingan di Stadion Manahan, Solo, Senin (1/7/2024).

Dari hasil evaluasi laga krusial tersebut, asisten pelatih Shin Tae-Yong itu mengaku bahwa kartu merah yang diberikan kepada Raihan Apriansyah pada babak pertama itu sangat mengagetkan skuad Garuda Muda. Pemain bernomor punggung 19 itu diganjar kartu merah setelah mendapatkan kartu kuning kedua kalinya setelah menekel Amlani Tatu saat melakukan serangan balik.

“Secara evaluasi memang kartu merah yang terlalu cepat di menit ke-30. Itu yang membuat perjalanan pertandingan sedikit berbeda karena itu kita sedikit kesulitan untuk keluar dari pressing lawan,” kata pelatiah Timnas U-16.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persiapan Kualifikasi AFC

Meskipun selalu mendapatkan tekanan dari lawan tetapi coach Nova Arianto sangat mengapresiasi anak asuhnya yang berjuang secara mati-matian dengan 10 pemain. Bahkan dengan kondisi skuad yang pincang, Timnas Indonesia U-16 bisa melayani permainan Australia dan berhasil menciptakan 3 gol hingga peluit babak kedua dibunyikan.

“Di sini sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada pemain saya yang berjuang secara maksimal walaupun bermain dengan 10 orang, kita bisa meladeni Australia dan mencetak gol. Itu yang saya bilang di sini adalah daya juang pemain saya secara mentality sangat-sangat luar biasa ya,” katanya.

Menurut coach Nova, pertandingan melawan tim tangguh Australia di babak semifinal Piala AFF U-16 menjadi pelajaran yang berharga. Pasalnya para pemain sering melakukan kesalahan-kesalahan di lini belakang sehingga mengakibatkan salah satu pemain Timnas U-16 terkena kartu merah. Pelajaran tersebut akan menjadi modal yang penting untuk menghadapi babak kualifikas Piala AFC mendatang.

"Perjalanan mereka di AFF ini bisa menjadi pelajaran yang baik buat mereka agar kedepannya bisa lebih baik dan bisa lebih berprogress,” katanya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.