Sukses

Hari Kelautan Nasional Diperingati Setiap 2 Juli, Berikut Sejarah dan Cara Merayakannya

Hari Kelautan Nasional merupakan peringatan penting yang dirayakan pada tanggal 2 Juli setiap tahunnya. Berikut ini sejarah singkat dan cara merayakannya.

Liputan6.com, Bandung - Seluruh masyarakat Indonesia saat ini tengah merayakan Hari Kelautan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Juli setiap tahunnya. Peringatan ini merupakan perayaan yang penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lautan terutama yang ada di Indonesia.

Perlu untuk diketahui Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal sebagai negara kepulauan. Bahkan ada sekitar 17.508 pulau yang masuk dalam wilayah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Indonesia juga dikenal sebagai negara maritim terbesar di dunia karena mempunyai luas lautan yang mencapai 5.8 juta km dan panjang pantai sekitar 95.181 km atau hampir 25 persen panjang pantai di dunia.

Tentunya hal tersebut tidak terlepas dari letak geografis Indonesia yang berada di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Kemudian juga berada di antara dua samudra yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Laut menjadi bagian yang penting bagi negara Indonesia dan merupakan sumber daya alam yang sangat bermanfaat untuk berbagai bidang mulai dari ekonomi, lingkungan, dan kesejahteraan sosial.

Kehadiran laut akan terus menjadi sumber kehidupan dan kesejahteraan baik untuk generasi sekarang dan mendatang. Sehingga sangat penting bagi masyarakat Indonesia untuk mengetahui peran lautan untuk menjaganya lebih baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah Hari Kelautan Nasional

Melansir dari beberapa sumber Hari Kelautan Nasional dirayakan pada tanggal 2 Juli setiap tahunnya. Peringatan ini mempunyai tujuan untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada seluruh masyarakat Indonesia terkait pentingnya menjaga dan melestarikan laut.

Alasan hadirnya peringatan tersebut dimulai sejak tahun 1972 tepatnya melalui Keputusan Presiden Nomor 5 Tahun 1972. Saat itu ketika Soeharto menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia ia menetapkan tanggal 2 Juli sebagai Hari Kelautan Nasional.

Sehingga tanggal tersebut menjadi peringatan pertama yang selalu dirayakan setiap tahunnya di Indonesia. Tentunya peringatan ini mempunyai tujuan baik terutama untuk meningkatkan kesadaran masyarakat atas pentingnya menjaga keberlangsungan laut dan pesisir.

Melalui peringatan ini masyarakat juga bisa memberikan apresiasi terhadap para pahlawan angkatan laut. Terutama mereka yang telah berjuang dalam mempertahankan dan memajukan kemaritiman Indonesia.

3 dari 4 halaman

Cara Merayakan Hari Kelautan Nasional

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber berikut ini adalah inspirasi beberapa cara untuk merayakan Hari Kelautan Nasional yang bisa dilakukan:

1. Membagikan informasi dan edukasi terkait kampanye lingkungan

Hal pertama yang bisa dilakukan sebagai masyarakat Indonesia di era digital ini tentunya membagikan informasi dan edukasi terkait kampanye lingkungan khususnya laut. Kita juga dapat mengunggah foto dengan twibbon Hari Kelautan Nasional.

Biasanya pada hari penting tersebut sejumlah organisasi kerap memiliki acara seperti seminar, workshop, diskusi, pameran, hingga kampanye di media sosial. Sehingga kita dapat membagikan informasi tersebut melalui media sosial pribadi yang kita miliki.

2. Mengikuti kegiatan bersih-bersih pantai atau laut

Cara kedua merupakan tindakan nyata yang bisa dilakukan secara langsung terutama jika mempunyai waktu luang. Biasanya sejumlah organisasi lingkungan membuat acara membersihkan pantai dan laut yang menjadi sorotan.

Bahkan kegiatan ini juga biasanya diikuti oleh beragam partisipasi mulai dari masyarakat luas, pelajar, komunitas lokal, hingga organisasi lingkungan. Membersihkan pantai tentunya membantu pantai menjadi lebih cantik dan mengurangi adanya sampah yang terbuang ke laut.

Pasalnya sampah yang terbawa ke lautan lepas bisa membahayakan ekosistem laut terutama makhluk hidup yang ada di dalamnnya.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

3. Mengadakan atau mengikuti festival atau pameran

Untuk sejumlah organisasi lingkungan bisa mengadakan festival atau pameran menarik terkait maritim. Tentunya acara ini tidak hanya menghibur tetapi juga menyimpan pesan penting yang menjadikan edukasi bagi masyarakat tentang lautan.

Terdapat banyak kegiatan yang bisa dilakukan dalam festivalnya seperti pameran hasil produk laut, seni, dan lain-lain. Kemudian juga bisa mempromosikan produk-produk kelautan lokal yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir.

4. Mengikuti acara konservasi

Pada Hari Kelautan Nasional tentunya cocok dijadikan hari digelarnya program konservasi lingkungan terutama terkait laut. Konservasi menjadi salah satu cara strategis dalam melindungi dan mengelola sumber daya laut secara berkelanjutan.

Misalnya saja menggelar program perlindungan terumbu karang, mangrove, penangkaran penyu, dan lain sebagainya. Sebagai informasi konservasi sangat membantu untuk melindungi ekosistem laut yang kritis dan spesies yang terancam punah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.