Sukses

Pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemdikbud 2024 Telah Dibuka, Simak Syarat dan Cara Daftarnya

Pendaftaran beasiswa unggulan Kemdikbud 2024 telah resmi dibuka sejak Senin (1/7/2024). Berikut ini cara mendaftar, syarat, dan jadwalnya.

Liputan6.com, Bandung - Pendaftaran beasiswa unggulan untuk masyarakat berprestasi telah resmi dibuka sejak Senin (1/7/2024). Melansir dari media sosial (@beasiswa.unggulan.kemendikbud) pendaftaran tersebut akan dibuka sampai tanggal 14 Juli 204.

Hari ini 1 Juli 2024 Pendaftaran Beasiswa Unggulan untuk masyarakat berprestasi secara resmi dibuka,” tulisnya.

Sebagai informasi Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi merupakan program dari Kemendikbudristek. Beasiswa ini diberikan kepada masyarakat yang mempunyai kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual untuk melanjutkan studi.

Diketahui jenjang studi yang dibuka untuk pendaftaran ini di antaranya untuk jenjang sarjana, magister, hingga doktor. Selain itu beasiswa ini juga diberikan kepada penyandang disabilitas.

Bagi pendaftar umum yang mendaftar untuk mendapatkan program beasiswa unggulan tersebut akan mendapatkan komponen biaya mulai dari biaya pendidikan, biaya hidup, dan biaya buku.

Sementara, untuk komponen biaya beasiswa unggulan masyarakat berprestasi penyandang disabilitas mendapatkan komponen mulai dari biaya pendidikan, biaya hidup, biaya buku, biaya penelitian, dan biaya hidup pendamping.

Peserta yang ingin mendaftar program beasiswa unggulan bisa melakukan pendaftaran melalui situs resminya https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id. Lebih jelasnya lagi dalam artikel ini terdapat penjelasan terkait jadwal, cara daftar, dan persyaratan umumnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadwal Pendaftaran dan Seleksi Beasiswa Unggulan 2024

Melansir dari situs resminya Beasiswa Unggulan berikut ini jadwal pendaftaran dan seleksi untuk beasiswa unggulan 2024:

1. Pendaftaran: 1-14 Juli 2024.

2. Seleksi Tahap 1: 15 Juli-4 Agustus 2024.

3. Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 1: 9 Agustus 2024.

4. Seleksi Tahap 2: 12-31 Agustus 2024.

5. Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 2: 10 September 2024.

3 dari 4 halaman

Persyaratan Umum Beasiswa Unggulan 2024

Berdasarkan informasi dari situs resminya berikut ini persyaratan umum yang harus diperhatikan untuk mendaftar beasiswa unggulan 2024:

1. Diutamakan memiliki sertifikat yang membuktikan prestasi akademik/non akademik tingkat nasional dan/atau internasional.

2. Memperoleh rekomendasi minimal dari guru BK sekolah asal untuk pendaftar S1 dan dari pimpinan kampus asal atau pembimbing akademik/skripsi/thesis untuk pendaftar S2/S3.

3. Tidak tengah mendaftar dan/atau menerima beasiswa dari pihak mana pun, termasuk APBN atau APBD dengan komponen pembiayaan yang sama.

4. Diterima di perguruan tinggi dalam negeri yang sudah terakreditasi minimal B atau baik sekali dan masuk dalam daftar perguruan tinggi tujuan Beasiswa Unggulan atau di perguruan tinggi di luar negeri yang diakui Ditjen Diktiristek.

5. Tidak berstatus sebagai dosen, guru, tenaga kependidikan, ataupun pelaku budaya.

6. Beasiswa hanya untuk kelas reguler dan tidak untuk kelas eksekutif, khusus, karyawan, jarak jauh, kelas internasional, dan kelas yang diselenggarakan lebih dari satu negara perguruan tinggi.

7. Berkomitmen mempertahankan indeks prestasi semester minimal 3,00 pada program S1 atau IPS minimal 3,25 pada program S2 dan S3 selama menjadi penerima beasiswa.

4 dari 4 halaman

Cara Daftar Beasiswa Unggulan 2024

Berikut ini adalah cara mendaftar beasiswa unggulan 2024 yang bisa dilakukan secara online:

1. Pendaftaran hanya dilakukan melalui situs resminya atau melalui link https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id.

2. Jika situs resminya berhasil terbuka masukkan NIK, email aktif, kata sandi, dan tanggal lahir dengan akurat.

3. Selanjutnya simpan data dan lakukan verifikasi melalui email yang aktif.

4. Kemudian masuk kembali ke laman dengan akun yang telah diverifikasi.

5. Isi dan lengkapi informasi pribadi serta dokumen yang diperlukan untuk mendaftar.

6. Pastikan kembali seluruh data serta dokumen telah valid dan lengkap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini