Sukses

Peringatan 3 Juli, Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia

Setelah mengetahui dampak bahaya plastik, diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk melakukan tindakan kolektif pengendalian penggunaan plastik. Langkah sederhana ini tentu dapat menyelamatkan planet.

Liputan6.com, Yogyakarta - Setiap tahunnya, pada 3 Juli diperingati sebagai Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia atau International Plastic Bag Free Day. Peringatan ini menjadi momen penting untuk mengingatkan masyarakat dunia agar mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai.

Mengutip dari berbagai sumber, hadirnya peringatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan dampak bahaya plastik terhadap lingkungan. Selain itu, plastik juga dapat memberikan dampak buruk terhadap kesehatan laut.

Setelah mengetahui dampak bahaya plastik, diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk melakukan tindakan kolektif pengendalian penggunaan plastik. Langkah sederhana ini tentu dapat menyelamatkan planet.

Saat ini, kesadaran untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai sudah mulai meningkat. Masyarakat sudah banyak yang beralih ke alternatif yang lebih berkelanjutan, seperti tas kain, tas goni, atau kapas. Hadirnya Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia yang terus diperingati setiap tahun diharapkan dapat terus meningkatkan kesadaran tersebut.

Adapun Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia pertama kali diperkenalkan oleh Bag Free World pada 2008. Gerakan global ini didirikan oleh sekelompok organisasi dan individu yang peduli terhadap dampak lingkungan akibat kantong plastik.

Sebagai informasi, kantong plastik telah menjadi penyumbang polusi yang cukup besar, terutama di lingkungan laut. Plastik juga menjadi ancaman serius bagi satwa liar.

Masyarakat dunia sudah mempromosikan solusi yang lebih berkelanjutan untuk mengurangi plastik. Banyak negara, kota, dan merek bisnis telah mengambil langkah konkret untuk mengurangi dampak negatif kantong plastik terhadap lingkungan.

Hal itu pula yang terjadi di Indonesia di mana pemerintah dan organisasi lingkungan bekerja sama dengan toko-toko dan supermarket untuk mempromosikan penggunaan kembali tas belanja kain. Hal ini dilakukan sebagai gerakan ramah lingkungan.

Tahun ini, peringatan Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia memasuki tahun ke-16. Peringatan ini diharapkan bisa menjadi salah satu momen untuk mengingatkan dampak negatif plastik demi melindungi planet.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini