Sukses

Mengenal Rawon Kalkulator, Kuliner Unik dan Enak di Surabaya

Rawon merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia yang legendaris. Salah satu tempat makan rawon nikmat yang ada di Surabaya adalah Rawon Kalkulator.

Liputan6.com, Bandung - Rawon merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Menu makanan ini dikenal sebagai makanan bersejarah dan sudah berusia lebih dari 1000 tahun.

Melansir dari situs Diskominfo Probolinggo Kota usia Rawon sendiri terungkap dari Prasasti Taji yang dikeluarkan pada tahun 901 Maeshi oleh Rakryan I Watu Tihang Pu Sanggramadurandara yang ditemukan di Ponorogo tertulis dengan nama Rarawwan.

Prasasti tersebut adalah prasasti yang terdiri atas tujuh lempeng tembaga yang ditemukan di Dukuh Taji, Desa Gelanglor, Sukorejo Ponorogo, Jawa Timur pada tahun 1868. Selain itu, Rawon juga dikenal sebagai makanan yang sangat digemari oleh keluarga kerajaan.

Khususnya oleh Keraton Mangkunegaran Surakarta yang ditemukan dalam catatan resep bernama Serat Wulangan Olah-Olahan Warna-Warni yang dicetak pada tahun 1926. Beberapa penelitian juga menduga nama Rawon berasal dari bahasa Jawa yaitu “Rawa” yang menyerupai air rawa yang gelap.

Selain hidangannya yang penuh sejarah makanan ini juga berhasil meraih prestasi di mata dunia. Pasalnya, Rawon sempat masuk sebagai sup terenak di dunia nomor satu dalam situs TasteAtlas.

Sebagai informasi Rawon sendiri terkenal dengan rasanya yang nikmat dengan kuah hitam gurih yang menggugah selera. Makanan ini menjadi kuliner yang wajib disantap ketika berkunjung ke Jawa Timur.

Salah satu kuliner Rawon yang wajib untuk dicoba adalah Rawon Kalkulator yang ada di Surabaya. Tempatnya tidak hanya terkenal karena namanya yang unik tetapi juga karena rasanya yang nikmat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Itu Rawon Kalkulator?

Rawon Kalkulator menjadi salah satu kuliner yang wajib untuk dicoba saat berkunjung ke Surabaya. Tempat ini tidak hanya terkenal karena namanya yang unik tetapi juga rasanya yang nikmat dan legendaris.

Sebagai informasi nama Rawon Kalkulator sendiri terinspirasi dari pemberian nama para pengunjung. Pasalnya sang pemilik terkenal cepat menghitung harga makanan tanpa harus menggunakan alat bantu hitung seperti kalkulator.

Diketahui dahulu nama tempat ini dikenal dengan nama “Warung Sedap Malam” karena saat itu hanya buka di waktu sore hingga malam. Rawon Kalkulator sendiri sudah berdiri sejak 1975 dengan nama pemilik Ibu Amanah.

Meskipun tempatnya sederhana Rawon Kalkulator menjadi salah satu kuliner ikonik di Surabaya. Tempatnya juga berada tengah-tengah di Sentra PKL Taman Bungkul yang membuatnya mudah ditemukan.

3 dari 4 halaman

Lokasi Rawon Kalkulator

Melansir dari ulasan Google, Rawon Kalkulator sudah ramai dikunjungi dan bahkan meraih rating 4.4 dari total 7.950 pengguna. Lokasi tempatnya berada di Sentra PKL Taman Bungkul, Jl. Raya Darmo, Darmo, Kec. Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur.

Rawon Kalkulator mempunyai jam buka setiap hari pada pukul 09.00 hingga 03.00 WIB. Meskipun sudah buka berpuluh tahun tetapi tempat ini masih selalu ramai dikunjungi dan mempunyai area tempat yang sederhana.

Para pengunjung yang datang dari Alun-Alun Surabaya bisa menempuh jarak 3,1 km atau 13 menit perjalanan untuk tiba ke Rawon Kalkulator. Sementara untuk pengunjung yang datang dari Stasiun Surabaya Kota bisa menempuh jarak 7,9 km atau 23 menit perjalanan.

4 dari 4 halaman

Daya Tarik Rawon Kalkulator

Melansir dari situs resmi Kemenparekraf Rawon Kalkulator mempunyai daya tarik yang beragam dari tempat Rawon lainnya. Pasalnya tempat ini tidak hanya mempunyai nama unik tetapi juga rasa yang khas.

Rawon Kalkulator mempunyai kualitas daging sapi baik dan ukuran potongan daging yang cukup besar. Satu porsi Rawon di tempat ini juga cukup terjangkau dengan ukuran daging tersebut.

Tekstur daging di tempat makan ini juga mempunyai tekstur yang empuk dengan rasa yang gurih dan juicy. Bahkan menu di tempat ini juga bervariasi mulai dari rawon sumsum super, rawon torpedo, rawon kikil, dan lain-lain.

Para pembeli juga bisa menikmati toping lainnya yang lengkap seperti babat, paru, usus, tempe, perkedel, dan masih banyak lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.