Sukses

Mensos: KPM PKH di Jabar yang Berhasil Lulus, Dibekali Modal Usaha Gerobak Serta Produk

Kita mulai 2023, dan kini sudah 28 ribu sekian.

Liputan6.com, Garut - Kementerian Sosial (Kemensos) RI mengklaim berhasil melakukan kelulusan KPM PKH atau Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) hingga 28 ribu lebih hingga Juni b2024 lalu.

“Kita mulai 2023, dan kini sudah 28 ribu sekian,” ujar Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, dalam kunjungan kerjanya mengenai graduasi dan penyaluran bantuan di Balaikota Tasikmalaya, Rabu (3/7/2024)

Seperti diketahui graduasi KPM PKH merupakan tahap di mana mereka telah mampu mandiri dan tidak lagi membutuhkan bantuan program sosial dari pemerintah. Kondisi itu menunjukan program PKH sukses membantu KPM, meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian.

Menurut Bu Risma sapaan akrab Mensos, angka graduasi KPM PKH yang dilakukan pemerintah dalam dua tahun terakhir, terus menujukan peningkatan secara signifikan.

“Kita di 2023 kecil (capaian angka kelulusan) karena anggaran kita baru dibuka bulan November jadi hanya jalan 2 bulan,” ujar dia.

Namun sejak memasuki tahuh ini, lembaganya berupaya melakukan beragam program peningkatakan kesejahteraan, termasuk pemberian modal usaha plus training pengelolaan keuangan yang baik.

“Tahun ini sejak awal tahun kita sudah graduasi 18 ribu hingga Juni kemarin kalau enggak salah, di 2023 sekitar 10 ribu,” papar dia.

Khusus Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, pemerintah telah memberikan bantuan permodalan hingga pelatihan pengelolaan keuangan bagi KPM. “Nah ini PT Indofood memberikan gerobak berikut produk awalnya,” ujar dia.

Selain itu, hadirnya program pahlawan ekonomi nusantara (pena) muda, yang ditujukan untuk membantu KPM PKH, diharapkan mampu menjadikan mereka keluarga sejahtera dengan pengelolaan keuangan yang lebih baik.

“Itu sudah kita buktikan banyak yang berhasil karena itu, mungkin dari Indofood juga ada,” kata dia.

 

2 dari 2 halaman

Bantuan Grobak Indofood

General Manager PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Division Noodle Bandung Udin Chen menyatakan, sejak 2023 lalu, PT Indofood telah memberikan bantuan gerobak dan modal usaha berupa barang produk Indofood untuk KPM PKH hingga 100 unit gerobak Indofood.

“Awalnya 2023 di Bandung secara simbolis diberikan oleh bu Menteri 10 gerobak, dilanjutkan di Sumedang 20, terus di Garut 40, untuk Bandung dan Bandung barat 30 jadi total sekitar 100 gerobak,” papar dia.

Khusus kota dan kabupaten Tasikmalaya, perusahannya memberikan sekitar 50 gerobak iberikut produk Indofood yang akan digunakan sebagai modal usaha bagi KPM PKH. “Ini untuk kabupaten Tasik kita kasi 25 untuk kota Tasikmalaya kita kasi 25,” ujar dia.

Udin menyatakan, pemberian modal usaha gerobak dan produk turunanya diklaim mampu memberikan solusi dalam peningkatan kesejahteraan KPM PKH. “Tingkat keberhasilannya 80 persen (sukses mandiri) kalau mereka gak laku ya kita akan tarik,” ujar dia.

 

Video Terkini