Sukses

Catat, 6 Tempat Wisata di Bandung yang Pernah Jadi Lokasi Syuting

Intip berikut ini adalah sejumlah tempat wisata di Bandung yang pernah menjadi lokasi syuting film dan serial populer Indonesia.

Liputan6.com, Bandung - Indonesia menyimpan banyak sekali tempat wisata menarik salah satunya di kota Bandung. Kota yang dijuluki dengan nama Kota Kembang ini masih menjadi destinasi wisata favorit banyak orang karena alamnya yang cantik dan memesona.

Bandung dikelilingi oleh pegunungan dan perbukitan sehingga ada banyak tempat wisata alam yang bisa jadi pilihan. Misalnya saja, kawasan Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Burangrang, hingga Gunung Papandayan masih jadi pilihan wisatawan.

Kemudian lokasinya yang berada di ketinggian menjadikan kota ini mempunyai iklim yang sejuk dan nyaman. Selain wisatanya yang bervariasi, kota Bandung juga bisa dikunjungi dengan mudah dan mempunyai infrastruktur yang baik.

Para wisatawan bisa mengakses kota Bandung dengan mudah karena sudah mempunyai banyak pilihan transportasi yang beragam. Mulai dari jalan tol yang bisa digunakan kendaraan mobil atau bus hingga kereta api atau bandara.

Bandung juga menyimpan banyak kekayaan budaya dan sejarah yang menarik untuk diketahui. Bahkan, beberapa bangunan peninggalan kolonial Belanda di Bandung masih terawat dengan baik.

Misalnya saja bangunan Gedung Sate atau bangunan Villa Isola yang sampai saat ini masih bisa dilihat kemegahannya. Selain wisata alamnya, kota ini juga mempunyai destinasi menarik lainnya yang membuat banyak orang tertarik.

Bahkan, tidak sedikit beberapa tempat di Bandung sering menjadi lokasi para pembuat film dan iklan. Melalui artikel ini, ada beberapa tempat wisata yang pernah menjadi lokasi film terkenal seperti berikut.

2 dari 4 halaman

6 Tempat Wisata di Bandung yang Pernah Jadi Lokasi Syuting

1. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih merupakan tempat wisata alam yang ada di Ciwidey, Kabupaten Bandung. Tempat wisata ini dikenal dengan danaunya yang cantik karena terbentuk dari letusan Gunung Patuha.

Diketahui tempat wisata alam ini pernah menjadi lokasi syuting untuk film legendaris “My Heart” yang diperankan oleh Irwansyah, Nirina Zubir, dan Acha Septriasa. Melansir dari ulasan Google tempat ini sudah meraih rating 4.5 dari total 6.895 pengguna.

Lokasi Kawah Putih berada di Jalan Raya Ciwidey Patengan Km 11 Lebakmuncang, Ciwidey, Sugihmukti, Pasir Jambu, Bandung, Jawa Barat dan berjarak sekitar 50 km dari kota Bandung dengan perjalanan sekitar 1 jam 56 menit.

2. Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha merupakan observatorium astronomi tertua di Indonesia yang juga berada di bawah naungan FMIPA ITB. Para pengunjung yang ingin melihat tempat ini bisa memeriksa jadwal kunjungan di situs resminya.

Tempat ini juga pernah menjadi lokasi syuting untuk film Petualangan Sherina pertama dan film Pengabdi Setan 2: Communion. Melalui ulasan Google tempatnya mempunyai rating 4.5 dari total 2.636 pengguna.

Lokasi Observatorium Bosscha berada di Jl. Peneropongan Bintang No.45, Lembang, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat dengan jam buka di hari Sabtu pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.

3 dari 4 halaman

Tempat Berikutnya

3. Rumah Pengabdi Setan

Para pencinta film horor mungkin sudah pernah menyaksikan film Pengabdi Setan karya Joko Anwar. Diketahui film ini pernah melakukan syuting di rumah tua yang ada di Pangalengan dan saat ini populer menjadi tempat wisata.

Terdapat dua rumah yang ada di lokasi tersebut yaitu rumah tampak depan dan rumah lainnya di lokasi yang sama untuk melihat suasana dalam rumahnya. Berdasarkan ulasan Google tempat ini mempunyai rating 4.5 dari total 2.311 pengguna.

Lokasinya berada di Margamukti, Kec. Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari selama 24 jam.

4. Jalan Asia Afrika

Jalan Asia Afrika merupakan tempat yang sudah populer bagi wisatawan yang berkunjung ke kota Bandung. Jalan ini menawarkan banyak tempat menarik mulai dari Museum Asia Afrika dan tidak jauh dari Alun-Alun Bandung serta Braga.

Diketahui tempat ini sudah banyak jadi lokasi syuting film Indonesia salah satunya film Dilan. Jalanan ini juga terkenal kaya akan sejarah karena masih ada sejumlah bangunan yang bersejarah di sekitar jalannya.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

5. Kebun Teh Sukawana

Kebun Teh Sukawana merupakan area perkebunan cantik yang menawarkan pemandangan indah hamparan kebun teh yang hijau. Para pengunjung bisa menikmati pemandangan kebunnya yang cantik dan berfoto di spot-spot menarik.

Tempat ini diketahui pernah menjadi lokasi syuting untuk film Petualangan Sherina pertama yang rilis di tahun 2000. Melansir dari ulasan Google tempatnya mempunyai rating 4.5 dari total 256 pengguna.

Kebun teh ini berlokasi di karyawangi, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari selama 24 jam.

6. Situ Patenggang

Situ Patenggang atau dikenal juga dengan Situ Patengan terkenal sebagai tempat wisata alam yang cantik di Ciwidey, Kabupaten Bandung. Para pengunjung bisa melihat keindahan danau dengan menjelajahinya menggunakan perahu.

Selain area danau tempat wisata ini juga sudah mempunyai fasilitas yang lengkap dan terdapat rumah makan yang menghadap ke danau. Diketahui tempat wisata ini pernah menjadi lokasi syuting untuk sinetron Heart Series yang dibintangi oleh Yuki Kato.

Lokasi Situ Patenggang berada di Raya Ciwidey, Rancabali, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 08.00 hingga 20.00 WIB.