Sukses

50 Anggota DPRD Makassar Bakal Diberi Pin Emas, Total Harga Capai Rp2 Miliar

Setiap anggota DPRD Kota Makassar periode 2024-2029 akan menerima pin emas seberat 20 gram

Liputan6.com, Makassar - 50 anggota DPRD Kota Makassar periode 2024-2029 akan diberikan pin emas saat dilantik pada 9 September 2024 mendatang. Tak main-main, harga untuk pengadaan pin emas itu mencapai Rp2 miliar. 

Sekretaris DPRD Kota Makassar, Dahyal, mengatakan bahwa penyematan pin emas untuk anggota dewan telah dianggarkan. Pihaknya pun kini tinggal menunggu surat keputusan dari Gubernur Sulawesi Selatan. 

"Persiapannya (pelantikan) itu adalah pertama kami menunggu SK Gubernur. Seperti pakaian dan pin untuk pengadaannya oleh bagian umum dan perlengkapan, kita sudah jalan," kata Dahyal, Rabu (3/7/2024).

Setiap anggota DPRD Kota Makassar yang akan dilantik nantinya akan menerima pin emas seberat 20 gram. Saat ini pengadaan pin emas tersebut pun tengah menunggu pencairan anggaran dari Pemprov Sulsel. 

Meski begitu, Dahyal menerangkan bahwa anggaran Rp2 miliar tersebut belum tentu akan dicairkan seluruhnya, tergantung harga emas per gram pada saat pemesanan pin.

"Itu kita anggarakan 20 gram satu orang, kita estimasikan harga per gram 2 juta rupiah," ucap Dahyal.

Selain pin emas, lanjut Dahyal, 50 anggota DPRD Makassar periode 2024-2029 juga akan menerima fasilitas berupa dua set jas Pakaian Sipil Lengkap (PSL). Adapun anggaran yang disiapkan untuk pengadaan seluruh jas itu mencapai Rp215 juta.

"Per orang dapat 2,1 juta untuk pakaian (jas), kalau pinnya dianggarkan 40 juta per orang, tapi tergantung harga emas kalau harga emas turun tidak segitu dicairkan,“ Dahyal memungkasi. 

 

Simaklah video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.