Sukses

Indahnya Telaga Sunyi, Tempat Wisata Alam Mempesona di Banyumas

Telaga Sunyi merupakan salah satu destinasi wisata alam yang bisa dikunjungi untuk healing di Banyumas. Berikut daya tarik, harga masuk, hingga lokasi ke tempat tersebut.

Liputan6.com, Bandung - Saat memasuki waktu berlibur ada banyak destinasi yang bisa menjadi pilihan terutama di Indonesia. Banyak tempat wisata menarik yang bisa dipilih mulai dari wisata rekreasi, edukasi, hingga wisata alam.

Saat ini menikmati wisata ke alam memberikan banyak manfaat tidak hanya hiburan tetapi juga manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Pasalnya ketika berlibur ke alam ada segudang kegiatan yang bisa dilakukan terutama aktivitas di luar ruangan.

Pemandangan indah dan asrinya alam juga bisa membawa suasana yang tenang dan damai untuk menyegarkan pikiran. Misalnya saja berlibur ke telaga tidak hanya menawarkan alam indah tetapi juga aktivitas fisik yang menarik.

Telaga biasanya memberikan suasana yang tenang karena lokasinya yang jauh dari keramaian kota. Lingkungan di telaga juga kerap dikelilingi oleh alam yang tenang dan damai untuk menikmati udara yang segar.

Selain itu berlibur ke telaga juga dapat meredakan stres dan kecemasan karena suara air dan kicauan burung yang berpadu seakan-akan memberikan nuansa yang nyaman. Pikiran juga secara otomatis menjadi lebih rileks dan tenang.

Kemudian lokasi telaga biasanya berada di tengah-tengah alam yang membuat para pengunjungnya harus melakukan aktivitas fisik seperti berjalan kaki, mendaki, atau bahkan berenang untuk yang sudah mahir.

Aktivitas-aktivitas ini tentunya memberikan banyak manfaat untuk fisik tanpa terasa seperti berolahraga keras. Di Indonesia sendiri ada banyak telaga cantik yang bisa menjadi pilihan salah satunya Telaga Sunyi di Banyumas.

 

2 dari 4 halaman

Daya Tarik Telaga Sunyi

Seperti namanya Telaga Sunyi merupakan salah satu destinasi wisata alam yang cocok dikunjungi untuk menenangkan diri. Pasalnya wilayah di telaga ini tergolong sunyi dan mempunyai pemandangan alam yang mempesona.

Telaga Sunyi dikelilingi oleh sejumlah pepohonan yang rimbun dan pemandangan air yang sangat jernih. Diketahui sumber air Telaga Sunyi berasal dari mata air Gunung Slamet dan mempunyai air segar yang nikmat untuk berenang jika sudah mahir.

Selain pemandangannya yang cantik Telaga Sunyi juga mempunyai daya tarik perjalanannya yang menyenangkan. Untuk mengunjungi telaga ini para pengunjung akan berjalan kaki melewati pedesaan dengan pemandangan yang masih asri.

Kemudian setelah tiba di Telaga para pengunjung akan melihat dengan jelas bagaimana jernihnya air di Telaga Sunyi bahkan bisa melihat bagian dasarnya. Meskipun bisa terlihat jelas para pengunjung harus berhati-hati karena telaga ini memiliki kedalaman sekitar enam meter.

Bagi pengunjung yang tidak bisa berenang sangat tidak disarankan untuk masuk ke kolam kecuali ada pendamping. Pengelola juga akan mengingatkan wisatawan untuk tidak berenang ketika hujan turun.

3 dari 4 halaman

Mempunyai Air Terjun Kecil dan Spot Foto Menarik

Telaga Sunyi ternyata mempunyai aliran air terjun kecil yang berada di tengah kolamnya dan air terjun kecil tersebut hanya bisa dilihat ketika musim penghujan. Selain itu ketika kondisi telaga bukan di musim hujan para pengunjung bisa melakukan selfie di spot foto menarik.

Diketahui ada spot selfie underwater untuk pengunjung yang mahir berenang dan menyelam. Sementara untuk pengunjung yang tidak bisa berenang bisa berfoto di sekitar telaga karena tempatnya berada di tengah hutan yang masih asri.

Para pengunjung dapat berpohon dengan pohon damar dan pinus yang rimbun sehingga suasananya sangat sejuk dan sunyi. Kemudian juga terdapat gua yang terletak di sebelah kanan telaga yang hampir semua lantainya diselimuti dengan batuan lumut.

Untuk pengunjung yang ingin menyusuri gua tersebut bisa didampingi oleh pemandu profesional.

4 dari 4 halaman

Harga Tiket dan Rute ke Telaga Sunyi

Telaga Sunyi sudah menjadi salah satu tempat wisata alam yang sangat populer di Banyumas. Melansir dari ulasan Google tempat ini bahkan telah meraih rating 4.5 dari total 2.116 pengguna.

Pada tahun 2023 lalu harga tiket masuk ke Telaga Sunyi cukup terjangkau sekitar Rp 15.000 per orang. Fasilitas di tempat ini juga sudah cukup lengkap karena terdapat area parkir, kamar ganti, toilet, musala, hingga warung wisata.

Lokasi Telaga Sunyi berada di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Meskipun berada di kawasan Banyumas Telaga Sunyi populer disebut sebagai destinasi wajib di Purwokerto.

Telaga Sunyi buka setiap hari pada pukul 07.00 hingga 17.00 WIB dan menawarkan pesona telaga cantik yang mempesona. Para pengunjung bisa datang dari pusat kota atau Alun-Alun Purwokerto dengan menempuh jarak 16 km atau 35 menit perjalanan.

Sementara dari pusat kota Banyumas atau Alun-Alun Banyumas mempunyai jarak sekitar 27,8 km atau 55 menit perjalanan. Ketika tiba di tempat wisata ini para pengunjung harus memarkirkan kendaraannya lalu berjalan kaki sekitar 15 menit dari gerbang utama.