Sukses

Mengintip Indahnya Pantai Watu Karung, Pesona Alam Indah di Pacitan

Pantai Watu Karung menjadi salah satu pantai indah di Pacitan yang wajib untuk dikunjungi.

Liputan6.com, Bandung - Indonesia merupakan salah satu negara yang menyimpan banyak sekali wisata alam indah dan memesona. Salah satunya daerah Pacitan yang dikenal berada di ujung barat wilayah Provinsi Jawa Timur.

Pacitan terkenal sebagai daerah yang menyimpan wisata alam indah mulai dari gua eksotis hingga pantai yang memesona. Kota ini mempunyai banyak wisata alam menarik seperti Goa Gong, Pantai Klayar, hingga Pantai Watu Karung.

Melalui artikel ini akan dibahas tentang pesona indah Pantai Watu Karung yang berlokasi di Pringkuku, Ketro, Watukarung, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Lokasi pantainya berjarak sekitar 27 km dari pusat kota Pacitan.

Pantai ini terkenal dengan pesona pasir putihnya dengan pemandangan laut yang indah. Bahkan pasir putihnya berpadu satu dengan air laut yang jernih dan batu karang yang megah di sekitar pantainya.

Keindahan Pantai Watu Karung juga sering disebut sebut mirip dengan keindahan Raja Ampat. Pasalnya, pantai ini mempunyai karang dan ombak seperti pantai indah yang ada di Papua tersebut.

Selain terkenal karena keindahannya, Pantai Watu Karung menjadi destinasi wisata alam yang cukup terjangkau. Tempat wisata ini cocok dikunjungi bersama pasangan, keluarga, atau teman yang ingin menikmati pemandangan laut indah dan memesona.

Ketika ombak tidak terlalu tinggi para wisatawan bahkan bisa bersantai menikmati air dan melihat kehidupan laut di sekitarnya. Karang di sekitarnya juga bisa terlihat dengan jelas dari dekat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daya Tarik Pantai Watu Karung

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber Pantai Watu Karung menyimpan daya tarik yang beragam terutama keindahan alamnya. Pantai ini mempunyai pasir putih bersih hampir di sepanjang pantainya.

Kemudian air laut di pantai ini juga masih asri dan jernih sehingga terlihat cantik ketika berpadu dengan pasir putihnya. Selain itu pantai ini juga terkenal dengan ombak pantainya yang besar dan bisa mencapai ketinggian 4 meter.

Ketinggian ombak tersebut ternyata membuat pantai ini masuk dalam ombak kelas dunia. Banyak wisatawan mancanegara dan lokal yang mahir berselancar menjadikan Pantai Watu Karung sebagai lokasi menyalurkan hobinya. 

Selain berselancar, wisatawan lain bisa menikmati pemandangan sekitar dengan bersantai di pinggir pantai atau ketika air surut dapat melihat karang yang berjejer. Tentunya para wisatawan yang membawa anak bisa mengajak anaknya untuk bermain pasir putih tersebut.

3 dari 4 halaman

Harga Tiket dan Fasilitas Pantai Watu Karung

Saat ini, Pantai Watu Karung sudah mempunyai fasilitas yang lengkap terutama fasilitas umumnya. Dengan membayar tiket masuk sekitar Rp10.000 para wisatawan sudah mendapatkan pemandangan alam indah dan fasilitas yang lengkap.

Mulai dari fasilitas area parkir, musala, toilet, dan terdapat sejumlah penginapan hingga gazebo di tepi lautnya. Para wisatawan juga bisa memanjakan perut dan lidah dengan menyantap kuliner nikmat di warung makan sekitar.

Bahkan, penginapan di sekitar pantai ini juga cukup beragam mulai dari penginapan bernuansa desa yang asri dekat pantai, hingga penginapan homestay dengan harga yang terjangkau.

Kemudian untuk wisatawan yang mahir berselancar bisa menyewa perlengkapan berselancar atau perahu dan perlengkapan berenang di sejumlah toko yang ada di dekat pantai tersebut. Serta terdapat fasilitas lain yang bisa mendukung aktivitas berlibur semakin menyenangkan.

4 dari 4 halaman

Rute dan Lokasi ke Pantai Watu Karung

Pantai Watu Karung termasuk dalam salah satu pantai hidden gem atau surga tersembunyi di Pacitan. Pasalnya, pantai ini belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan dan masih mempunyai keindahan alam yang asri.

Lokasi pantai ini berada di Pringkuku, Ketro, Watukarung, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur dengan jam buka setiap hari selama 24 jam. Wisatawan yang datang dari pusat kota Pacitan bisa menempuh jarak sekitar 27 km atau 46 menit perjalanan.

Sementara wisatawan yang datang dari pusat kota Yogyakarta bisa menempuh jarak 107,2 km atau 3 jam lebih perjalanan. Untuk berkunjung ke pantai ini para wisatawan yang membawa kendaraan pribadi harus berhati-hati dalam membawa kendaraannya.

Pasalnya, untuk tiba di Pantai Watu Karung jalan yang dilalui akan menemui banyak tikungan tajam, jalan naik turun, serta lempengan batu cadas dengan jurang yang dalam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.