Sukses

6 Tips Merawat Rambut Rontok Secara Alami

Rambut rontok merupakan permasalahan yang sering terjadi pada seseorang. Berikut ini tips merawat rambut rontok secara alami.

Liputan6.com, Bandung - Rambut merupakan bagian tubuh yang dianggap sebagai mahkota untuk sebagian orang termasuk oleh pria atau wanita. Tentunya, rambut juga sama seperti bagian tubuh lainnya yang harus mendapatkan perawatan.

Merawat rambut dengan baik bisa membantu seseorang terlihat lebih rapi dan menarik. Rambut yang berkilau, lembut, sehat, dan terawat juga bisa meningkatkan rasa percaya diri pada seseorang

Selain itu merawat rambut tidak hanya soal penampilan tetapi juga bisa menjaga kesehatan secara keseluruhan. Pasalnya merawat rambut dapat menjaga kesehatan kulit kepala dan mencegah munculnya masalah seperti ketombe, kulit kepala kering, dan lain-lain.

Kemudian rambut yang tidak mendapatkan perawatan juga bisa mengalami permasalahan rambut rontok, kering, atau berminyak. Melalui artikel ini akan membahas tentang tips merawat rambut rontok.

Sebagai informasi rambut rontok termasuk jenis permasalahan yang umum terjadi dan bisa dialami oleh siapa saja. Biasanya ada beberapa faktor yang membuat seseorang mengalami masalah tersebut.

Misalnya ada faktor genetika atau keturunan, faktor stres fisik atau emosional yang memicu rontoknya rambut, terjadinya perubahan hormon pada tubuh seperti kehamilan, menopause, dan masalah lainnya.

Tidak jarang rambut rontok juga bisa disebabkan karena gizi yang buruk akibat kekurangan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh seperti protein, zat besi, atau vitamin tertentu. Rambut rontok juga bisa disebabkan karena penggunaan produk yang mengandung bahan kimia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Tips Merawat Rambut Rontok Secara Alami

Merawat rambut rontok bisa dilakukan dengan berbagai macam cara baik secara medis atau alami sendiri di rumah. Berikut ini adalah beberapa tips merawat rambut rontok secara alami dengan mudah:

1. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang populer untuk digunakan sebagai perawatan rambut alami. Pasalnya lidah buaya terkenal memiliki banyak kandungan bermanfaat mulai dari zat besi, protein, Vitamin A dan D, dan lain-lain.

Untuk memanfaatkan bahan alami tersebut bisa digunakan dengan menjadikannya masker rambut. Caranya dengan mengoleskan gel lidah buaya secara merata pada rambut dan kulit kepala lalu diamkan selama 15 menit dan bilas dengan bersih.

2. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun merupakan bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat rambut khususnya permasalahan rambut rontok. Minyak zaitun mengandung sejumlah manfaat baik mulai dari zat besi, kalsium, Vitamin A, C, D, E, dan K.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk perawatan rambut bisa digunakan sebagai masker rambut dengan mengoleskannya ke kulit kepala dan helaian rambut. Kemudian diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

3 dari 4 halaman

Berikutnya

3. Teh Hijau

Teh hijau dikenal sebagai tumbuhan herbal yang diyakini mengandung epigallocatechin-3-gallate (EGCG). Kandungan tersebut bisa membantu menghidupkan kembali folikel rambut dan merangsang pertumbuhan rambut.

Kemudian kandungan antioksidan yang dimilikinya dinilai dapat membantu melancarkan peredaran darah menuju rambut sehingga pertumbuhannya bisa lebih cepat. Cara memanfaatkan bahan ini bisa dengan menyiram seduhan teh hijau dalam cangkir ke rambut.

Selanjutnya diamkan dan tutup rambut dengan handuk selama 15 menit lalu dibilas bersih menggunakan air.

4. Yogurt

Yogurt tidak hanya nikmat disantap tetapi juga menyimpan banyak manfaat baik untuk kesehatan rambut. Yogurt mengandung kalsium, kalium, protein, dan vitamin D yang bisa menutrisi dan menguatkan akar rambut.

Melansir dari Siloam Hospital bahan ini bisa dimanfaatkan sebagai perawatan rambut dengan cara mengoleskannya ke seluruh permukaan kulit kepala dan rambut. Kemudian diamkan sekitar 30 menit sebelum dibersihkan dengan shampo dan air bersih.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

5. Mengonsumsi makanan sehat

Selain merawat rambut dari luar kita juga perlu merawatnya dari dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat. Makanan sehat tidak hanya berdampak baik untuk kesehatan tubuh tetapi juga rambut.

Misalnya saja mengonsumsi makanan yang mengandung protein, zat besi, omega-3, dan vitamin seperti A, C, dan E bisa merawat rambut dari dalam. Kandungan tersebut bisa ditemukan dalam beberapa makanan seperti ikan, telur, buah-buahan, dan lain-lain.

6. Berkonsultasi dengan ahlinya

Ketika seluruh perawatan tidak berhasil mengatasi rambut rontok tentunya cara terakhir yang bisa dilakukan adalah berkonsultasi dengan ahlinya yaitu dokter. Biasanya ada kondisi yang membuat rambut rontok tidak kunjung sembuh.

Dengan berkonsultasi pada dokter bisa membantu kita dalam memahami perawatan dan tindakan apa yang harus dipilih. Biasanya konsultasi bisa dilakukan pada dokter spesialis dermatologi (kulit).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.