Sukses

Transparansi Seleksi Taruna Akpol Diragukan, Polda NTT Angkat Bicara

Dari nama-nama yang diumumkan hanya ada satu putra daerah NTT

Liputan6.com, Jakarta - Polda NTT membantah jika seleksi Catar Akpol Panda Polda NTT Tahun 2024 disebut penuh dengan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

Kabid Humas Polda NTT, Kombes Pol Ariasandy menegaskan, seleksi calon taruna Akpol Panda Polda NTT Tahun 2024 dilakukan transparan, karena diawasi secara ketat oleh Mabes Polri maupun tim pengawas eksternal.

"Untuk pelaksanaan seleksi sangat ketat dan transparan, karena diawasi secara ketat baik dari Polda maupun Mabes dan juga dari external, jadi tidak betul apabila dikatakan ada permainan," ujarnya, Selasa 9 Juli 2024.

Menurut Ariasandy, semua proses pendaftaran bersifat terbuka sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan. Pihaknya telah bekerja sesuai aturan yang berlaku dan diawasi secara ketat oleh tim internal, serta eksternal.

"Polda NTT dan Mabes Polri sudah bekerja sesuai dengan aturan dan diawasi oleh pengawas eksternal maupun internal. Sehingga, tidak ada satu pun yang namanya "titipan", jelasnya.

"Pendaftaran Akpol itu bersifat terbuka siapa saja boleh mendaftar asalkan sesuai dengan persyaratan yang sudah ditentukan. Hasil pelaksanaan seleksi sesuai dengan hasil penilaian masing-masing peserta seleksi," tambah Ariasandy.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hanya 1 Putra Daerah yang Lolos

Sebelumnya, sebanyak 11 orang Calon Taruna (Catar) Akademi Kepolisian (Akpol) asal Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur (NTT), telah diumumkan dan dinyatakan lulus terpilih oleh Panitia Daerah (Panda).

Sebelas Catar Akpol yang dinyatakan lulus ini banyak menuai kritikan, karena dari nama-nama yang diumumkan hanya ada satu putra daerah NTT. Sedangkan sisanya mayoritas bermarga Batak, Sulawesi Utara.

Kepala Ombudsman NTT, Darius Beda Daton menilai seleksi Taruna Akpol ini tidak memihak kepada warga NTT.

Ia mengaku, pihaknya tidak dilibatkan dalam seleksi sehingga kurang tahu proses awal perekrutan. Namun dia menilai jika Catar Akpol NTT diisi orang luar, makan tidak perlu seleksi itu dilakukan di Polda NTT.

"Kami tidak dilibatkan sejak awal seleksi sehingga kurang tau proses awalnya seperti apa. Biasanya melibatkan pengawas eksternal dalam seleksi seperti ini agar transparan," ujarnya.

Berikut ini nama-nama Catar asal Panda Polda NTT TA. 2024:

1. Yudhina Nasywa Olivia (Wanita)

2. Arvid Theodore Situmeang

3. Reynold Arjuna Hutabarian

4. Mario Christian Bernalo Tafui

5. Bintang Lijaya

6. Ketut Arya Adityanatha

7. Brian Lee Sebastian Manurung

8. Timothy Abishai Silitonga

9. Mochammad Rizq Sanika Marzuki

10. Madison Juan Raphael Kana Silalahi

11. Lucky Nuralamsyah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.