Sukses

Resmikan Gedung Jokowi Learning Center, Joko Widodo: Indonesia Butuh SDM Unggul

Presiden mengapresiasi inisiatif pembangunan sekolah dengan fasilitas dan lingkungan yang mendukung proses pembelajaran di seluruh daerah di Tanah Air, seperti SMA Kebangsaan.

Liputan6.com, Lampung - Usai meresmikan Gedung Jokowi Learning Center (JLC) SMA Kebangsaan, Lampung Selatan, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa pentingnya mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) unggul sejak masa sekolah dalam menghadapi persaingan global. Menurut Jokowi, infrastruktur yang baik didukung dengan SDM unggul akan dapat meningkatkan peringkat daya saing Indonesia di dunia. 

"Karena apapun SDM-SDM unggul ini kita perlukan dalam rangka kompetisi, dalam rangka persaingan antarnegara. Infrastruktur kita sebaik apapun tapi kalau SDM kita jelek, enggak baik nanti di ranking kelihatan," ucap Jokowi di peresmian Gedung JLC SMA Kebangsaan, Lampung Selatan, Kamis (11/7/2024).

Dia menyampaikan bahwa peringkat daya saing Indonesia telah naik level menjadi peringkat 27 pada tahun 2024. Meski demikian pada dua aspek penting yaitu kesehatan dan pendidikan, Presiden Jokowi menyebut ranking Indonesia masih berada di angka 50-an.

"Untuk pendidikan dan kesehatan, ranking kita masih di angka di 57, 58. Padahal di world competititveness, ranking kita sudah berada di angka 27, sangat bagus,” sebutnya.

Untuk itu, Presiden mengapresiasi inisiatif pembangunan sekolah dengan fasilitas dan lingkungan yang mendukung proses pembelajaran di seluruh daerah di Tanah Air, seperti SMA Kebangsaan. 

“Kita ingin menjadi negara yang cepat dengan SDM-SDM yang menguasai semuanya, teknologi, inovasi semuanya,” imbuhnya.

Selain meresmikan Gedung Jokowi Learning Center (JLC) SMA Kebangsaan, pada kesempatan itu Presiden juga sempat meninjau fasilitas pendidikan. Presiden Jokowi juga tampak menanam pohon mahoni.

Dalam kunjungannya, Jokowi didampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Pj. Gubernur Lampung Samsudin, dan Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.