Sukses

Mengenal Tepi Danau, Wisata Healing di Bandung Barat untuk Libur Akhir Pekan

Tepi Danau merupakan salah satu wisata alam menarik yang ada di Bandung Barat. Tempat ini cocok dijadikan destinasi healing atau liburan di akhir pekan.

Liputan6.com, Bandung - Wisata alam masih menjadi salah satu destinasi yang terkenal untuk melakukan healing atau penyembuhan diri baik secara fisik dan mental. Pasalnya, keindahan alam dipercaya mampu membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Alam terbuka yang menawarkan suara alam indah seperti gemericik air, kicauan, burung, hingga angin yang berembus memberikan efek yang menenangkan. Bahkan, pemandangan alam yang hijau dan segar bisa membantu pikiran dan tubuh menjadi lebih rileks.

Selain terkenal sebagai tempat healing menikmati waktu, berlibur ke alam juga bisa membantu tubuh melakukan sejumlah aktivitas fisik. Seperti berjalan kaki, hiking, atau berenang di alam terbuka.

Bahkan, udara segar yang ada di alam menjadi poin penting untuk menunjang pernapasan yang sehat. Adapun secara mental menikmati keindahan alam dapat meningkatkan suasana hati dan kesehatan mental secara keseluruhan.

Sejumlah penelitian sering menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di alam dapat meningkatkan kebahagiaan, mengurangi gejala depresi, hingga meningkatkan kreativitas. Alam menawarkan tempat untuk merenung dan mendapatkan perspektif baru dalam hidup.

Saat ini, wisata alam bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia bahkan wisatanya mulai bervariasi. Di Bandung Barat sendiri ada salah satu tempat wisata alam baru dan modern yang dikenal dengan nama Tepi Danau.

Danau tersebut diketahui berasal dari lubang tambang bekas galian pasir di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Tempatnya diubah menjadi danau cantik yang cocok untuk lokasi healing atau berlibur bersama keluarga di akhir pekan.

Diketahui danaunya terbentuk dari bekas lubang tambang yang kemudian menampung air hujan sampai membentuk sebuah danau yang mempesona. Saat ini ada banyak fasilitas menarik yang bisa dinikmati oleh wisatawan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daya Tarik Tepi Danau

Tepi Danau Bandung mempunyai banyak daya tarik, pasalnya tempat ini menawarkan keindahan danau dengan pemandangan yang memukau. Tempatnya populer sebagai wisata untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, anak, pasangan, atau healing sendiri.

Tempat ini menawarkan berbagai fasilitas dan wahana menarik terutama wahana airnya yang beragam. Melansir dari media sosial resminya Tepi Danau memiliki sejumlah wahana air seperti perahu naga, sepeda air, hingga bebek listrik atau bus listrik.

Wahana tersebut dapat membawa wisatawan melihat keindahan sekitar danau dan bukit hijau yang mengelilinginya. Selain wahana air terdapat juga wahana darat berupa mini zoo yang bisa mengajak wisatawan memberi makan hewan dan melihat satwa seperti domba atau kelinci.

Kemudian terdapat spot duduk santai yang bisa dinikmati untuk mengonsumsi makanan atau minuman sambil menikmati pemandangan indah danaunya.

3 dari 4 halaman

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Tepi Danau

Harga tiket masuk ke tempat wisata ini cukup terjangkau sekitar Rp20.000 per orang baik saat akhir pekan atau hari biasa. Mengutip dari media sosialnya wisatawan yang ingin menaiki fasilitas wahana bisa membayar tarif yang berbeda-beda.

Untuk menaiki wahana darat seperti mobil-mobilan dikenakan tarif Rp40 ribu per orang, sewa sepeda anak sekitar Rp20 ribu per orang, dan memberi makan hewan dibanderol dengan harga Rp30 ribu per orang.

Sementara untuk wahana air seperti sepeda air dibanderol dengan harga Rp30 ribu per orang, bus listrik Rp35 ribu per orang, dan wahana perahu naga sekitar Rp30 ribu per orang. Para pengunjung yang menaiki wahana air wajib mengenakan life jacket yang diberikan oleh pengelola.

Fasilitas di tempat wisata ini juga sudah lengkap dan dikelola dengan baik mulai dari area parkir yang luas, toilet, musala, wahana permainan air, mini zoo & farm, area bermain anak, hingga restoran.

4 dari 4 halaman

Lokasi dan Rute ke Tepi Danau

Melansir dari ulasan Google tempat wisata ini sudah dikunjungi oleh cukup banyak wisatawan dan telah meraih rating 4.5 dari total 1.023 ulasan pengguna. Lokasi Tepi Danau berada di kawasan Kota Baru Parahyangan tepatnya di Wahoo Waterworld.

Lebih jelasnya lagi tempat wisata ini berada di Jayamekar, Kec. Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 09.00 hingga 18.00 WIB. Lokasinya juga dapat diakses dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi atau umum.

Diketahui tempat wisata ini berjarak sekitar 27,7 km dari alun-alun kota Bandung atau menempuh sekitar 1 jam 4 menit perjalanan. Sementara dari stasiun Padalarang atau Stasiun KCIC Padalarang memiliki jarak 7,1 km atau 17 menit perjalanan.

Kemudian untuk wisatawan yang mungkin berasal dari pusat kota Jakarta bisa menempuh jarak sekitar 142,7 km atau 2 jam 46 menit perjalanan menggunakan roda empat jika kondisi jalanan lancar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini