Sukses

Kaesang Pangarep Siap Jadi Juru Kampanye Helmi-Yudi dalam Pilkada Garut 2024

Siapa pun pasangan yang didukung PSI bisa dipastikan Mas Kaesang bakal turun menjadi juru kampanyenya.

Liputan6.com, Garut - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep, siap menjadi juru kampanye (jurkam) bakal calon (bacalon) Helmi Budiman-Yudi Nugraha Lasminingrat (YNL), dalam perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Garut 2024.

“Siapa pun pasangan yang didukung PSI bisa dipastikan Mas Kaesang bakal turun menjadi jurkam kampanyenya," ujar Ketua Ketua Bappilu PSI Jabar Widi Nugroho, kepada wartawan di Garut, Kamis (11/7/2024) petang.

Menurutnya, keputusan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal menjadi jurkam bagi pasangan Incumbent (Petahana) Helmi Budiman, didasari kesuksesan balon Helmi Budiman-YNL mendapatkan tugas dari DPP PSI dalam Pilkada Serentak 2024 di Garut.  

“Secara administratif keduanya (Helmi Budiman dan YNL) sudah melalui Fit and Proper Test di PSI, jadi tidak asal by pass langsung ke DPP,” papar dia.

Dalam pertemuan yang dilakukan Selasa (9/7/2024) lalu, keduanya mendapatkan kesempatan bertemu Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep, setelah sebelumnya menyampaikan keinginan mereka melalui desk Pilkada PSI Jawa Barat, nyalon di Pilkada Garut 2024.

“Akhirnya sekitar pukul 17.00 WIB surat tugas kami berikan dan menugaskan untuk melakukan hal terbaik dalam pilkada Garut,” kata dia.

Widi menyatakan, secara administratif Helmi Budiman-YNL memenuhi kriteria untuk mendapatkan dukungan dari PSI dalam pilkada Garut 2024.

“Konteksnya saat ini PSI belum mendukung keduanya sebagai calon bupati dan wakil bupati, tetapi mendukung keduanya maju di Pilkada Garut 2024,” kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masih Terbuka Koalisi

Hal senada disampaikan Ketua DPC PSI Garut Ramlan Gumelar. Menurutnya, bakal calon Helmi Budiman-YNL dinilai layak mendapat dukungan PSI setelah keduanya dinyatakan lolos proses administratif partai.

“Alhamdulillah keluar penugasan buat Helmi dan Yudi untuk Pilkada Garut 2024,” kata dia.

Sebagai partai pendatang serius dalam konstelasi politik nasional, kehadiran PSI yang digawangi Kaesang Pangarep, cukup mendapatkan perhatian luas masyarakat tanah air.

Khusus Pilkada Garut 2024 yang akan berlangsung November mendatang, dukungan PSI diharapkan memberikan efek kejut positif bagi bakal calon yang diusung.

“Konteksnya kita adalah pendukung bukan pengusung, tetapi seluruh tahapannya dalam pilkada Garut ini kita telah lakukan,” kata dia.

Ramlan menampik jika dukungan politik yang diberikan bagi bakal calon Helmi Budiman-YNL di Pilkada Garut 2024 terkesan prematur dan terburu-buru.

“Prematur atau tidak tahapan ini sudah dilakukan, sehingga dengan dukungan ini kami masih memiliki waktu untuk konsolidasi dan strategi pemenangan,” kata dia.

Meskipun demikian, kedua bakal calon tetap memiliki hak untuk membuka politik dengan partai lainnya dalam proses pemenangan mereka ke depan.

“Pada dasarnya politik itu dinamis, siapa pun bakal calon yang memiliki visi dan misi dengan PSI dalam memajukan Garut kita dukung,” Widi menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.