Sukses

Fakta Menarik Pulau Samosir, Terdapat Ritual Mangokal Holi

Konon, Pulau Samosir terbentuk akibat letusan Gunung Toba puluhan ribu tahun silam. Terbentuknya pulau ini tidak muncul begitu saja, melainkan muncul perlahan setelah ribuan tahun akibat aktivitas vulkanik.

Liputan6.com, Medan - Pulau Samosir terletak di tengah Danau Toba, Sumatra Utara. Pulau Samosir memiliki beberapa fakta menarik, termasuk adanya ritual unik yang disebut mangokal holi.

Konon, Pulau Samosir terbentuk akibat letusan Gunung Toba puluhan ribu tahun silam. Terbentuknya pulau ini tidak muncul begitu saja, melainkan muncul perlahan setelah ribuan tahun akibat aktivitas vulkanik.

Berikut beberapa fakta menarik Pulau Samosir seperti dikutip dari kemenparekraf.go.id:

1. Pulau Terbesar Kelima

Pulau Samosir memiliki luas mencapai 63.000 hektare atau sekitar 640 km persegi. Tak heran, jika pulau ini masuk sebagai salah satu pulau terbesar di dunia. Pulau ini menempati posisi pulau terbesar kelima untuk kategori pulau di tengah danau.

2. Budaya

Pulau Samosir kental dengan budaya yang terus dilestarikan secara turun-temurun. Masyarakat sekitar masih kerap menggelar beberapa seni pertunjukan, salah satunya sigale-gale.

Kesenian tersebut ditampilkan saat upacara kematian. Konon, sigale-gale dipercaya dapat mengantarkan arwah mendiang keluarga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ritual Unik

3. Ritual Unik

Tak hanya budaya, Pulau Samosir juga memiliki ritual unik. Ritual ini menjelma menjadi kepercayaan turun-temurun yang masih dilestarikan sampai sekarang.

Salah satu ritual yang ada di Pulau Samosir adalah ritual mangokal holi atau tradisi memindahkan tulang tengkorak leluhur sebagai bentuk penghormatan. Tradisi ini dilakukan dengan cara membongkar makam jenazah yang telah lama meninggal dunia untuk kemudian menempatkan tulang-tulang mereka di sebuah tugu.

Tradisi mangokal holi dipercaya dapat mendekatkan arwah leluhur ke Sang Pencipta. Selain itu, tradisi ini juga bertujuan untuk menyatukan jasad seluruh anggota keluarga.

4. Wisata Alam

Tak hanya kekayaan budaya dan ritual tradisonalnya, Pulau Samosir juga populer dengan keindahan wisata alam yang memukau. Salah satu destinasi wisata yang cukup populer di Pulau Samosir adalah Bukit Holbung atau Bukit Teletubbies.

Destinasi tersebut menawarkan hamparan rumput hijau yang luas. Lokasi yang sangat cocok untuk menikmati keindahan Danau Toba dari ketinggian.

Selain itu, ada juga Desa Wisata Lumban Suhi-Suhi yang hanya berjarak sekitar 48 menit perjalanan dari Bukit Holbung. Desa tersebut merupakan tempat para perajin kain ulos.

5. Wisata Sejarah

Selain wisata alam, Pulau Samosir juga memiliki wisata sejarah yang bisa dijadikan pilihan destinasi wisata, salah satunya Museum Huta Bolon. Terdapat banyak peninggalan Suku Batak Toba yang bisa ditemukan di museum ini, mulai dari senjata perang masa lampau, mainan tradisional, hingga kain ulos berbagai motif.

(Resla)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini