Sukses

Biar Tak Stres Jalani Hukuman, Lapas Maros Ajak Warga Binaan Senam Bareng

Ini salah satu upaya yang dilakukan Lapas Maros agar warga binaannya tampak bugar dan tak mudah stres.

Liputan6.com, Maros Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Maros (Lapas Maros) kembali melaksanakan kegiatan senam pagi yang rutin dilaksanakan di lapangan Kelas IIB Maros, Sabtu (13/7/2024).

Kalapas Maros, Ali Imran mengatakan, senam pagi merupakan salah satu aktifitas fisik guna menjaga kebugaran dan kesehatan. 

Kegiatan ini juga, kata dia, dapat menjaga fungsi otak, mencegah pikun dan mengurangi stres serta membuat lebih bahagia karena melepaskan hormon endorphine. 

"Dengan suasana senang, WBP mengikuti kegiatan senam dengan rapi dan tertib," ucap Ali.

Ia menyebutkan, senam kali ini dipandu oleh 5 orang instruktur yang berpengalaman dengan gerakan-gerakan senam yang dirancang untuk menjaga kebugaran WBP.

"Para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dituntut agar selalu dalam keadaan sehat dan prima, salah satunya dengan melaksanakan senam pagi secara rutin," terang Ali.

Lebih lanjut, ia mengatakan, kegiatan olahraga salah satu program pembinaan di antara berbagai program pembinaan yang ada.

Program-program pembinaan, sebut Ali, dirancang tidak hanya memberikan pengetahuan dan keterampilan ke warga binaan akan tetapi mendukung kesejahteraan mereka selama menjalani masa pidana. 

"Diharapkan setelah menyelesaikan masa pidana dan kembali ke masyarakat dengan kondisi yang lebih baik," kata Ali.

Menurutnya, senam sangat penting dalam menjaga kesehatan mental WBP serta menjaga kesehatan fisik.

"Selain itu juga, senam dapat membantu dalam pemulihan dan menjaga kesehatan mental. Senam memberikan manfaat untuk mengurangi stres dan meningkatkan kepercayaan diri," tutur Ali.

Lapas Maros, kata dia, akan terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan dan pembinaan yang baik ke WBP utamanya dalam segi kesehatan, untuk mempersiapkan diri untuk masa depan yang lebih baik nantinya.

Di tempat yang sama, M. Al Baqir selaku Kasi Binadik dan Kegiatan Kerja menyampaikan pentingnya rutin melakukan senam agar WBP dapat menjaga kesehatannya.

“Warga Binaan harus selalu dalam keadaan prima dengan rutin melaksanakan olahraga pagi dan menjaga kebersihan tubuh, dengan tubuh yang sehat maka proses transfer informasi dalam rangka pembinaan akan lebih mudah," ucap Baqir.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.