Sukses

Teken MoU, Adhya Group dan PPKD Jaksel Gelar Pelatihan MTU Tata Boga

Kerja sama ini merupakan yang pertama kali antara Adhya Group dan PPKD Jaksel

Liputan6.com, Jakarta - Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta Selatan bersama Adhya Group menggelar pelatihan Mobile Training Unit (MTU) Tata Boga di Tengah, People & Place Adhya Business Center Jalan Bang Pitung, Jakarta Barat, pada Kamis (18/7/2024). 

Pelatihan ini dibuka langsung oleh Kepala PPKD Jakarta Selatan Budi Karlia Setiyanto dan Chief Human Resource Adhya Group Petrus Loo, serta dihadiri oleh Strategic Division Head Adhya Group Ricky Noverto, Corporate Operation Officer Moch Daud dan Kepala SMKN 30 Sri Endang Rahayu. 

Chief Human Resources Adhya Group, Petrus Loo menjelaskan bahwa kerja sama ini merupakan yang pertama kalinya dengan pihak PPKD Jakarta Selatan. Pelatihan ini diikuti 20 peserta yang terdiri dari alumni SMKN 30 dan umum. 

"Ini pertama kalinya kami bekerja sama dengan PPKD. Diikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari siswa SMKN 30 dan tenaga kerja Adhya Group," kata Petrus, Kamis (18/7/2024). 

Petrus menjelaskan bahwa kerja sama di bidang tata boga ini menjadi kolaborasi yang saling menguntungkan kedua belah pihak lantaran salah satu pilar bisnis Adhya Group adalah Food and Beverage (F&B)

"Salah satu program pelatihan yang kita coba jalankan itu adalah tata boga. Kemudian tata boga inilah yang kemudian berhubungan dengan industri kita," jelasnya. 

Pelatihan tata boga ini, lanjut Petrus, tentu bagian dari upaya pemerintah daerah untuk menekan angka pengangguran di wilayahnya. Ia pun meyakini kerja sama ini akan menjadi titik temu antara perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dengan para pencari kerja. 

'Tentu ini sebuah sinergi, yang mana kita sering kesulitan untuk mencari tenaga yang kita butuhkan, sedangkan di luar sana mengatakan bahwa yang nganggur itu banyak," ungkapnya. 

2 dari 2 halaman

Kerja Sama Jangka Panjang

Petrus berharap kerja sama ini bisa menjadi awal dari kolaborasi antara Pemkot Jakarta Selatan dan Adhya Group. Ia mengaku saat ini pihaknya tengah mendiskusikan beberapa kerja sama lanjutan. 

Apalagi Adhya Group merupakan Holding Company yang mengelola lebih dari 70 perusahaan dan lebih dari 70 brand berbagai industri. Selain F&B, Adhya Group juga memiliki beberapa pilar usaha di antaranya Pilar Creative & Entertaintment, Pilar Property & Hospitality, Pilar Retail & Placemaking serta Pilar Distribusi & Industrial. 

"Termasuk mereka menawarkan tenaga kerja yang dilatih adalah disabilitas dan kita tidak masalah dengan hal itu. Yang jelas kita harapkan kerja sama ini bisa berkesinambungan," dia memungkasi. 

Terpisah, Kepala PPKD Jakarta Selatan, Budi Karlia Setiyanto, menjelaskan bahwa pelatihan ini akan dimulai 29 Juli 2024, dimana peserta pelatihan MTU kejuruan tata boga merupakan calon karyawan Adhya Group yang sebelumnya sudah lolos seleksi, terdiri dari alumni SMKN 30 dan umum. 

"Setelah menyelesaikan pelatihan para peserta berkesempatan untuk ditempatkan di outlet-outlet F&B milik Adhya Group seperti Roti Romi dan Rojo Sambel," kata Budi dalam keterangannya. 

Dalam kesempatan ini, Kepala PPKD Jakarta Selatan bersama Chief Human Resources Officer Adhya Group menandatangani Perjanjian Kerjasama tentang pelatihan kerja dan penempatan kerja. 

 

Simak juga video pilihan berikut ini: