Sukses

Heboh Wilayah Gibraltar, Berikut Profil dan Fakta Menariknya

Wilayah Gibraltar belakangan ini jadi sorotan publik usai salah satu pemain Spanyol membuat tindakan heboh. Berikut profil singkat serta sejumlah fakta menariknya.

Liputan6.com, Bandung - Wilayah Gibraltar belakangan tengah menjadi sorotan publik usai Timnas Spanyol merayakan juara Euro 2024. Diketahui perayaan tersebut membuat sejumlah warga Gibraltar jengkel.

Melansir dari beberapa sumber usai menjuarai Piala Eropa 2024 negara Spanyol berhasil pulang membawa kemenangan. Atas pencapaian tersebut negara ini mulai merayakan acara besar-besaran yang meriah.

Para pemain bahkan diarak keliling kota Madrid hingga diterima di Istana Kerajaan Spanyol dan terakhir merayakan kemenangan di Plaza de Cibeles. Para pemain juga turut berdiri di atas panggung dengan meriah.

Adapun kehebohan terjadi usai salah satu pemain asal Spanyol, Rodri mengajak para suporter menyanyikan sebuah chant yang menyebutkan bahwa wilayah Gibraltar merupakan bagian dari Spanyol.

“Gibraltar adalah bagian dari Spanyol,” ucapnya.

Pada momen tersebut sejumlah penonton terlihat bersorak dan menyanyikan chant tersebut. Kapten Spanyol, Alvaro Morata juga sampai menegur Rodri dengan kata-kata bahwa ia merupakan pemain di Inggris.

“Bukankah kamu main di Inggris?” tanyanya.

Rodri sendiri menjawab pertanyaan tersebut dengan santai dan mengatakan bahwa ia tidak peduli dengan hal tersebut. Namun sayangnya tindakan Rodri ternyata membuat geram sebagian warga di Gibraltar dan saat ini wilayah tersebut jadi sorotan publik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perdebatan Panjang dan Membuat Warga Murka

Sebagai informasi, sampai saat ini negara Spanyol dan Kerajaan Inggris masih berebut status sebagai pemilik sah Gibraltar. Diketahui secara sah Gibraltar merupakan bagian dari Kerajaan Inggris namun Spanyol membantah hal tersebut.

Spanyol juga sempat menyebut Inggris telah merebut dan meminta Gibraltar segera dikembalikan. Sementara itu, Gibraltar sendiri sudah dua kali menolak untuk bersatu dengan Spanyol pada referendum 1967 dan 2002.

Wilayah tersebut diketahui berbatasan dengan Andalusia dan telah mengurus negaranya sendiri meski sejumlah hal mulai dari pertahanan hingga hubungan luar negerinya merupakan tanggung jawab pemerintahan Inggris.

Melihat sejarah panjang tersebut kini hampir sebagian besar warga Gibraltar ternyata murka dengan tindakan Rodri. Bahkan, Federasi sepak bola Gibraltar menyebutkan tindakan Rodri sebagai tindakan provokatif dan menghina.

Mengutip dari The Daily Star Federasi sepak bola Gibraltar juga mengajukan keluhan resmi kepada badan sepak bola Eropa UEFA. Pihaknya juga menuturkan bahwa tindakan tersebut tidak boleh ada di sepak bola.

“Sepak bola tidak punya tempat untuk perilaku seperti itu” ucapnya.

3 dari 4 halaman

Profil Wilayah Gibraltar

Gibraltar merupakan salah satu wilayah yang berada di seberang laut Britania Raya. Wilayahnya berada di semenanjung yang cukup sempit di Pantai Mediterania dan berada di sebelah selatan Spanyol atau sebelah timur laut selat Gibraltar.

Mengutip dari Britannica wilayahnya berada di sisi timur teluk Gibraltar atau Teluk Algeciras dan berbatasan langsung dengan kota La Linea, Spanyol. Wilayah Gibraltar mempunyai panjang mencapai 3 mil (5 km) dengan lebar 0,75 mil (1,2 km).

Wilayah ini terhubung ke Spanyol melalui tanah genting berpasir sepanjang 1 mil atau 1,6 km. Gibraltar juga dikenal sebagai wilayah yang dijadikan pangkalan udara dan markas Angkatan Laut Inggris.

Lokasinya terkenal sangat strategis karena berstatus sebagai satu-satunya pintu masuk dari Samudra Atlantik menuju Laut Mediterania.

4 dari 4 halaman

Fakta Menarik Wilayah Gibraltar

Melansir dari beberapa sumber berikut ini sejumlah fakta menarik dari wilayah Gibraltar:

1. Dikenal sebagai pangkalan laut dan angkatan udara Inggris

Seperti dijelaskan sebelumnya Gibraltar sampai saat ini dikenal sebagai wilayah yang dijadikan pangkalan udara dan markas Angkatan Laut Inggris. Tempatnya juga dijaga ketat karena menjadi lokasi strategis sebagai satu-satunya pintu masuk dari Samudera Atlantik ke Laut Mediterania.

2. Berkewarganegaraan Inggris

Para penduduk di Gibraltar pada 1981 diberi kewarganegaraan Inggris penuh dan warganya yang berusia 18 tahun atau lebih dan warga sipil Inggris yang menetap selama lebih dari enam bulan berhak memilih.

3. Kuliner Gibraltar

Berdasarkan situs TasteAtlas wilayah Gibraltar memiliki salah satu hidangan nasional yang khas bernama Calentita. Makanan tersebut diolah dengan cara dipanggang dalam oven dan terlihat mirip dengan pizza tepung gelap tanpa topping.

Namun perbedaannya makanan ini selalu disajikan panas dan berbahan dasar dari tepung buncis, air, minyak zaitun, dan bumbu garam hingga lada hitam. Diketahui resep makanannya muncul pada abad ke-16 ketika para migran Genoa membawa resep tersebut ke Gibraltar.

4. Wisata di Gibraltar

Lokasinya yang strategis menjadikan wilayah ini juga memiliki wisata unik dan menarik untuk dikunjungi. Salah satunya The Rock of Gibraltar yang dikenal sebagai gunung kapur tempat wisatawan dapat melihat pemandangan indah dari dua benua.

Wisatawan yang mengunjungi tempat ini bahkan bisa melihat negara Maroko dengan jelas dari ketinggian. Serta terdapat wisata lainnya yang menarik untuk dikunjungi para wisatawan di Gibraltar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini