Sukses

6 Fakta Menarik 'Catatan Harian Menantu Sinting', Film Baru Raditya Dika dan Ariel Tatum

Film komedi romansa "Catatan Harian Menantu Sinting" telah resmi tayang di seluruh bioskop pada Kamis (18/7/2024). Berikut sederet fakta menarik yang harus diketahui.

Liputan6.com, Bandung - Film “Catatan Harian Menantu Sinting” telah resmi tayang di seluruh bioskop Indonesia sejak Kamis (18/7/2024). Film ini mengangkat genre drama, komedi, dan romansa yang menarik.

Film ini juga mengandeng sederet artis dan aktor populer Indonesia mulai dari Raditya Dika, Ariel Tatum, hingga Raline Shah. Diketahui filmnya diproduksi oleh rumah produksi Soraya Intercine Films.

Sementara filmnya digarap oleh sutradara kondang Sunil Soraya yang dikenal sebagai sutradara film Tenggelamnya Kapal Van der Wijck (2013) hingga film Apa Artinya Cinta? (2005).

Catatan Harian Menantu Sinting diadaptasi dari novel berjudul sama karya Rosi L. Simamora. Adapun untuk penulisan naskahnya digarap oleh penulis Donna Rosamayna yang dikenal sebagai penulis film dan serial Indonesia.

Film ini mengangkat premis cerita tentang sepasang suami istri asal Batak bernama Minar dan Sahat. Melalui film tersebut, aktor sekaligus komedian Raditya Dika berperan sebagai karakter bernama Sahat.

Kemudian Ariel Tatum berperan sebagai Minar yang merupakan istri dari karakter yang diperankan oleh Raditya Dika. Sebelumnya, Raditya Dika sempat menuturkan bahwa dalam film ini sosoknya akan berbeda dengan filmnya yang lain.

Melalui trailernya, banyak penggemar Raditya Dika terkejut dengan karakternya tersebut. Tentunya banyak penggemar yang telah menantikan film ini terutama untuk melihat kisah dari filmnya.

Berdasarkan informasi dari sejumlah sumber, berikut ini fakta menarik yang telah dirangkum tentang film “Catatan Harian Menantu Sinting”.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Fakta Menarik Film Catatan Harian Menantu Sinting

1. Sinopsis Catatan Harian Menantu Sinting

Melansir dari situs CGV film Catatan Harian Menantu Sinting mengangkat kisah film drama dan komedi romansa yang menarik. Kisahnya menceritakan tentang hubungan pasangan suami istri baru bernama Sahat (Raditya Dika) dan Minar (Ariel Tatum).

Setelah menikah, keduanya harus tinggal bersama sang mertua (Lina Marpaung) dan mengawali hari dengan penuh cinta serta kasih sayang. Namun beberapa waktu kemudian hari-hari bahagia tersebut perlahan mulai diuji.

Sahat dan Minar harus berjuang keras untuk bisa keluar dari rumah orang tuanya tersebut. Namun, keinginan tersebut sulit untuk dilakukan karena ibu dari Sahat tidak memperbolehkan Sahat dan Minar pindah rumah sebelum memberikannya cucu laki-laki.

Lantas bagaimana perjalanan kedua pasangan suami istri tersebut? Bisakah keduanya pindah sebelum memberikan mertuanya seorang cucu laki-laki?

2. Diadaptasi dari novel

Catatan Harian Menantu Sinting merupakan film yang diadaptasi dari sebuah novel populer. Novel tersebut mempunyai judul yang sama dengan filmnya dan merupakan karya penulis Rosi L Simamora.

Novel tersebut rilis pada tahun 2018 dan berhasil masuk dalam kategori “Best Seller”. Pasalnya cerita novelnya terkenal unik dan mempunyai kisah yang menarik untuk para pembaca.

3 dari 4 halaman

Fakta Berikutnya

3. Menampilkan Budaya Batak

Film Catatan Harian Menantu Sinting menampilkan sederet kebiasaan hingga tradisi dari budaya Batak. Para penonton juga akan melihat bagaimana proses pernikahan ala Batak lengkap dengan tradisinya.

Tentunya film ini juga menampilkan bagaimana kebiasaan keluarga Batak dan kisah tentang kehidupan rumah tangganya. Kehadiran film ini juga diharapkan bisa mencapai kesuksesan sama seperti film yang mengangkat budaya Batak lainnya seperti film Ngeri-Ngeri Sedap hingga Agak Laen.

4. Dibintangi sederet aktor dan artis populer

Catatan Harian Menantu Sinting tidak hanya menawarkan cerita yang unik dan menarik tetapi juga sederet aktor dan artis populer. Melansir dari beberapa sumber berikut ini sederet aktor dan artis yang tampil dalam filmnya:

1. Raditya Dika sebagai Sahat.

2. Ariel Tatum sebagai Minar.

3. Lina Marpaung sebagai Mamak Mertua.

4. Robby Purba sebagai Monang.

5. Rizma Simbolon sebagai Rumondang.

6. Ruth Riani Pasaribu sebagai Rumongga.

7. Dicky Pardosi sebagai Suami Rumongga.

8. Simon Parulian Girsang sebagai Suami Rumondang.

9. Raline Shah sebagai Intan.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

5. Menampilkan adegan berani

Berdasarkan cuplikan di trailernya film “Catatan Harian Menantu Sinting” menampilkan beberapa adegan yang terlihat berani. Pasalnya dalam film ini berkisah seputar pengantin baru dan lika-likunya.

Baik Raditya Dika dan Ariel Tatum terlihat akan melakukan beberapa adegan dewasa. Sebagai informasi melansir dari situs salah satu bioskop film ini mempunyai rating usia penonton untuk 13 tahun ke atas.

6. Alasan Sunil Soraya menggarap film Catatan Harian Menantu Sinting

Produser sekaligus Sutradara, Sunil Soraya sempat menceritakan bagaimana perjuangannya untuk bisa menggarap film tersebut. Ia menuturkan awalnya secara kebetulan ia menerima buku tersebut langsung dari penulis.

Usia membacanya Sunil langsung menghubungi sang penulis dan menyukai ceritanya karena bagus. Dia juga sudah menginginkan untuk menggarap ceritanya menjadi film namun kala itu kisahnya tidak tersedia untuk dijadikan film.

Sunil mengaku bahwa ia hampir tiga bulan menghubungi sang penulis untuk menanyakan perkembangan filmnya. Sampai akhirnya cerita tersebut mulai tersedia untuk dijadikan film olehnya.

“Yang beli enggak jadi bikin katanya. Langsung saja saya bilang, datang ke kantor hari ini, kita beresin,” ucap Sunil.

Perjalanannya membuat film tersebut juga sempat menghadapi tantangan lain karena proses syutingnya sempat tertunda karena pandemi COVID-19. Alhasil selama beberapa tahun Sunil Soraya mulai mengembangkan skenarionya hingga berhasil merilisnya tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.