Sukses

Seleksi Poltekim dan Poltekip 2024 Dimulai, 161 Peserta Ikuti Tes SKD di Babel

Para peserta akan melewati seleksi menggunakan aplikasi Computer Assited Test (CAT). Untuk mengawasi seluruh aspek selama pelaksanaan SKD, Kanwil Kemenkumham Babel bekerjasama dengan Ombudsman.

Liputan6.com, Jakarta - Seleksi penerimaan calon taruna dan taruni (Catar) Politeknik Imigrasi (Poltekim) dan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) tahun 2024 memasuki tahapan tes seleksi kompetensi dasar (SKD). Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) telah menyediakan formasi sebanyak 400 kouta dengan rincian Poltekim sebanyak 175 pria dan 25 wanita, sedangkan Poltekip 150 pria dan 50 wanita.

Kepala Divisi Administrasi, Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Dwi Harnanto, menegaskan selama proses seleksi sekolah kedinasan pihaknya selalu menjunjung tinggi transparansi. Sementara pelaksanaan SKD wilayah Babel dibagi menjadi 3 sesi yang berlangsung 2 hari, sejak 20-21 Juli di Kantor Regional Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pangkalpinang.

"Sebanyak 161 peserta dari Babel ini akan bersaing dengan peserta dari seluruh Indonesia untuk dapat menempati 400 formasi Poltekim dan Poltekip," ungkap Dwi, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (21/7/2024).

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto, berpesan kepada para peserta untuk percaya diri dalam mengerjakan soal. Putra Belinyu ini, juga memotivasi para peserta tes dengan membagikan cerita jika dirinya pernah di posisi serupa dan akhirnya menjadi alumni Akademi Ilmu Pemasyarakatan angkatan ke-19 yang kini menjadi Poltekip.

"Untuk itu selalu percaya diri, dan jangan percaya kepada siapapun yang menjanjikan kelulusan dengan cara yang melanggar hukum," ujar Harun.

Harun juga menjelaskan, pada tahap ini para peserta akan melewati seleksi menggunakan aplikasi Computer Assited Test (CAT). Untuk mengawasi seluruh aspek selama pelaksanaan SKD, Kanwil Kemenkumham Babel bekerjasama dengan Ombudsman. Pihaknya juga membentuk panitia wilayah yang nantinya akan berkoordinasi dengan panitia pusat dan pihak BKN.

Sementara itu untuk hasil tes dari para peserta dapat dilihat secara langsung dengan memantau live score melalui tayangan youtube milik BKN yang disesuaikan dengan lokasi pelaksaan tes. Tak hanya itu, hasil perolehan skor SKD juga tersedia pada laman https://sertificat.bkn.go.id/ dan dapat diunduh setelah pelaksanaan selesai.

"Keterbukaan hasil SKD dan skor yang berjalan dapat dipantau siapa aja dan di mana pun,"pungkasnya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.