Sukses

V BTS Unggah Foto Produk Makanan Pro Israel, Penggemar Kecewa

Taehyung atau V BTS belakangan ini membuat sejumlah penggemar kecewa. Diketahui personel BTS itu mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan produk yang tengah diboikot.

Liputan6.com, Bandung - Kim Taehyung atau akrab disapa V BTS belakangan ini jadi sorotan publik dan perhatian warganet. Pasalnya, pria berusia 28 tahun itu terpantau mengunggah sebuah foto makanan dari salah satu perusahaan yang menjadi target boikot masyarakat.

Produk tersebut dianggap pro Israel atau membantu Israel melakukan genosida di Gaza. Banyak warganet terutama penggemarnya yang memahami situasi tersebut merasa kecewa dengan unggahan Taehyung.

Sebagai informasi Kim Taehyung mengunggah beberapa foto di akun Instagram pribadinya pada Minggu (21/7/2024). Pada salah satu unggahan terdapat foto makanan berupa kentang goreng yang menampilkan logo dari perusahaan yang diboikot tersebut.

Alhasil, foto tersebut memicu reaksi publik dan para penggemar BTS atau dikenal dengan nama ARMY merasa kecewa dengan tindakan sang idol. Sebagian besar penggemar bahkan menaikkan hastag agar sang idol menghapus foto kentang goreng tersebut.

Penggemar lain juga mengingatkan sang idol bahwa ada penggemar Taehyung yang berasal dari Gaza. Bahkan, terdapat foto Taehyung yang ditemukan di antara reruntuhan bangunan di Gaza pada November 2023 lalu diduga milik seorang ARMY di Gaza.

Sejumlah ARMY terutama penggemar di Indonesia banyak yang menunjukkan kecewanya mengingat banyak orang-orang di Gaza yang berjuang menghadapi kesulitan. Tidak sedikit juga penggemar memutuskan untuk tidak mengikuti (unfollow) akun Taehyung usai unggahan tersebut.

Berdasarkan pantauan sejumlah ARMY melakukan gerakan unfollow akun Instagram V BTS. Melalui gerakan tersebut, followers atau pengikut Taehyung di Instagram semakin berkurang dari yang awalnya sekitar 65,8 juta menjadi 65.7 juta.

Saat ini, belum ada tanggapan resmi dari Taehyung BTS atau tindakan lain dari sang idol. Melalui pantauan saat artikel ini ditulis unggahan foto tersebut masih bisa ditemukan di media sosialnya (@thv).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

McD Terdampak Aksi Boikot

Sebagai informasi foto yang diunggah oleh Taehyung merupakan foto kentang goreng dari produk McDonald’s. Melansir dari The Guardian, produk ini masuk dalam daftar brand yang masuk dalam gerakan Boycott, Divestment, and Sanctions (BDS).

Produknya diboikot karena dinilai memberikan dukungan dan sumbangan makanan terhadap tentara Israel atau IDF. Terlepas dari itu, pihak McDonald’s Corporation mengaku bahwa pihaknya tidak pernah mendanai atau mendukung pemerintahan manapun.

Sementara itu, McD juga membenarkan adanya pemberian makanan gratis kepada militer Israel. Namun, menurut pihaknya pemberian makanan tersebut merupakan keputusan independen yang dibuat oleh waralaba lokal.

Saat ini, McDonald’s mengakui bahwa bisnis mereka terdampak oleh konflik antara Hamas dan Israel di Jalur Gaza. Namun, pihaknya tidak memberikan rincian spesifik berapa banyak penjualan yang terkena dampak negatif.

“Saya menyadari bahwa beberapa pasar di Timur Tengah dan beberapa pasar di luar kawasan mengalami dampak bisnis yang berarti akibat perang dan misinformasi,” ucap CEO McDonald’s, Chris Kempczinski pada Januari 2024.

3 dari 4 halaman

Klarifikasi McDonald’s Indonesia

Beberapa waktu yang lalu pihak McDonald’s Indonesia sempat menyampaikan bahwa perusahaan mereka merupakan milik pengusaha asli Indonesia. Sehingga, sepenuhnya berada di bawah naungan pengusaha asli Indonesia.

“Terkait pemberitaan terakhir mengenai McDonald’s, kami ingin menegaskan bahwa PT Rekso Nasional Food adalah perusahaan swasta nasional yang sepenuhnya dimiliki pengusaha asli Indonesia dengan jumlah karyawan lebih dari 16 ribu tenaga kerja lokal,” ucapnya.

Pihaknya juga menegaskan bahwa gerai McDonald’s di Indonesia beroperasi secara independen. Sehingga, tidak berafiliasi dengan kegiatan operasional atau keputusan McDonald’s di negara lain.

“McDonald’s Indonesia merupakan entitas yang beroperasi secara independen dan tidak berafiliasi dengan kegiatan operasional maupun keputusan McDonald’s di negara lain, termasuk McDonald’s Israel,” tegasnya.

4 dari 4 halaman

Profil Singkat Taehyung BTS

Kim Taehyung atau dikenal dengan nama panggung V merupakan salah satu personel idol group populer Korea Selatan, BTS. V lahir pada tanggal 30 Desember 1995 di Daegu, Korea Selatan.

Meskipun lahir di Daegu, pria berusia 28 tahun ini kemudian pindah ke daerah Geochang dan menghabiskan banyak waktu di sana sampai akhirnya pindah ke Seoul. Taehyung mempunyai satu adik perempuan dan satu adik laki-laki.

Taehyung pernah menempuh pendidikan di Korea Art School dan Global Cyber University. Saat ini, Taehyung tidak hanya dikenal sebagai personel BTS tetapi juga aktif bersolo karier dan memulai debut solonya sejak 8 September 2023 dengan album “Layover”.

Selain berkarier sebagai musisi, Taehyung juga memulai kariernya dalam dunia akting. Diketahui, ia memulai debut aktingnya dalam drama bertajuk “Hwarang” yang tayang di tahun 2016-2017 sebagai karakter bernama Han Sung Rang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini