Sukses

Pertama Kali Dirayakan, Begini Sejarah dan Rangkaian Hari Kebaya Nasional 24 Juli

Hari Kebaya Nasional ditetapkan pada 2023 melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 19 Tahun 2023 tentang Hari Kebaya Nasional. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebaya.

Liputan6.com, Yogyakarta - Hari Kebaya Nasional diperingati pada 24 Juli. Tahun ini menjadi perayaan Hari Kebaya Nasional yang pertama kali.

Hari Kebaya Nasional ditetapkan pada 2023 melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 19 Tahun 2023 tentang Hari Kebaya Nasional. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebaya.

Kebaya merupakan pakaian tradisional yang hingga kini masih menjadi aset budaya. Kebaya menjadi pakaian yang dikenakan dalam Kongres Wanita Indonesia X yang dihadiri Presiden ke-1 RI Soekarno.

Pakaian tradisional ini memiliki karakteristik khusus berupa bagian depan yang dibuat terbuka. Biasanya, para perempuan akan mengenakan stagen terlebih dulu sebelum mengenakan kebaya.

Kebaya sudah ada di Indonesia sekitar abad ke-15. Penyebutan kebaya berasal dari kata abaya yang berarti jubah atau pakaian. Saat mengenakan kebaya, perempuan akan semakin terlihat anggun.

Mengutip dari akun Instagram @officialharikebayanasional, perayaan Hari Kebaya Nasional yang pertama kali akan dirayakan dengan sederet kegiatan menarik. Bersamaan dengan perayaan Hari Anak Nasional, Tim Nasional Kebaya sebagai pengusul Hari Kebaya Nasional telah mengadakan Parade Kebaya Nusantara bertema Ekspresi Ceria Aku dan Ibu.

Adapun peringatan Hari Kebaya Nasional pertama merupakan kerja sama antara Kongres Wanita Indonesia (KOWANI), Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta Komunitas Kebaya. Acara yang akan diselenggarakan pada 24 Juli 2024 di Istora Senayan, Jakarta.

Acara ini mengundang 7.000 peserta perempuan untuk memperingati Hari Kebaya Nasional bersama. Para peserta bisa mengikuti lomba berkebaya, parade kebaya, pameran budaya, webinar dan talkshow, podcast SAPA & KEMENPPPA, KOWANI Expo, hingga KOWANI Awards.

Selanjutnya, pada 28 Juli 2024, akan digelar Kebaya Fest 2024 Kebaya Wicara oleh Didiet Maulana. Acara tersebut juga sekaligus menjadi momen peluncuran lagu Kebaya Indonesia sebagai lagu yang diciptakan khusus untuk Hari Kebaya Nasional. Lagu Kebaya Indonedia dinyanyikan oleh 5 Wanita, yakni Andien Aisyah, Rieka Roeslan, Yuni Shara, Iga Mawarni, dan Nina Tamam.

Adapun berbagai rangkaian acara untuk merayakan Hari Kebaya Nasional sudah dilaksanakan sejak Juni lalu, seperti Peragaan Busana dari KOWANI dan Komunitas Kebaya hingga Flashmob CFD Poco-Poco Berkebaya. Kehadiran Hari Kebaya Nasional diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap kebaya, sehingga kebaya akan terus lestari.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.