Sukses

Bawaslu Melibatkan Media Massa Dalam Pengawasan Pilkada

Melalui pemberitaan media, Bawaslu berharap media massa ikut mengawasi proses Pilkada.

Liputan6.com, Batam - Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia bersama Bawaslu Kepri dan Kota Batam melakukan Konsolidasi tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kepada Media di Batam.

Konsolidasi media sebagai upaya mensinergikan hubungan antara Bawaslu dan media massa, serta memastikan informasi yang berimbang dan akurat terkait pengawasan pemilu pimpinan daerah (Pilkada )serentak 2024.

Nur Liza Minelly, Anggota Bawaslu RI, menyampaikan bahwa konsolidasi Bawaslu dengan media bertujuan untuk memenuhi kebutuhan akan akses dan penyebaran informasi dari daerah.

"Kami berharap kegiatan ini dapat menghasilkan liputan yang mendalam terhadap informasi lokal. Terutama dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), sehingga dapat meminimalisir pelanggaran,” kata Nur Liza di Batam.

Sementara itu Ketua Bawaslu Kepulauan Riau, Zulhadril Putra menyebutkan konsolidasi Bawaslu dengan Media untuk menyamakan visi dan misi dalam pelaksanaan pengawasan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024.

“Saya berharap melalui jalinan silaturahmi ini, kita dapat menyajikan dan memberikan informasi yang benar dan baik," kata Zulhadril 

Zulhadril menambahkan bahwa untuk keterbukaan informasi Bawaslu berkomitmen membuka informasi dengan transparan.

"Sering terjadi, tanpa konfirmasi, tiba-tiba ada kutipan di berita. Yang seperti ini seharusnya tidak terjadi, " katanya.

Ditambahkan bahwa pengawasan pemilu bukan hanya tugas Bawaslu. Namun juga perlu peran media dan masyarakat.

Ketua Bawaslu Kota Batam, Antonius Itoloha Gaho, berharap Pilkada berjalan sukses dengan dukungan media dalam mengawasi tahapan pelaksanaan pemilu di Kota Batam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.