Sukses

Waspada Penipuan Berkedok Acara Palsu Mengatasnamakan Pemkot Bandung

Warga diimbau hati-hati terutama jika dalam acara itu terdapat pungutan biaya bagi pihak yang ingin terlibat.

Liputan6.com, Bandung - Warga Kota Bandung diminta untuk waspada penipuan berkedok acara yang mengatasnamakan Pemerintah Kota Bandung, khususnya mencatut nama Dinas Koperasi dan UKM (Diskop UKM).

Warga diimbau hati-hati terutama jika dalam acara itu terdapat pungutan biaya bagi pihak yang ingin terlibat.

Berdasarkan siaran resmi Diskominfo Kota Bandung, dikutip Liputan6.com, Jumat (26/7/2024), belum lama ini didapati selebaran poster atau flyer acara yang mengatasnamakan Diskop UKM bertajuk Festival Seni Budaya Bandung.

Di dalamnya terdapat sejumlah keterangan mulai dari bazar UMKM, doorprize, kegiatan dan seniman yang memeriahkan acara terebut, termasuk juga foto Penjabat Wali Kota Bandung. Diskop UKM menegaskan tidak pernah menggelar acara tersebut.

"Sehubungan dengan adanya penyebarluasan poster atau flyer yang ada di atas, Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandung tidak pernah mengadakan acara tersebut," tulis keterangan resmi Pemkot Bandung.

"Penyelenggaraan acara yang difasilitasi Dinas Koperasi dan UKM tidak pernah memungut biaya sepeserpun dan selalu diinformasikan oleh pihak official dari Dinas Koperasi dan UKM secara langsung," lanjut keterangan tersebut.

Atas kejadian ini, Pemkot Bandung mengimbau kepada seluruh pihak agar berhati-hati jika ada oknum yang mengatasnamakan instansi Pemkot Bandung dalam mengadakan acara. Apalagi jika terdapat unsur pemungutan biaya.

Ada pun sejumlah acara yang digelar di bawah naungan OPD Kota Bandung dalam rangkaian Hari Jadi ke-214 Kota Bandung (HJKB) antara lain:

Juli

Tanggal 12-21 Pasar Kreatif di Mall Festival City Link

Tanggal 21, Bazar UP2K TP PKK Kota Bandung 

Tanggal 27, Peringatan Hari Keluarga Nasional.

Agustus 

1. Lomba Kereta Peti Sabun 

2. Bandung Art Month 

September 

Bebersih bareng Komunitas

 Tanggal 3-6, Cerdas Cermat SD se-Kota Bandung

Tanggal 11, Operasi Katarak Gratis RSUD Kota Bandung 

Tanggal 13-15, Bandung Great Sale 

Tanggal 15, Karnaval Kendaraan Hias 

Tanggal 17-19, Bersih-bersih Telingan di RSUD Kota Bandung

Tanggal 18, Khitan Masal di RSUD Kota Bandung 

Tanggal 21, Senam Bersama Bandung Kiwari

Tanggal 21, Lomba Kreasi Daur Ulang Sampah 

Tanggal 21, Bazar Komunitas Great Bandung 

Tanggal 25, Upacara Puncak HJKB 214.

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.