Sukses

Ketua DPW NasDem Jabar Sidang Promosi Doktor di Unpad, Disertasinya soal Surya Paloh

Disertasi Saan diketahui mengangkat topik soal Surya Paloh alias Ketua Umum Partai NasDem, berjudul Pemikiran Politik Surya Paloh: Tentang Restorasi Indonesia Melalui Nasionalisme dan Demokrasi Pancasila.

Liputan6.com, Bandung - Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat (Jabar), Saan Mustopa telah menjalani Sidang Terbuka Promosi Doktor Ilmu Politik di Universitas Padjadjaran (Unpad), Kota Bandung, Jumat (26/7/2024).

Disertasi Saan diketahui mengangkat topik soal Surya Paloh alias Ketua Umum Partai NasDem, berjudul Pemikiran Politik Surya Paloh: Tentang Restorasi Indonesia Melalui Nasionalisme dan Demokrasi Pancasila.

Sidang itu dijadwalkan digelar selama kurang lebih dua jam 14.00 – 16.00 WIB, di Graha Sanusi Hardjadinata Kampus Unpad, Jalan Dipati Ukur Nomor 35 Bandung.

Saan beralasan bahwa pemikiran Surya Paloh menarik dijadikan bahan penelitian, tidak hanya diaku piawai mengurus partai tapi juga punya pandangan kebangsaan yang lebih luas.

"Bukan hanya bagaimana mengatur partai, mengelola partai, tapi saya punya pandangan-pandangan dari Pak Surya, terutama dalam pemikirannya. Menurut saya itu menarik gitu lho, kalau itu ditemui dan dijadikan sebagai sebuah diskusi. Dia punya originalitas dan ini sangat konteksual," katanya kepada wartawan.

Lebih dari itu, Saan Mustopa mengakui punya kelekatan interaksi dengan Surya Paloh. Dari persentuhan dengan Surya Paloh, kata Saan, turut mewarnai pemikirannya.

"Alhamdulillah punya kesempatan berinteraksi dengan Pak Surya secara intensif formal maupun informal. Saya mendapatkan pandangan ya, pandangan-pandangan dari Pak Surya. Akhirnya saya izin, saya akan membuat disertasi terkait dengan Pak Surya," katanya.

Diketahui, ada 3 profesor yang menjadi tim promotor pada sidang tersebut yakni Prof. Muradi, sebagai ketua promotor serta dua anggota promotor yakni Prof. Obsatar Sinaga, dan Prof. R. Widya Setiabudi Sumadinata.

"Pak Surya egaliter ya, tidak ada jarak," kata dia.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.