Sukses

Lama di Rantau, Nasrul Naga Pulang Membangun Kampuang

Kini Nasrul Naga pulang kampuang untuk ikut membangun Padang Panjang yang lebih baik dengan ikut dalam kontestasi Pilkada Kota Padang Panjang 2024.

Liputan6.com, Padangpanjang Meski sudah puluhan tahun tinggal di Jakarta, Nasrul Naga tak pernah melupakan kampung halamannya, Padang Panjang. Domisili boleh saja di perantauan, namun perhatian, sumbangsih dan bantuan selalu diberikan Ketua Ikatan Masyarakat Padang Panjang (IMPP) Jakarta ini untuk warga Serambi Mekah.

Nasrul lahir di Padang Panjang pada 4 Mei 1966, dari pasangan Bagindo Adam dan Adam Sori. Masa kecil Nasrul dihabiskan di Pasar Baru hingga kemudian pindah ke Kebun Sikolos, dekat rel kereta api.

"Urang gaek ambo manggaleh jariang jo patai di pasa. Walaupun urang gaek ambo dari Pariaman, tapi ambo sajak ketek di siko. Padang Panjang ko alah kampuang ambo mah," ungkap Nasrul saat menggelar pertemuan dengan niniak mamak, tokoh masyarakat, dan sejumlah pemuda Nagari Gunuang di Kelurahan Ngalau, Padang Panjang Timur, Senin (26/8/2024).

Masa pendidikan dasar hingga menengah juga dihabiskan di kota dingin ini, yang diawali di SD Merapi Padang Panjang untuk kemudian melanjutkan ke SMPN 2 Padang Panjang dan SMAN Padang Panjang (Sekarang SMA 1) sebelum melanjutkan kuliah di FMIPA Universitas Andalas.

Setelah tamat kuliah, pria yang karib disapa Nasrul Naga ini merantau dan mengadu nasib ke Jakarta. Karier profesionalnya diawali saat bekerja di PT. Abdi Bara Bajadi hingga menduduki posisi sales manager selama 5 tahun (1991–1995).

Dari langkah awal ini Nasrul Naga menjelma menjadi seorang pengusaha sukses dan menjajal posisi sebagai Direktur PT. Mitra Galperti pada 1995 hingga saat ini. Usaha yang dimulai dengan dua orang karyawan itu kini sudah mempekerjakan ratusan orang.

Sebagai informasi, PT. Mitra Galperti adalah perusahaan yang melayani banyak klien lintas negara dan mencakup berbagai sektor seperti industri minyak, gas, kimia, petrokimia, pembangkit listrik, dan lainnya. Saat ini, anak sulungnya ikut menjalankan roda perusahaan setelah menyelesaikan kuliah di Amerika.

Selain sibuk dengan urusan bisnis, kegiatan rutin Nasrul Naga lainnya adalah berkumpul dengan sesama perantau dari Padang Panjang. Karena hobi bakumpua-kumpua ini pula sosok yang dikenal murah senyum ini dipercaya sebagai Ketua Dewan Pembina Flippers Padang Panjang dan Ketua Alumni SMA Negeri Padang Panjang. Selain itu, Nasrul Naga juga didapuk sebagai Ketua Ikatan Masyarakat Padang Panjang (IMPP) di Jakarta.

Tak cukup membantu kampuang dari rantau, kini Nasrul Naga pulang kampuang untuk ikut membangun Padang Panjang yang lebih baik dengan ikut dalam kontestasi Pilkada Kota Padang Panjang 2024.

Harapannya, jika terpilih nanti dirinya bisa membenahi banyak sektor yang masih belum digarap maksimal, seperti pendidikan, Kesehatan, UMKM dan transportasi. Dengan semua pembenahan itu Nasrul Naga meyakini bahwa ekonomi masyarakat Padang Panjang akan terus meningkat.

Tak hanya di bidang ekonomi, Nasrul Naga juga ingin membangun manusianya, sebab kota yang baik hanya akan lahir dari orang-orang yang tetap memegang teguh budaya, akhlak dan keimanannya.

"Intinya, saya ingin mengembalikan Padang Panjang sebagai Kota Serambi Mekah, dengan masyarakatnya yang bertakwa, berakhlak dan berbudaya," tegas Nasrul Naga.

 

2 dari 2 halaman

Profil Nasrul Naga

Profil:

Nama: Drs Nasrul

Tempat Tanggal Lahir: Padang 4 Mei 1966

Alamat: Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Orang Tua: Bagindo Adam (Ayah), Adam Sori (Ibu)

Istri: Dra Oktrioza

Anak: Tiovani Farhan & Muthya Rahmah

Riwayat Pendidikan:

– SD Merapi PP tamat 1976

– ⁠SMPN 2 PP tamat 1982

– ⁠SMAN PP tamat 1985

– ⁠FMIPA Universitas Andalas tamat 1990

Pengalaman Kerja:

– Sales Manager PT. Abdi Bara Baja (1991–1995)

– ⁠Direktur PT. Mitra Galperti (1995–sekarang)

Pengalaman Organisasi:

– Ketua Dewan Pembina Flippers Padang Panjang.

– Ketua Alumni SMA Negeri Padang Panjang.

– Ketua Ikatan Masyarakat Padang Panjang (IMPP) Jakarta.

Video Terkini