Sukses

Kemeriahan Kerja Tahun Kuta Medan 2024, Ada Pemecahan Rekor MURI Penari Mbuah Page Terbanyak

Masyarakat memadati Lapangan Benteng, Kota Medan, Jumat malam, 26 Juli 2024. Tampak Wali Kota Medan, Bobby Nasution, dan Ketua TP PKK, Kahiyang Ayu, mengenakan pakaian adat Karo serta menari bersama.

Liputan6.com, Medan Masyarakat memadati Lapangan Benteng, Kota Medan, Jumat malam, 26 Juli 2024. Tampak Wali Kota Medan, Bobby Nasution, dan Ketua TP PKK, Kahiyang Ayu, mengenakan pakaian adat Karo serta menari bersama.

Momen tersebut menjadi salah satu kemeriahan pada Merdang Merdem Kerja Tahun Kuta Medan 2024 yang digelar Pemerintah Kota (Pemko) Medan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam perhelatan akbar yang turut dihadiri unsur Forkopimda Sumut dan Medan, tokoh masyarakat Karo, Pj Sekda, Topan Obaja Putra Ginting, dan pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan, sebanyak 1.020 siswa SD dan SMP se-Kota Medan menari Mbuah Page.

Aksi para pelajar tersebut berhasil memecahkan Rekor MURI dengan penari Mbuah Page terbanyak di dunia. Atas pemecahan rekor dunia ini, Direktur Operasional MURI, Jusuf Ngadri, memberikan piagam penghargaan Rekor MURI kepada Bobby Nasution.

Bobby Nasution mengajak masyarakat, termasuk generasi muda, untuk melestarikan adat-istiadat. Dia menyebutkan, banyak makna bisa digali dari adat istiadat yang memberikan manfaat pada kehidupan bersama.

"Ayo. Kita harus bisa menggali makna adat istiadat dan menyebarluaskannya kepada masyarakat," ajaknya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ajak Masyarakat Jauhi Narkoba

Disebutkan Bobby Nasution, etnis Karo harus memiliki kebanggaan terhadap adat-istiadatnya. Apalagi, adat istiadat Karo tidak terlepas dari sejarah berdirinya Kota Medan.

Pada kesempatan itu, Bobby Nasution turut mengajak masyarakat untuk menjauhi dan memusuhi penyalahgunaan narkoba.

"Yang cinta adat-istiadat, jangan gunakan narkoba. Mulai sekarang, jauhi narkoba," pesannya.

Diketahui, Merdang Merdem Kerja Tahun Kuta Medan 2024 di Lapangan Benteng turut dihadiri masyarakat dari luar Medan, antara lain Berastagi, Kabanjahe, Deli Serdang, dan Langkat.

3 dari 4 halaman

Bagi-Bagi Hadiah

Tidak sekadar menyampaikan sambutan, Bobby Nasution juga membuka sesi kuis dengan hadiah menarik. Diselingi canda, Bobby Nasution memberikan pertanyaan seputar pahlawan asal Karo, pendiri Kota Medan, dan rumah adat Karo.

Ketiga pertanyaan ini berhasil dijawab oleh 3 pengunjung yang masing-masing mendapat sepeda motor, kulkas, sepeda, dan beasiswa.

4 dari 4 halaman

Berlangsung Seharian

Perayaan Kerja Tahun Kuta Medan 2024 ini berlangsung seharian. Sejak pagi beragam acara telah digelar.

Selain pemecahan Rekor MURI Tari Mbuah Page, penyelenggara juga menggelar Guro-guro Aren, atraksi Sipitu Tendi, bazar kuliner, serta penampilan artis lokal maupun ibu kota.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini