Sukses

6 Tips Membuat Dekorasi 17 Agustus dari Barang Bekas

Membuat dekorasi unik saat Hari Kemerdekaan tidak hanya memeriahkan acara tetapi juga memberikan kenangan yang lebih bermakna. Berikut ini 6 tips membuat dekorasi untuk 17 Agustus dari Barang Bekas.

Liputan6.com, Bandung - Masyarakat Indonesia beberapa minggu lagi akan merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Dalam menyambut hari spesial 17 Agustus tersebut ada banyak cara menarik yang biasa dilakukan masyarakat.

Salah satunya membuat dekorasi kreatif untuk memberikan suasana meriah di hari kemerdekaan. Biasanya membuat dekorasi tema kemerdekaan tidak hanya memberikan manfaat tetapi juga kenangan yang menyenangkan.

Membuat dekorasi dari barang bekas atau benda daur ulang untuk Hari Raya Kemerdekaan Indonesia tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga mengasah kreativitas masyarakat untuk membuat dekorasi indah dalam acara spesial negara.

Kemudian dekorasi yang dibuat dari barang bekas jauh lebih bermakna karena dibuat sendiri dan ramah lingkungan. Selain itu menggunakan barang bekas juga menghemat biaya karena memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai.

Sebagai informasi membuat dekorasi dari barang bekas memiliki banyak sekali manfaat mulai dari ekonomi, lingkungan, hingga kreativitas. Memanfaatkan barang bekas juga membantu dalam mengurangi sampah dan polusi.

Terutama barang-barang yang sulit untuk didaur ulang bisa berdampak besar bagi lingkungan. Melansir dari beberapa sumber berikut ini beberapa inspirasi untuk membuat dekorasi dari barang bekas yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Kemerdekaan.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Tips Membuat Dekorasi 17 Agustus dari Barang Bekas

1. Membuat pot tanaman dari kaleng bekas

Kaleng bekas bisa dimanfaatkan untuk menjadi pot tanaman yang unik dan menarik terutama di Hari Kemerdekaan. Kaleng tersebut bisa didesain dengan tema khas kemerdekaan yaitu warna merah dan putih yang menarik.

Cara membuat pot tersebut juga termasuk sederhana karena tinggal dibersihkan dari bekas makanan atau minuman di dalamnya. Kemudian cat kaleng dengan warna khas kemerdekaan atau bisa menggunakan kertas warna.

Selanjutnya buat beberapa lubang kecil di bagian bawah kaleng untuk saluran drainase dan kaleng pun sudah bisa ditambahkan tanah dan tanaman kecil atau bunga cantik di dalamnya untuk menjadi hiasan manis di sekitar rumah.

2. Hiasan dinding dari kertas bekas

Kertas bekas yang sudah tidak terpakai seperti kertas bekas koran atau majalah bisa dimanfaatkan untuk membuat hiasan dinding. Misalnya membuat bentuk bunga, binatang, atau tema kemerdekaan lainnya yang unik.

Saat ini ada banyak cara untuk membuat hiasan dari kertas bekas yang bisa diikuti dengan mudah. Biasanya bahan yang diperlukan hanya kertas bekas, lem, atau cat untuk memperindah hiasan dindingnya.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

3. Rangkaian bunga dari kertas atau kain bekas

Kain bekas yang sudah berwarna merah atau putih bisa dimanfaatkan untuk membuat bunga. Kertas bekas juga bisa dimanfaatkan untuk membuat bunga cantik yang kemudian diberi cat berwarna khas kemerdekaan.

Rangkaian bunga tersebut bisa jadi inspirasi untuk hiasan meja atau digantung pada pintu. Tentunya ada banyak cara membuat rangkaian bunga menarik yang bisa disesuaikan dengan selera untuk hiasan.

4. Botol plastik jadi lampion

Sampah botol plastik menjadi salah satu sampah paling banyak dihasilkan di Indonesia. Sehingga ada banyak cara atau inspirasi dekorasi yang memanfaatkan botol plastik sebagai bahan utamanya.

Misalnya saja membuat lampion cantik yang bisa menghiasi rumah atau lingkungan pada waktu malam hari. Caranya bisa dengan membersihkan botol plastik bekas dan cat botol plastik dengan warna khas kemerdekaan.

Kemudian buat bentuk yang menarik untuk dijadikan sebagai botol lampion cantik yang dapat menghiasi rumah.

4 dari 4 halaman

Berikutnya

5. Lampu hias dari galon bekas

Galon plastik sekali pakai merupakan sampah lainnya yang paling banyak dihasilkan di Indonesia. Galon bekas yang ukurannya cukup besar bisa digunakan menjadi kap lampu gantung yang cantik.

Terdapat beberapa cara yang bisa ditemukan dengan mudah di internet untuk membuat lampu hias tersebut. Pastikan temanya mengangkat desain khas kemerdekaan Indonesia yaitu dengan warna merah putih.

6. Gantungan pom-pom dari sedotan bekas

Sedotan plastik bekas merupakan sampah kecil yang kerap memberikan dampak buruk untuk lingkungan terutama yang dibuang begitu saja ke sungai atau laut. Adapun untuk memanfaatkannya bisa membuat hiasan gantungan pom-pom.

Caranya bisa dengan menyatukan sedotan plastik kira-kira segenggam dengan warna yang sama atau warna yang bercampur. Kemudian berikan benang untuk diikat erat bersama sedotan tersebut untuk kemudian dibentuk seperti pom-pom yang cantik.

Jika warnanya kurang menarik bisa tambahkan cat atau pylox untuk memeriahkan desainnya semakin cantik dan mempesona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.