Sukses

Inspirasi Mading Tema 17 Agustus, Menarik dan Edukatif

Mading masih menjadi media untuk memberikan informasi beragam yang bermanfaat. Berikut ini inspirasi membuat mading Hari Raya Kemerdekaan yang menarik dan edukatif.

Liputan6.com, Bandung - Mading atau majalah dinding merupakan salah satu media informasi yang biasanya dipasang pada dinding atau papan pengumuman. Biasanya mading bisa ditemukan di sekolah, kantor, atau tempat umum lainnya.

Kehadiran mading sangat berfungsi sebagai wadah menyampaikan informasi mulai dari berita, artikel, dan karya kreatif lainnya. Tentunya kehadiran mading dalam beberapa tempat bermanfaat untuk para siswa, karyawan, atau anggota komunitas.

Pasalnya mading sering menjadi media menarik yang menampilkan jadwal kegiatan, pengumuman penting, hingga hasil rapat. Mading juga masih menjadi tempat untuk menyampaikan karya kreatif.

Misalnya menampilkan karya puisi, cerita pendek, gambar, hingga foto-foto yang unik. Kehadiran mading di beberapa tempat terutama sekolah bisa memberikan kesempatan untuk individu mengekspresikan kreativitas mereka dan mendapatkan apresiasi dari orang lain.

Mading juga bisa digunakan sebagai alat pembelajaran dengan menampilkan artikel-artikel yang mendidik yang bisa membantu dalam meningkatkan pengetahuan dan kesadaran terhadap pembaca.

Sebagai informasi mading mempunyai banyak jenisnya misalnya saja mading sekolah biasanya digunakan untuk menyampaikan informasi terkait kegiatan sekolah, hasil karya siswa, dan pengumuman penting lainnya.

Kemudian terdapat mading kantor yang digunakan untuk memberikan informasi perusahaan, pengumuman internal, atau kegiatan sosial. Pada masa digital seperti ini mading juga berkembang menjadi mading digital yang menyediakan informasi dan konten yang bisa diakses secara online.

Adapun melalui artikel ini akan memberikan sejumlah ide menarik untuk membuat mading unik pada Hari Kemerdekaan Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Inspirasi Mading untuk Menyambut Hari Kemerdekaan

1. Memuat artikel sejarah kemerdekaan Indonesia

Pada Hari Kemerdekaan kurang lengkap rasanya jika tidak membuat artikel atau informasi terkait sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia untuk meraih kemenangannya. Terdapat sejarah yang bisa dimuat mulai dari peristiwa pentingnya hingga proses diplomasi setelah kemerdekaan.

Artikelnya bisa dibuat dengan menarik dengan menampilkan foto-foto dokumenter peristiwa bersejarah atau gambar para pahlawan yang berjasa. Kemudian bisa membuat gambar garis waktu atau timeline yang menggambarkan peristiwa penting dari awal perjuangan hingga proklamasi kemerdekaan.

2. Menampilkan biodata pahlawan nasional

Biodata atau profil pahlawan nasional yang berperan penting dalam perjuangan kemerdekaan juga bisa ditampilkan dalam mading. Terutama jika profilnya memuat latar belakang, kontribusi, dan warisan yang ditinggalkan bisa menjadi wawasan baru bagi pembacanya.

Selain itu dalam profil pahlawannya bisa disisipkan kutipan inspiratif yang terkenal dari pahlawan tersebut. Tidak lupa untuk menambahkan gambar atau ilustrasi pahlawan untuk memberikan daya tarik secara visual.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

3. Informasi dan lomba kegiatan 17 Agustusan

Kurang lengkap rasanya jika tidak menggelar acara perlombaan pada saat suasana kemerdekaan. Anda bisa memuat informasi terkait lomba atau kegiatan yang mungkin digelar oleh sekolah atau kantor.

Pastikan informasi tersebut dibuat dengan poster yang menarik seperti desain yang sesuai tema atau penjelasan singkat terkait aturan dan cara berpartisipasi dengan lombanya. Jika tahun sebelumnya sempat ada kegiatan yang sama Anda bisa mencantumkan foto lomba dari tahun sebelumnya untuk memberikan gambaran menarik.

4. Menampilkan hasil karya seni dan kreativitas

Selain memuat informasi yang bisa menambah wawasan Anda juga bisa menampilkan sederet hasil karya seni atau kreativitas yang dilakukan oleh siswa atau karyawan. Karya seni tersebut harus berupa tema kemerdekaan yang menarik.

Kemudian karyanya bisa berbagai jenis mulai dari puisi, cerita pendek, gambar, lukisan, dan lain-lain. Buat kolase menarik untuk menampilkan karya-karya tersebut dalam sejumlah kategori.

4 dari 4 halaman

Berikutnya

5. Tampilkan Quotes Inspiratif

Quotes atau kutipan dari pesan-pesan inspiratif para pahlawan bisa dipajang dalam mading dengan cara yang menarik. Tentunya pesan tersebut harus menyimpan pesan mendalam tentang semangat dan motivasi untuk merayakan kemerdekaan.

Misalnya memuat kutipan terkenal dari Soekarno, Mohammad Hatta, atau tokoh-tokoh penting lainnya. Tampilannya juga bisa dibuat dengan menarik sesuaikan dengan tema kemerdekaan.

6. Pengetahuan tentang budaya Indonesia

Merayakan kemerdekaan juga bisa dengan menampilkan keindahan budaya Indonesia yang beragam. Misalnya memuat artikel tentang budaya-budaya unik dari suatu daerah atau menampilkan jenis-jenis kuliner khas dari daerah tertentu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini