Sukses

1 Agustus Memperingati Hari Apa, Berikut Daftarnya

Setiap tanggal dalam kalender seringkali mempunyai makna lebih dalam yang menyimpan sebuah perayaan atau peringatan. Berikut ini peringatan yang jatuh di tanggal 1 Agustus.

Liputan6.com, Bandung - Setiap tanggal dalam kalender seringkali mempunyai makna lebih dalam yang menyimpan sebuah perayaan atau peringatan. Seperti misalnya pada tanggal 1 Agustus tahun ini ada beberapa peringatan yang dirayakan di berbagai belahan dunia.

Peringatan tersebut tentunya tidak hanya memberikan penghormatan kepada berbagai aspek kehidupan manusia tetapi juga mengajak untuk memahami hingga merenungkan pentingnya perayaan tersebut.

Selain itu di Indonesia sendiri pada bulan Agustus terdapat sederet perayaan penting untuk masyarakat Indonesia. Salah satunya perayaan Hari Peringatan Kemerdekaan RI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus.

Sementara itu di awal bulan Agustus terdapat beberapa hari besar yang diperingati baik secara nasional dan internasional. Di antaranya peringatan Hari ASI Sedunia, Hari Kanker Paru Sedunia, Hari Bebas Anak Internasional, hingga Hari Empati Internasional.

Melalui artikel ini tidak hanya menyebutkan ada peringatan apa saja pada tanggal 1 Agustus tetapi juga sejarah singkat dan makna perayaan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftar Hari Penting 1 Agustus

1. Hari ASI Sedunia

Pada tanggal 1 Agustus masyarakat di seluruh dunia memperingati harinya sebagai Hari ASI Sedunia atau World Breastfeeding Day. Peringatan tersebut dirayakan setiap tanggal 1 dan awal dari rangkaian kampanye Pekan ASI Sedunia.

Melansir dari Kemenkes Pekan ASI Sedunia merupakan kampanye yang diinisiasi oleh World Alliance for Breastfeeding Action (WABA) pada 1991 di Kantor UNICEF, New York. Tujuan perayaan ini untuk memperjuangkan pemenuhan hak anak akan kebutuhan ASI pada bayi.

Terutama bayi hingga berusia 24 bulan atau lebih untuk tumbuh kembangnya yang lebih baik. Pekan ASI juga diperingati untuk para ibu dari berbagai latar belakang agar mampu memberikan ASI eksklusif kepada anaknya.

2. Hari Kanker Paru Sedunia

Hari Kanker Paru Sedunia diperingati setiap 1 Agustus dengan tujuan menciptakan kesadaran dan mengedukasi masyarakat dunia tentang masalah kanker paru-paru. Melansir dari Lung Cancer Foundation of America (LCFA) peringatan ini penting untuk dilakukan.

Peringatannya bertujuan untuk meningkatkan dorongan dan fokus pada penelitian kanker paru-paru dan mengatur dukungan finansial dan moral dalam penelitian tersebut. Kemudian mendukung orang-orang yang terkena kanker paru-paru untuk tetap menjalani hidupnya dengan penuh semangat.

3 dari 4 halaman

Berikutnya

3. Hari Bebas Anak Internasional

Hari Bebas Anak Internasional merupakan peringatan yang berawal dari National Organization for Non-Parents (NON). Peringatannya kemudian diperbarui oleh ahli childfree, Laura Carroll pada 2013 menjadi International Childfree Day.

Peringatan tersebut bertujuan untuk menghargai pilihan para pasangan maupun perseorangan untuk memilih tidak memiliki anak. Karena keputusan tersebut diambil biasanya diakibatkan oleh berbagai faktor mulai dari finansial hingga kesehatan.

4. Hari Empati Internasional

Hari Empati Internasional atau International Empathy Day merupakan peringatan yang dirayakan pada 1 Agustus. Peringatan ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat terkait pentingnya empati dalam kehidupan sehari-hari.

Kemudian tentang bagaimana kita bisa lebih memahami dan menghargai perasaan orang lain. Selain itu manusia harus mempunyai empati sebagai kunci dalam membangun hubungan yang harmonis dan damai.

Dengan kehadiran empati kehidupan manusia bisa jauh dari konflik, meningkatkan kerjasama, dan menciptakan lingkungan yang lebih damai. 

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

5. Hari Girlfriend Day

Hari Girlfriend Day merupakan perayaan yang diperingati pada tanggal 1 Agustus setiap tahunnya. Namun tidak ada informasi pasti bagaimana peringatan tersebut bisa dicetuskan pertama kali.

Berdasarkan dari sejumlah pendapat peringatan tersebut diklaim oleh Mrs. Susan di tahun 2005. Menurutnya ia membuat dan merayakan hari tersebut sebagai kesempatan untuk teman wanitanya saling berbagi dan berterima kasih.

Sehingga perayaan ini memiliki arti perayaan hari pertemanan wanita dan untuk bertujuan menjalin pertemanan yang abadi bersama wanita. Namun pertemannya tidak mengacu pada orientasi seksual atau hubungan beda jenis saja.

Bisa juga kepada hubungan antara ibu dan anak perempuan, lelaki dengan perempuan, atau sebaliknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.