Sukses

Simak, Daftar Lomba 17 Agustus Paling Dinanti

Memasuki Hari Kemerdekaan banyak masyarakat menantikan kehadiran lomba-lomba menarik. Berikut ini adalah beberapa lomba 17 Agustus yang paling dinantikan.

Liputan6.com, Bandung - Memasuki bulan Agustus di Indonesia merupakan bulan yang spesial karena bertepatan dengan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia. Bahkan dalam merayakan hari spesial tersebut terdapat acara menyenangkan yang dijuluki sebagai “Agustusan”.

Agustusan biasanya dibuat meriah dengan kehadiran berbagai lomba yang menarik dan menyenangkan. Bahkan perlombaan tersebut menjadi sebuah tradisi yang bermakna baik secara budaya hingga sosial.

Terdapat kegiatan lomba dinilai bisa membangun semangat nasionalisme dan patriotisme. Pasalnya dengan berlomba masyarakat bisa merasakan semangat berjuang sebagaimana para pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

Perayaan agustusan juga bisa memperkuat kebersamaan hingga solidaritas antar sesama. Karena kegiatannya biasanya melibatkan segala lapisan masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Beberapa lomba juga biasanya mengajarkan pentingnya melakukan kerjasama tim dan saling mendukung. Selain itu melaksanakan lomba agustusan dengan permainan tradisional Indonesia secara tidak langsung menghargai tradisi dan budaya lokal.

Permainan tradisional juga bisa menjadi cara untuk melestarikan dan menghargai tradisi dan budaya lokal yang mungkin telah jarang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa contoh lomba 17 Agustusan yang paling dinanti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftar Lomba 17 Agustus Paling Dinanti

1. Balap Karung

Balap karung merupakan lomba tradisional yang menarik untuk dilakukan karena para peserta harus berusaha melompat-lompat di dalam karung untuk menuju sampai garis finish secepat mungkin.

Lomba ini mengandalkan ketangkasan hingga keseimbangan dan sering kali mengundang tawa karena para peserta kesulitan untuk menjaga keseimbangan. Bahkan lombanya juga dibuat dalam variasi menarik seperti balap karung dengan masuk ke dalam karung dan lain-lain.

2. Panjat Pinang

Panjat pinang merupakan lomba yang cukup dinantikan oleh banyak orang karena para peserta harus memanjat batang pohon pinang yang telah dilumuri minyak agar licin. Biasanya permainan ini dilakukan secara kelompok dari beberapa orang.

Setiap kelompoknya harus mencapai puncak batang pinang yang mengantung berbagai hadiah menarik. Tentunya para peserta harus mengutamakan kerja sama, kekuatan, hingga ketangkasan.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

3. Tarik Tambang

Tarik tambang merupakan lomba tim yang cukup dinantikan karena biasanya setiap kelompok harus berusaha menarik tali ke arah masing-masing. Tujuannya agar tim yang melewati garis yang telah ditentukan kalah.

Lomba ini juga memerlukan kerjasama tim yang kompak dan memerlukan kekuatan fisik serta strategi yang besar. Biasanya kegiatannya dilakukan di area luas seperti tanah lapang atau halaman.

4. Lomba Makan Kerupuk

Lomba makan kerupuk merupakan lomba yang paling dinantikan oleh banyak orang dari berbagai lintas generasi mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Lomba ini dilakukan dengan cara para peserta harus makan kerupuk yang digantung tanpa menggunakan tangan.

Pesertanya harus bisa menghabiskan kerupuk secepat mungkin dan membutuhkan kelincahan hingga strategi agar kerupuknya bisa dimakan tanpa terjatuh. Lomba ini juga cukup menghibur sebagian orang karena kerap mengundang tawa dan keceriaan.

4 dari 4 halaman

Berikutnya

5. Lomba Kelereng

Lomba kelereng di acara agustusan terkenal dengan lomba membawa kelereng di atas sendok yang dipegang dengan menggunakan mulut. Para peserta harus bisa membawa kelereng tersebut tanpa terjatuh dan sampai garis finish dengan cepat.

Para peserta yang mengikuti lomba kelereng harus memiliki keseimbangan dan konsentrasi yang tinggi. Kemudian juga peserta harus bisa berjalan dengan cepat agar bisa sampai dengan cepat dan tidak ada kelereng yang terjatuh.

6. Memasukan Paku ke dalam Botol

Memasukan paku ke dalam botol terkenal sebagai perlombaan yang menyenangkan karena para peserta biasanya berusaha keras untuk bisa memasukan paku tersebut ke dalam botol. Biasanya para peserta memasukan paku yang diikat dengan tali pada pinggang mereka.

Kemudian mereka harus berusaha mengarahkan paku ke dalam lubang botol dengan cara bergerak ke berbagai arah. Pesertanya juga harus memperhatikan ketelitian dan kontrol tubuh yang baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini