Sukses

Inspirasi, 10 Lomba Agustusan Seru dan Menghibur

Lomba dalam acara agustusan menjadi perayaan yang paling dinantikan. Berikut ini inspirasi 10 lomba agustusan yang seru dan menghibur.

Liputan6.com, Bandung - Hari Kemerdekaan Indonesia yang dirayakan pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya menjadi momen yang sangat dinantikan oleh banyak orang terutama bagi masyarakat Indonesia.

Pada perayaan tersebut banyak masyarakat membuat sederet acara menyenangkan untuk merayakan hari tersebut. Mulai dari acara pentas seni, olahraga, dan yang paling dinantikan adalah lomba-lomba uniknya.

Sebagai informasi perlombaan dalam acara agustusan menjadi kegiatan yang banyak dinantikan dan bermanfaat dari berbagai bidang. Misalnya saja dari sisi sejarah masyarakat bisa menjadi lebih bersemangat terutama terkait nasionalisme dan patriotismenya.

Masyarakat juga bisa menggelar perlombaan unik yang tidak terlepas dari tradisi dan budaya lokal Indonesia. Selain itu lomba-lomba yang unik bisa memberikan hiburan dan kesenangan untuk sebagian masyarakat.

Terutama untuk anak-anak bisa merasakan suasana yang berkesan dan menjadikan hari tersebut terkenang sebagai momen yang menarik untuk ditunggu. Kemudian lomba-lomba tersebut juga bisa mempererat hubungan antar sesama.

Lomba di acara agustusan juga dapat meningkatkan sportivitas hingga kreativitas karena permainannya. Melalui artikel ini terdapat 10 inspirasi lomba agustusan yang seru dan menarik untuk dilakukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Inspirasi 10 Lomba Agustusan Seru dan Menghibur

1. Balap Karung

Balap karung merupakan lomba menarik yang cukup populer dilakukan ketika acara Agustusan. Cara bermainnya dilakukan dengan cara peserta masuk ke dalam karung hingga ukuran sepinggang atau dada.

Kemudian peserta tersebut harus melompat-lompat menuju garis finish dan peserta yang mencapai garis finish lebih awal merupakan pemenangnya. Anda juga bisa melakukan variasi lomba balap karung unik lainnya seperti yang viral di media sosial.

2. Lomba Panjat Pinang

Panjat Pinang merupakan salah satu lomba yang dilakukan secara kelompok dan membutuhkan ketangkasan dan fisik yang kuat. Para peserta harus bekerjasama memanjat batang pohon pinang yang telah dilumuri minyak licin.

Ketika berhasil sampai di puncak peserta bisa mengambil beragam hadiah yang ada di atasnya dan membagikannya kepada peserta yang lain.

3. Lomba Tarik Tambang

Tarik tambang merupakan lomba menarik yang dilakukan dengan cara berkelompok dan saling menarik tali ke arah masing-masing. Tujuannya agar tim yang melewati garis tengah yang telah ditentukan kalah.

4. Lomba Makan Kerupuk

Lomba makan kerupuk merupakan lomba yang paling dinantikan oleh banyak orang dari berbagai lintas generasi mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Lomba ini dilakukan dengan cara para peserta harus makan kerupuk yang digantung tanpa menggunakan tangan.

Pesertanya harus bisa menghabiskan kerupuk secepat mungkin dan membutuhkan kelincahan hingga strategi agar kerupuknya bisa dimakan tanpa terjatuh. Lomba ini juga cukup menghibur sebagian orang karena kerap mengundang tawa dan keceriaan.

3 dari 4 halaman

Lomba Berikutnya

5. Lomba Kelereng

Lomba kelereng di acara agustusan terkenal dengan lomba membawa kelereng di atas sendok yang dipegang dengan menggunakan mulut. Para peserta harus bisa membawa kelereng tersebut tanpa terjatuh dan sampai garis finish dengan cepat.

Para peserta yang mengikuti lomba kelereng harus memiliki keseimbangan dan konsentrasi yang tinggi. Kemudian juga peserta harus bisa berjalan dengan cepat agar bisa sampai dengan cepat dan tidak ada kelereng yang terjatuh.

6. Memasukan Paku ke dalam Botol

Memasukan paku ke dalam botol terkenal sebagai perlombaan yang menyenangkan karena para peserta biasanya berusaha keras untuk bisa memasukan paku tersebut ke dalam botol. Biasanya para peserta memasukan paku yang diikat dengan tali pada pinggang mereka.

Kemudian mereka harus berusaha mengarahkan paku ke dalam lubang botol dengan cara bergerak ke berbagai arah. Pesertanya juga harus memperhatikan ketelitian dan kontrol tubuh yang baik.

7. Lomba Balap Bakiak

Balap bakiak menjadi salah satu lomba menarik dan menyenangkan karena permainan ini membutuhkan kerjasama tim yang besar. Para peserta harus menggunakan bakiak atau sandal panjang yang dipakai oleh beberapa orang sekaligus.

Para peserta harus berjalan secara kompak menuju garis finish tanpa terjatuh dan cepat. Kelompok yang berhasil mencapai garis finish tentunya menjadi tim yang juara dan layak meraih hadiah.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

8. Estafet Air

Lomba estafet air menjadi lomba yang cukup menyenangkan karena para peserta membentuk barisan dan memindahkan air dari ember pertama ke ember terakhir dengan menggunakan gelas.

gelas tersebut dioper dari satu peserta ke peserta lainnya dan tim yang berhasil memindahkan air terbanyak dalam waktu tertentu adalah pemenangnya.

9. Lomba pukul bantal

Lomba pukul bantal menjadi lomba yang harus hadir dalam acara agustusan dan biasanya dilakukan di atas kolam atau sungai kecil untuk memberikan keseruan dan ketegangan yang menyenangkan.

Untuk menggelar lomba ini siapkan dua batang bambu atau kayu untuk disimpan di atas kolam. Kemudian peserta yang terdiri dari dua orang harus saling memukul menggunakan bantal dan peserta yang jatuh duluan adalah peserta yang kalah.

10. Lomba memecahkan balon

Lomba ini juga dilakukan secara tim dengan cara mengikatkan balon di kaki atau badan peserta. Kemudian para peserta harus berusaha memecahkan balon peserta lain dan dalam waktu bersamaan mereka juga harus melindungi balon miliknya.

Peserta yang berhasil mempertahankan balonnya secara utuh menjadi peserta yang layak diberi juara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.