Sukses

Rekomendasi Destinasi Wisata Edutainment Ramah Anak di Indonesia

Memberi label ramah anak pada destinasi wisata pun tak bisa sembarangan. Mengutip dari kemenparekraf.go.id, terdapat empat kriteria destinasi wisata yang bisa disebut ramah anak menurut Komisi Perlindungan Anak (KPAI). Keempat hal itu meliputi keamanan, keselamatan, layanan, dan kepatuhan.

Liputan6.com, Yogyakarta - Saat ini, banyak destinasi wisata yang menyediakan area playground untuk anak. Tak sedikit pula destinasi wisata yang berkembang menjadi tempat wisata ramah anak.

Memberi label ramah anak pada destinasi wisata pun tak bisa sembarangan. Mengutip dari kemenparekraf.go.id, terdapat empat kriteria destinasi wisata yang bisa disebut ramah anak menurut Komisi Perlindungan Anak (KPAI). Keempat hal itu meliputi keamanan, keselamatan, layanan, dan kepatuhan.

Berikut adalah remomendasi destinasi wisata ramah anak di Indonesia:

1. Bali Safari & Marine Park

Bali Safari & Marine Park berlokasi di Jalan Prof Dr Ida Bagus Mantra KM 19, Serongga, Gianyar, Bali. Tempat ini sangat cocok untuk liburan sekaligus mengenal hewan secara langsung.

Ada berbagai hewan di tempat ini, mulai dari kuda, gajah, hingga zebra. Selain itu, ada juga hewan buas seperti macan dan harimau. Anak-anak dapat melihat hewan-hewan tersebut dengan menaiki bus khusus.

2. Farmhouse Lembang

Selain De Ranch, ada juga Farmhouse Lembang. Destinasi ini mengusung konsep peternakan bergaya Eropa.

Saat berkunjung ke sini, anak-anak dapat melihat beberapa hewan ternak, seperti kelinci, domba, sapi, burung, dan hewan lainnya. Mereka bisa ikut memberi makan hewan ternak dengan pakan yang telah disediakan.

Berbagai spot foto unik juga ada di sini, seperti latar bangunan bergaya Eropa dan rumah kurcaci. Anak-anak juga bisa berswafoto dengan mengenakan busana khas Eropa. Selesai berkeliling, mereka bisa menikmati segarnya susu khas Lembang yang masih fresh secara gratis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Museum Angkut Malang

3. Museum Angkut Malang

Museum Angkut Malang berlokasi di Jalan Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kota Batu. Sesuai namanya, Museum Angkut mengenalkan anak dengan berbagai koleksi otomotif yang mungkin tidak pernah dilihat oleh anak saat di jalan.

Terdapat lebih dari 300 koleksi jenis angkutan, mulai dari yang tradisional hingga modern. Koleksi-koleksi tersebut telah ditata sesuai asal dan zamannya, sehingga memudahkan anak untuk lebih memahaminya.

4. Scientia Square Park

Scientia Square Park berlokasi di Jalan Scientia Boulevard, Curug Sangereng, Kelapa Dua, Tangerang. Destinasi wisata edutainment ramah anak ini memadukan beberapa unsur, yaitu edukasi, tempat bermain, serta sarana olahraga.

Terdapat beberapa zona yang bisa dikunjungi, yakni Zona Safari, Zona Adventure, serta Zona Farm & Sustainability. Anak-anak dapat berinteraksi langsung dengan hewan dan alam, memberi makan ikan koi, melihat kupu-kupu, menunggang kuda, hingga melakukan banyak aktivitas outdoor.

5. Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta berlokasi di Jalan Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta. Terdapat science teater yang memungkinkan anak menambah ilmu terkait sains, belajar alat peraga fisika, hingga mengenal dunia astronomi.

Anak-anak juga dapat mengetahui dan mengenal berbagai hal menarik, mulai dari zona kehidupan purba hingga menonton film mengenai letak tata surya. Tak kalah menarik, kreativitas anak juga bisa diasah dengan membatik dan melukis di Taman Pintar.

Menariknya, Taman Pintar Yogyakarta telah mengantongi sertifikasi Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA). Tak heran jika destinasi ini menjadi salah satu tujuan wisata edutainment ramah anak favorit di Yogyakarta.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini