Sukses

Pertama Terjadi, Dua Album Kpop Tempati Posisi Teratas Billboard 200 di AS

Pencapaian ini sekaligus menjadikan Stray Kids sebagai satu dari dua boy grup Kpop yang masuk ke dalam tangga lagu tersebut bersama BTS.

Liputan6.com, Yogyakarta - Musik Kpop semakin digemari oleh pendengar di berbagai belahan dunia, termasuk Amerika Serikat. Hal itu dibuktikan dengan munculnya dua album Kpop yang berhasil menempati posisi puncak Billboard 200 secara bersamaan.

Dua album tersebut adalah album ATE milik Stray Kids dan MUSE milik Jimin BTS. Album ATE menempati posisi #1, sedangkan album WHO menyusul di posisi #2.

Album ATE memulai debutnya di posisi #1 Billboard 200 dengan peningkatan penjualan sebanyak 225.000 pada minggu pertama (via HITS Daily Double). Ini menjadi album kelima mereka yang berhasil menempati posisi pertama di tangga lagu tersebut setelah ODDINARY, MAXIDENT, 5-STAR, dan ROCK-STAR.

Sementara itu, album MUSE milik Jimin debut di posisi #2 Billboard 200 dengan penjualan hampir 95.000 unit pada minggu pertama (via HITS Daily Double). Album ini sekaligus menjadi album solo K-Pop pertama dengan peringkat tertinggi sepanjang masa.

Tak hanya di Billboard 200, dua album tersebut juga berhasil mencapai tangga lagu Billboard lainnya. Album ATE menempati posisi #49 di Billboard Hot 100 dengan lagu Chk Chk Boom. Lagu ini juga masuk ke posisi #4 Billboard Global Excl. US dan #10 Billboard Global 200.

Adapun lagu Who dalam album MUSE berhasil debut di peringkat #14 Billboard Hot 100. Lagu ini juga menempati posisi pertama di Billboard Global 200, Billboard Global Excl. US, dan Billboard Digital Song Sales.

Lagu tersebut menjadi lagu keenam Jimin yang berhasil debut di tangga lagu Billboard Hot 100 sekaligus menjadi debut lagu tertinggi kedua di tangga lagu tersebut dari Jimin. Keenam lagu Jimin yang pernah debut di Billboard Hot 100, di antaranya Like Crazy (#1), Who (#14), Set Mee Free Pt. 2 (#30), Angel Pt. 1 (#65), Vibe (#76), dan Smeraldo Garden Marching Band (#88).

Sementara itu, pencapaian Stray Kids ini juga merupakan capaian posisi ketiga dan tertinggi dalam karier mereka di Billboard Hot 100 dengan Chk Chk Boom. Pencapaian ini sekaligus menjadikan Stray Kids sebagai satu dari dua boy grup Kpop yang masuk ke dalam tangga lagu tersebut bersama BTS.

(Resla)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.